Update Cara Pemakaian & Harga Obat Jerawat Dermal Nicam Gel

masih menjadi persoalan yang sangat mengganggu bagi sebagian besar orang di dunia, baik pria maupun wanita. Namun tahukah Anda, ternyata ada beragam. Salah satu jenis yang mungkin dirasa begitu menyiksa dan mengganggu penampilan adalah acne vulgaris atau yang lebih dikenal dengan istilah batu.

Masalah jerawat di wajah

Masalah jerawat di wajah

Acne Vulgaris adalah suatu kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo yang terbuka (blackhead), komedo yang tertutup (whitehead) dan jerawat, diikuti dengan daerah kulit kemerahan yang bersisik. 

Jaringan parut dengan berbagai macam intensitas dapat muncul, tergantung seberapa parah kelainan tersebut. Biasanya hal ini terjadi selama masa remaja (tetapi dapat terjadi pada semua usia), umumnya berlanjut sampai masa dewasa. Ini merupakan bentuk akne yang paling umum, dan dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti kulit yang berminyak, perubahan hormonal, , kulit mati yang tidak lepas dengan semestinya.

Akne yang ringan biasanya membaik seiring dengan waktu dan tanpa intervensi apapun, tetapi kebanyakan kasus yang parah dapat menimbulkan kerusakan dan membutuhkan saran dari seorang ahli dermatologi. Lalu seperti apa sebenarnya ciri-ciri dari akne vulgaris? Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami gejala atau tanda-tanda seperti terdapat benjolan atau gumpalan berisi nanah di permukaan kulit, kemudian kulit berwarna merah dan bersisik, serta menunjukkan gejala-gejala blackhead. Itulah yang biasanya menjadi ciri-ciri dari acne vulgaris.

Penanganan atau pengobatan jerawat batu ada bermacam-macam, tergantung kondisi jerawat. Biasanya lebih banyak orang yang menyukai pengobatan secara topikal dengan mengoleskan salep, gel jerawat, atau semacamnya. Nah, Dermal Nicam Gel 4% termasuk jerawat oles atau topikal yang banyak direkomendasikan karena menurut review dari beberapa orang dipercaya bisa menghilangkan jerawat tanpa bekas.

Nicam Gel adalah untuk pengobatan topikal acne vulgaris taraf ringan hingga sedang. Dermal Nicam Gel diproduksi oleh Dermal Laboratories, Hitchin, Herts, UK. Ketika diterapkan pada kulit, Nicam Gel membantu untuk mengurangi dan kemerahan dari inflamasi akibat jerawat. Ini disebabkan karena adanya kandungan bahan aktif, Nicotinamide, yang merupakan bentuk vitamin B3 yang dikenal memiliki efek anti-inflamasi atau membantu menenangkan kemerahan dan mengurangi pada kulit.

Sebagai informasi, Nicotinamide atau niacinamide adalah turunan dari vitamin B3. Tidak hanya dihasilkan secara alami oleh tubuh, nicotinamide juga bisa diperoleh dari jenis-jenis makanan, seperti daging ayam, sapi, ikan, telur, susu, ragi, dan gandum utuh. Di Indonesia, nicotinamide tersedia dalam bentuk suplemen yang dikombinasikan bersama dengan zat atau vitamin lain. Suplemen ini tersedia dalam bentuk tablet, sirop, gel, dan cairan suntik.

Ilustrasi: memakai krim jerawat (sumber: nykaa.com)

Ilustrasi: memakai krim jerawat (sumber: nykaa.com)

Berbeda dari obat jerawat topikal pada umumnya, Dermal Nicam Gel tidak memiliki kandungan benzoil peroksida, melainkan nicotinamide. Kandungan nicotinamide di dalamnya diyakini bisa meredakan inflamasi atau efek peradangan jerawat, seperti efek kemerahan, jerawat batu, hingga bernanah, sehingga jerawat Anda lebih cepat mengempis dan mengering.

Nicam Gel harus diaplikasikan pada area kulit yang berjerawat dua kali sehari, namun perlu beberapa minggu agar efek menguntungkan muncul. Jadi penting untuk tetap bertahan dengan pengobatan atau memakainya secara rutin hingga kondisi kulit Anda membaik.

Komposisi Dermal Nicam Gel

Citric acid, aluminium magnesium silicate, hypromellose, macrogol lauryl ether, ethanol, water. Bahan aktif: Nicotinamide 4% w/w.

Cara Pemakaian Dermal Nicam Gel

  • Bersihkan wajah Anda terlebih dahulu dengan sabun wajah dan air hangat, lalu keringkan secara perlahan.
  • Lalu oleskan tipis-tipis Nicam Gel yang cukup untuk menutupi area yang berjerawat sebanyak 2 kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari sebelum tidur.\

Peringatan & Perhatian Penggunaan Dermal Nicam Gel

  • Jauhkan gel ini dari mata dan selaput lendir, termasuk hidung dan mulut ketika Anda mengoleskan ke area kulit wajah Anda yang berjerawat.
  • Efek samping yang paling sering dilaporkan termasuk pruitus, eritema, sensasi terbakar dan iritasi. Jika salah satu dari ini terjadi, kurangi dosis menjadi satu kali pemakaian per hari.
  • Jika efek samping negatif semakin memburuk, sebaiknya hentikan pemakaian dan segera berkonsultasi ke dokter.
Derma Nicam Gel (sumber: adajerawat.com)

Derma Nicam Gel (sumber: adajerawat.com)

Cara Penyimpanan Dermal Nicam Gel

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Perhatikan instruksi penyimpanan pada produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Nicam Gel

Dermal Nicam Gel pada dasarnya merupakan obat apotik. Namun saat ini masih belum semua di Indonesia menjual Nicam Gel. Biasanya hanya beberapa yang menjual obat-obatan impor saja yang mungkin menjual Dermal Nicam Gel.

Harga Nicam Gel kemasan tube isi 60 gram di pasaran tahun 2020 ini berkisar antara Rp195 ribuan hingga Rp253 ribuan, naik dari harga tahun 2019 lalu sekitar Rp140 ribuan hingga Rp180 ribuan. Namun perlu diketahui bahwa harga Nicam Gel bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Nicam Gel yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung penawaran dari pihak penjual.

Harus Anda pahami pula bahwa efek dari pemakaian suatu produk pada setiap orang bisa saja berbeda-beda. Apabila jerawat Anda tidak kunjung membaik dan justru merasakan efek samping yang negatif dari penggunaan produk ini, maka sebaiknya segera hentikan pemakaian dan konsultasikan kondisi Anda dengan dokter agar memperoleh penanganan yang tepat.

Baca juga  Update Terbaru Biaya Pasang Gigi Palsu Permanen dan Lepasan
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Cara Pemakaian & Harga Obat Jerawat Dermal Nicam Gel"