Info Spesifikasi dan Harga Keyboard KORG PA600 Professional Arranger

Jika Anda berkecimpung dalam dunia musik, sudah pasti tidak asing dengan bernama keyboard. Keyboard (kibor) adalah sebuah musik yang cara memainkannya seperti piano, yakni dengan cara dipencet. keyboard bervariasi mulai dari yang paling murah berkisar ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah per unit. Hal tersebut bergantung pada kualitas dan popularitas dari sebuah brand produsen keyboard yang bersangkutan.

Ilustrasi: jari-jari tangan memainkan piano

Ilustrasi: jari-jari tangan memainkan piano

keyboard memang diciptakan untuk meniru piano, namun harganya lebih terjangkau. Keyboard sudah dilengkapi metronom maupun irama pengiring untuk membantu pemain pemula untuk memainkan musik dengan tempo yang tepat, jadi tidak perlu membeli metronom lagi secara terpisah tidak seperti piano yang harus membeli metronom secara terpisah karena piano tidak mempunyai metronom di dalam piano.

Jika dilihat dari penampilan fisiknya, keyboard berbeda dengan grand piano. Keyboard terlihat lebih kecil dan lebih ringan, sehingga sangat mudah untuk dipindahkan atau dibawa. Suara yang dihasilkan pun agak berbeda dibandingkan dengan grand piano. Alat musik keyboard mendapatkan suaranya dari manipulasi kunci-kunci. Ada yang ditekan (menggunakan jari tangan), dan ada juga yang dipijak (menggunakan kaki). Susunan keyboard arahnya mengikuti logika, dari kiri nada-nada rendah, ke kanan nada-nada tinggi. Susunan kiri-kanan bass ke treble juga berlaku demikian.

Umumnya sebuah keyboard memiliki 5 oktaf, meskipun pada beberapa tipe dan merek tertentu ada yang lebih dari 5 oktaf. Pengoperasian keyboard ini harus menggunakan listrik. Biasanya dalam sebuah perangkat keyboard dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan fitur-fitur seperti style (musik iringan), karaoke, fitur untuk merekam, dan fitur lainnya. Keyboard dimainkan dengan menggunakan sepuluh jari yang dimainkan pada sesuai nada-nada di dalam lagu yang dimainkannya. Melodi lagu dimainkan dengan jari tangan kanan sementara chord untuk mengiringi lagu dimainkan dengan jari-jari tangan kiri.

Semakin bergairahnya era digital membuat industri musik khususnya Indonesia semakin menggeliat. Meski pembajakan masih menjadi isu utama, namun faktanya hal ini tidak meredupkan kreativitas para untuk berkarya. Industri musik Indonesia yang semakin bergairah ini menjadi salah satu faktor yang membuat pasar alat musik tanah air merasakan imbasnya.

Di sejumlah toko alat musik, calon pembeli bisa dengan mudah ditemui merek keyboard dengan segala tipe dan jenis. Tiap merek tentunya menawarkan harga dan kualitas yang berbeda. Dari penawaran harga yang murah hingga harga tertinggi tergantung kebutuhan pemakainya. Sebut saja beberapa hasil produksi dari produsen keyboard kenamaan, seperti Casio, Yamaha, , Roland, dan lain sebagainya.

Keyboard arranger Korg PA-600 (youtube: Korg)

Keyboard arranger Korg PA-600 (youtube: Korg)

Khusus untuk KORG, brand ini bisa dibilang sebagai salah satu pemain lama dalam industri instrumen musik dunia. Selain keyboard, perusahaan ini juga memproduksi amplifier, piano, gitar, dan bass, hingga drum. Berbicara tentang produk keyboardnya, KORG dikenal sebagai produsen yang selalu berinovasi dalam mengeluarkan produk dengan berbagai fitur yang menarik. Salah satu seri keyboard dari KORG yang cukup menyita perhatian para musisi adalah KORG PA 600.

Korg PA600 yang mempunyai fitur-fitur canggih dilengkapi fasilitas tempo dan transpose. Pada keyboard Korg PA600 sangat mudah sekali dalam pembuatan Style. Untuk keyboard KORG PA600, sound speaker keyboard atau Sound internal keyboard sama dengan suara sound external atau suara output ketika menggunakan sound eksternal seperti sound panggung, speaker flat, speaker aktif dan lainnya.

