Specs dan Harga Keyboard KORG PA600 Professional Arranger Terbaru

Jika Anda berkecimpung dalam dunia musik, sudah pasti tidak asing dengan instrumen bernama keyboard. Keyboard (kibor) adalah sebuah musik yang cara memainkannya seperti piano, yakni dengan cara dipencet. Ada beragam tipe keyboard yang telah beredar di pasaran. Nah, untuk Anda yang mengidamkan instrumen dengan harga yang tidak terlalu mahal, KORG PA600 mungkin bisa menjadi pilihan yang menarik.

Ilustrasi: Seseorang Bermain Keyboard (credit: sweetwater)

Ilustrasi: Seseorang Bermain Keyboard (credit: sweetwater)

Alat musik keyboard memang diciptakan untuk meniru piano, namun harganya lebih terjangkau. Keyboard sudah dilengkapi fitur metronom maupun irama pengiring guna membantu pemain pemula untuk memainkan musik dengan tempo yang tepat, sehingga tidak perlu membeli metronom lagi secara terpisah. Ini tidak seperti piano yang harus membeli metronom secara terpisah karena tidak mempunyai fitur metronom di dalamnya.

Jika dilihat dari penampilan fisiknya, keyboard berbeda dengan grand piano. Keyboard terlihat lebih kecil dan lebih ringan, sehingga sangat mudah untuk dipindahkan atau dibawa. Suara yang dihasilkan pun agak berbeda dibandingkan dengan grand piano. Alat musik keyboard mendapatkan suaranya dari manipulasi kunci-kunci. Ada yang ditekan (menggunakan jari tangan), dan ada juga yang dipijak (menggunakan kaki). Susunan keyboard arahnya mengikuti logika, dari kiri nada-nada rendah, ke kanan nada-nada tinggi. Susunan kiri-kanan bass ke treble juga berlaku demikian.

Umumnya, sebuah keyboard memiliki tuts 5 oktaf, meskipun pada beberapa tipe dan merk tertentu yang punya lebih dari 5 oktaf. Pengoperasian keyboard ini harus menggunakan listrik. Biasanya, dalam sebuah perangkat keyboard, dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan fitur-fitur seperti style (musik iringan), karaoke, fitur untuk merekam, dan fitur lainnya. Keyboard dimainkan dengan menggunakan sepuluh jari pada tuts sesuai nada-nada di dalam lagu yang dimainkannya. Melodi lagu dimainkan dengan jari tangan kanan, sementara chord untuk mengiringi lagu dimainkan dengan jari-jari tangan kiri.

Di sejumlah toko alat musik, calon pembeli bisa dengan mudah ditemui merk keyboard dengan segala tipe dan jenis. Tiap merek tentunya menawarkan harga dan kualitas yang berbeda. Dari penawaran harga yang murah hingga harga tertinggi, tergantung kebutuhan pemakainya. Beberapa merk keyboard kenamaan sebut saja , Yamaha, KORG, Roland, dan lain sebagainya.

Review KORG PA600

Khusus untuk KORG, brand ini bisa dibilang sebagai salah satu pemain lama dalam industri instrumen musik dunia. Selain keyboard, perusahaan ini juga memproduksi amplifier, piano, gitar, dan bass, hingga drum. Berbicara tentang produk keyboardnya, KORG dikenal sebagai produsen yang selalu berinovasi dalam mengeluarkan produk dengan berbagai fitur yang menarik. Nah, salah satu seri keyboard dari KORG yang cukup menyita perhatian para musisi adalah KORG PA600.

Keyboard arranger Korg PA-600 (youtube: Korg)

Keyboard arranger Korg PA-600 (youtube: Korg)

KORG PA600 yang mempunyai fitur-fitur canggih dilengkapi fasilitas tempo dan transpose. Pada perangkat ini, sound speaker keyboard atau sound internal keyboard sama dengan suara sound external atau suara output ketika menggunakan sound eksternal seperti sound panggung, speaker flat, speaker aktif, dan lainnya.

Instrumen tersebut mempunyai fitur canggih lainnya, seperti sound output yang sangat real jernih dan bagus. Karena, keyboard ini mempunyai kemampuan Sound Engine yang didapatkan pada KORG PA600 Enhanced RX (Real eXperience) and DNC (Defined Nuance Control). Tidak hanya itu, keyboard KORG PA600 juga dilengkapi dengan fitur Wave Memory. Dengan adanya Wave Memory, kita bisa menyimpan file wav lebih banyak.

