Harga Cat No Drop 5 Kg di Pasaran

No comment1028 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan . Produk yang sering tampil dalam iklan di televisi tersebut merupakan pelapis yang diklaim anti-bocor dan sangat cocok digunakan pada permukaan tembok, beton, asbes, galvanis atau seng, hingga permukaan terakota. Hadir dalam beberapa , mulai 1 kg, 5 kg, hingga 20 kg, No Drop dijual dengan mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: mengecat tembok dengan cat pelapis

Ilustrasi: mengecat tembok dengan cat pelapis

Sebelum berbicara tentang cat No Drop, kita kupas sedikit mengenai cat. Cat sendiri merupakan suatu cairan yang digunakan untuk melapisi permukaan suatu dengan tujuan memperindah (decorative), memperkuat (reinforcing), atau melindungi (protective) tersebut. Setelah digunakan pada permukaan dan mengering, cat akan membentuk lapisan tipis yang melekat kuat dan padat pada permukaan tersebut.

Secara umum, bahan baku cat terdiri dari empat bagian. Bagian pertama adalah binder, merupakan komponen pokok yang berfungsi sebagai bahan perekat yang akan merekatkan cat pada media, selain berperan membangun karakteristik lapisan cat. Kemudian, ada solvent, yaitu bahan pelarut yang berfungsi untuk melarutkan bahan-bahan utama sekaligus mengencerkan cat sebelum diaplikasikan ke media.

Bahan ketiga adalah pigment atau filler, yang merupakan bahan pengisi yang berguna sebagai komponen utama pembentuk lapisan cat serta sebagai bahan pewarna untuk menciptakan tampilan lapisan cat. Terakhir, ada additive, yaitu bahan tambahan untuk menjadikan cat mudah diaplikasikan dan hasilnya sesuai dengan keinginan.

Dikutip dari Wikipedia, cat tersedia dalam beragam jenis. Berdasarkan jenis resin binder yang digunakan, cat dapat dibagi menjadi cat epoxy (menggunakan bahan resin epoxy), cat PU (menggunakan bahan resin Polyurethane), cat melamin (menggunakan bahan resin melamin), cat NC (menggunakan bahan resin nitrocellulose), cat acrylic (menggunakan bahan resin akrilik), cat alkyd (menggunakan bahan resin alkyd), dan lain sebagainya.

Baca juga  Update Harga Gitar Yamaha APX 500II (Orisinal dan KW)

Sementara, berdasarkan jenis pelarut yang digunakan, cat dapat dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu cat minyak, cat thinner, dan cat air. Cat minyak adalah cat yang menggunakan bahan pelarut minyak rantai panjang (oil based paint), cat thinner menggunakan thinner sebagai bahan pelarut utama (solvent based paint), sedangkan cat air memakai air sebagai bahan pelarut utama (water based paint).

Selain itu, dikenal juga cat tembok, yaitu, produk cat yang digunakan khusus untuk tembok atau dinding dan karenanya tidak dapat digunakan untuk mengecat bahan-bahan lainnya. Cat tembok ini memiliki pengaruh yang besar terhadap keindahan rumah. Rumah yang tadinya terlihat suram, akan tampak lebih segar dan ceria jika menggunakan cat dengan warna yang fresh atau pemilihan warna yang tepat.

Sementara, jika Anda ingin menghindari atau meminimalkan risiko karat pada bangunan rumah Anda, misalnya pagar atau perabotan lainnya, cara paling mudah dan cepat adalah dengan menggunakan cat besi tahan karat. Cat besi tahan karat ini tidak susah ditemukan di , karena ada banyak merek cat yang diklaim dapat membantu Anda meminimalkan atau menghindari terjadinya karat pada ornamen besi Anda.

Kegunaan dan Keunggulan Cat No Drop

No Drop adalah salah satu merek cat tembok yang masih berada di bawah naungan Avian Brands. Dikutip dari situs resminya, No Drop dikatakan sebagai cat pelapis anti-bocor yang memiliki sifat elastis, kedap air, serta sangat tahan terhadap cuaca. Karena itu, cat ini diklaim sangat cocok untuk digunakan pada permukaan tembok, beton, asbes, galvanis atau seng, dan permukaan terakota.