Korg PA600 mempunyai fitur canggih lainya seperti sound output yang sangat real jernih dan bagus. Karena keyboard PA600 ini mempunyai kemampuan Sound Engine yang didapatkan pada KORG PA600 Enhanced RX (Real eXperience) and DNC (Defined Nuance Control). Tidak hanya itu, keyboard PA600 dilengkapi dengan fitur Wave Memory. Dengan adanya Wave Memory, kita bisa menyimpan file wav lebih banyak.

Spesifikasi KORG PA600

Spesifikasi keyboard KORG PA600 sebagai berikut:

  • Mempunyai 61 tuts dilengkapi dengan velocity
  • User terdiri dari 256 Sound dan 126 Drum kit
  • Koneksi USB, Midi Connector, Pedal sustain, Damper
  • Support data : Untuk i-Series : Hanya Stylenya saja | Untuk Pa series: Style, Performance, Sound, PCM, Song, SongBook and Pad bisa dipergunakan.
  • Layar : 800 x 480 TFT Graphical (layar sentuh)
  • Style Control terdiri dari : 3 Intros, 4 Variations, 4 Fills, Break, 3 Endings, Autofill, Synchro Start/Stop, Tap Tempo/Reset, Manual Bass, Bass Inversion, Memory, Accompaniment Mute, Snare & Kick Designation, STS Mode – Chord Sequencer
  • Lengkap dengan TONE GENERATOR : 128 Oscillators (max polyphony 128 voices)
  • Ram 96 Mb
  • Dilengkapi dengan Equalizer
Keyboard arranger Korg PA-600 (sumber: Bukalapak)

Keyboard arranger Korg PA-600 (sumber: Bukalapak)

Dengan semua kekuatan teknologi yang terkandung di dalamnya, Korg menjadikan Pa600 mudah dimengerti dan digunakan. Pengalaman Anda menggunakan Pa600 harus intuitif, musik, cepat dan sangat mudah. Tata letak panel telah disederhanakan, dan antarmuka pengguna grafis juga digunakan. Tampilan TouchView berwarna yang menakjubkan, grafis, sehingga Anda cukup berpikir, arahkan dan klik untuk penggunaan yang mudah dan intuitif.

Agar musisi dari semua tingkatan dapat membuat musik yang hebat dengan cepat, ada dua mode antarmuka: Mudah dan Ahli. Mode mudah hanya menampilkan kontrol yang paling penting dengan tetap menjaga antarmuka yang bersih dan langsung, berguna untuk pemula atau bermain langsung. Saat dalam mode pakar, Anda memiliki kontrol pengeditan penuh. Tidak ada yang menghalangi Anda dan kinerja profesional Anda.

Switch ditetapkan agar pertunjukan langsung Anda berfungsi sesuai keinginan Anda, dan ketika Anda tidak ingat di mana file, lagu, atau gaya disimpan, cukup gunakan fitur Pencarian dan biarkan Pa600 menemukannya untuk Anda.

Suara yang hebat lebih dari sekadar kualitas data sampel. Selama bertahun-tahun, Korg telah menghasilkan efek kualitas yang luar biasa yang menakjubkan. Pa600 memiliki empat prosesor efek stereo, dengan 125 efek termasuk standar seperti reverb, delay, dan chorus, serta beberapa efek berbasis gitar REMS yang diakui dunia untuk nada gitar asli.

Harga Keyboard KORG PA600 Professional Arranger

PA600 menghadirkan serangkaian gaya mewah, yang diprogram oleh beberapa aransemen terkemuka di dunia, yang masing-masing bekerja sesuai dengan kekuatan musik mereka. Hasilnya adalah ratusan Gaya yang dimuat sebelumnya yang memberikan realisme dan detail yang tak tertandingi. Meliputi beragam genre musik, Pa600 menyediakan gaya untuk hampir setiap kesempatan. Jika Anda memerlukan koleksi Gaya khusus, cukup rekam dan edit gaya Anda sendiri.

Sebagai informasi, keyboard KORG PA 600 Professional Arranger dijual di pasaran dengan harga yang relatif tinggi namun sebanding dengan fitur dan kualitas yang dimiliki. Untuk item baru biasanya dijual mulai harga Rp14,5 juta-an. Sementara jika Anda ingin harga yang lebih murah, Anda bisa membeli produk bekas atau second harga Rp10 hingga Rp11 juta-an.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pianika Merek Yamaha di Pasaran
loading...

Leave a reply "Info Spesifikasi dan Harga Keyboard KORG PA600 Professional Arranger"