Spesifikasi KORG PA600

  • Mempunyai 61 tuts dilengkapi dengan velocity.
  • User terdiri dari 256 Sound dan 126 Drum kit.
  • Koneksi USB, Midi Connector, Pedal sustain, Damper.
  • Support data : Untuk i-Series : Hanya Style-nya saja | Untuk Pa series: Style, Performance, Sound, PCM, Song, SongBook and Pad bisa dipergunakan.
  • Layar : 800 x 480 TFT Graphical (layar sentuh).
  • Style Control terdiri dari : 3 Intros, 4 Variations, 4 Fills, Break, 3 Endings, Autofill, Synchro Start/Stop, Tap Tempo/Reset, Manual Bass, Bass Inversion, Memory, Accompaniment Mute, Snare & Kick Designation, STS Mode – Chord Sequencer.
  • Lengkap dengan TONE GENERATOR : 128 Oscillators (max polyphony 128 voices).
  • Ram 96 Mb.
  • Dilengkapi dengan Equalizer.

Dengan semua kekuatan teknologi yang terkandung di dalamnya, KORG menjadikan PA600 mudah dimengerti dan digunakan. Pengalaman Anda menggunakan PA600 harus intuitif, musik, cepat, dan sangat mudah. letak panel telah disederhanakan, dan antarmuka pengguna grafis juga digunakan. Tampilan TouchView berwarna yang menakjubkan, sehingga Anda cukup berpikir, arahkan, dan klik untuk penggunaan yang mudah dan intuitif.

Agar musisi dari semua tingkatan dapat membuat musik yang hebat dengan cepat, ada dua mode antarmuka, yakni Mudah dan Ahli. Mode Mudah hanya menampilkan kontrol yang paling penting dengan tetap menjaga antarmuka yang bersih dan langsung, berguna untuk pemula atau bermain langsung. Saat dalam mode Ahli, Anda memiliki kontrol pengeditan penuh. Tidak ada yang menghalangi Anda dan kinerja profesional Anda.

Keyboard arranger KORG PA600 (sumber: mzadqatar.com)

Keyboard arranger KORG PA600 (sumber: mzadqatar.com)

Switch ditetapkan agar pertunjukan langsung Anda berfungsi sesuai keinginan Anda. Ketika Anda tidak ingat di mana file, lagu, atau gaya disimpan, cukup gunakan fitur Pencarian dan biarkan PA600 menemukannya untuk Anda. Suara yang hebat lebih dari sekadar kualitas data sampel. Selama bertahun-tahun, KORG telah menghasilkan efek kualitas studio yang luar biasa yang menakjubkan. Seri PA600 memiliki empat prosesor efek stereo, dengan 125 efek termasuk standar seperti reverb, delay, dan chorus, serta beberapa efek berbasis gitar REMS yang diakui dunia untuk nada gitar asli.

Instrumen ini diklaim menghadirkan serangkaian gaya mewah, yang diprogram oleh beberapa aransemen terkemuka di dunia, yang masing-masing bekerja sesuai dengan kekuatan musik mereka. Hasilnya adalah ratusan Style yang dimuat sebelumnya, yang memberikan realisme dan detail yang tak tertandingi. Meliputi beragam genre musik, PA600 menyediakan gaya untuk hampir setiap kesempatan. Jika Anda memerlukan koleksi Style khusus, cukup rekam dan edit gaya Anda sendiri.

Harga KORG PA600

Jenis KORG PA600Kisaran Harga (Rp)
KORG PA600 baru19.250.000
KORG PA600 second11.500.000

Tidak sulit mendapatkan keyboard ini karena sudah dijual di berbagai toko alat musik dan situs jual beli online. Harga keyboard KORG PA600 pada 2019 berkisar Rp13.500.000 hingga Rp14.675.000 per unit untuk produk baru dan produk bekasnya dilepas sekitar Rp11 jutaan. Sedangkan pada 2020, harga keyboard KORG PA600, baik produk baru dan bekas tidak mengalami perubahan.

Memasuki 2021, harga jual keyboard KORG seri PA600 terpantau mengalami perubahan dibandingkan 2020. Jika keyboard KORG PA600 baru awalnya ditaksir seharga Rp13.500.000 hingga Rp14.675.000 per unit, kini Anda harus merogoh kocek lebih sekitar Rp19.250.000. Sementara untuk produk seken naik sedikit dari Rp11 juta menjadi Rp11,5 juta. Anda juga dapat menelusuri berbagai marketplace untuk membandingkan harga terbaik.

[Update: Ditta]

Baca juga  Info Terbaru Harga Palet Lukis (Plastik, Kayu, Oval, Flower dll)
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Specs dan Harga Keyboard KORG PA600 Professional Arranger Terbaru"