Cat No Drop kemasan kaleng (sumber: kiosanda.com)

Cat No Drop kemasan (sumber: kiosanda.com)

Masih menurut sumber yang sama, cat No Drop dikatakan memiliki beberapa kegunaan dan keistimewaan. Cat ini disebut kedap air, sangat tahan terhadap cuaca, sangat elastis, tahan lama, dekoratif, lebih kuat, dan sangat mudah digunakan. Bisa diaplikasikan menggunakan kuas, roll, spray konvensional atau airless, waktu keting cat No Drop sekitar 30 menit (tergantung sirkulasi, suhu, dan kelembapan udara), dengan waktu keras 24 jam.

Baca juga  Update Spesifikasi dan Harga Keyboard Yamaha PSR S970 (Baru & Bekas)

Untuk mengaplikasikan cat No Drop pada tembok, diharuskan memastikan permukaan yang akan dicat kering, bersih dan bebas dari karat, debu, minyak, serta kotoran. Selain itu, pengguna juga disarankan membersihkan area yang berlumut dan berjamur terlebih dahulu sebelum mengecat. Setelah itu, langkah-langkah untuk menggunakan cat ini adalah sebagai berikut.

  • Aduk dulu No Drop sampai rata sebelum digunakan.
  • Untuk permukaan tembok, beton, asbes, atau plester, aplikasikan satu lapis No Drop yang diencerkan dengan 20 persen air sebagai cat dasar. Lalu, biarkan kering sebelum mengulang lapisan berikutnya. Untuk lapisan kedua dan selanjutnya, aplikasikan No Drop tanpa pengencer sampai ketebalan minimal 250 micron.
  • Untuk permukaan galvanis atau seng, aplikasikan satu lapis active primer sebagai lapisan dasar untuk menghasilkan daya lekat yang baik. Setelah kering, Anda bisa mengaplikasikan No Drop tanpa pengencer sampai ketebalan kering minimal 250 micron.
  • Untuk memperbaiki retakan atau sambungan di bawah 2 mm, aplikasikan satu lapis No Drop yang diencerkan dengan 10 persen air sebagai cat dasar. Setelah itu, tempelkan No Drop Membrane untuk memperkuat sambungan, biarkan setengah kering. Kemudian, aplikasikan No Drop tanpa pengencer.
Baca juga  Update Harga Aluminium Alexindo per Batang (Semua Ukuran)

Jika Anda sudah selesai mengecat, segera bersihkan semua peralatan dengan air bersih. Simpan cat No Drop dalam wadah tertutup di tempat yang sejuk dan kering. Jauhkan cat ini dari sumber panas, percikan, dan nyala api (Anda pun dilarang merokok selama menggunakan bahan ini). Usahakan area penyimpanan dan selama aplikasi cat adalah ruangan dengan ventilasi cukup. Selain itu, jauhkan cat ini dari jangkauan anak-anak.

Harga Cat No Drop 5 kg

Saat ini, Avian Brands menghadirkan cat No Drop dalam tiga kemasan kaleng/galon 1 kg, 4 kg, dan 20 kg. Warna yang tersedia mencakup transparan, abu-abu, hitam, biru, hijau, coklat, merah, oranye, putih, abu-abu muda, mocha, kuning, apricot, oranye pepaya, hijau kiwi, hijau melon, biru cerah, merah delima, hingga gun metal dan kuning pisang.

Khusus untuk varian atau kemasan 4 kg, banyak pedagang yang menjual dengan menyebut kemasan 5 kg. Di pasaran Tanah Air, cat No Drop kemasan 5 kg ini sekarang ditawarkan di kisaran harga Rp162.000 hingga Rp175.000. Sementara, apabila Anda membeli cat No Drop kemasan 1 kg, sekarang dijual dengan harga mulai Rp40 ribu sampai Rp 50 ribu-an.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Cat No Drop 5 Kg di Pasaran"