Harga Cangkang Sawit Terbaru (per Kg dan per Ton)

No comment1957 views

Selain minyaknya, cangkang kelapa sawit juga menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan Indonesia. Sesuai namanya, ini adalah bagian keras yang terdapat pada buah kelapa sawit yang berfungsi melindungi isi atau kernel dari buah sawit tersebut. Sering dimanfaatkan sebagai bahan bakar pengganti batu bara, harga cangkang sawit per kilogram sebenarnya cukup terjangkau.

Manfaat Cangkang Sawit

Cangkang, sawit, buah, kelapa, bahan, bakar, batu bara, harga, ton, kilogram, eksport, komoditas, Indonesia, perkebunan, manfaat, energi, negara, listrik, pembangkit, biaya

Tumpukan kelapa sawit siap diolah (sumber: eco-business.com)

Seperti dituturkan sebelumnya, cangkang sawit atau cangkang kelapa sawit (palm kernel shell), sering juga disebut tempurung sawit, adalah bagian keras yang terdapat pada buah kelapa sawit yang berfungsi melindungi isi atau kernel dari buah sawit tersebut. Secara umum, bagian ini hampir sama dengan tempurung kelapa yang sering kita jumpai sehari-hari.

Dilansir dari situs milik Asosiasi Pengusaha Cangkang Sawit Riau (ASPACASRI), Indonesia adalah salah satu negara penghasil sawit terbesar di dunia. Penyebaran sawit hampir di seluruh penjuru Tanah . Masyarakat petani secara bertahap mulai berpindah ke tanaman sawit. Perkembangan sawit yang pesat dengan sendirinya berdampak juga pada perkembangan cangkang sawit. Semakin banyak pengolahan sawit, maka semakin banyak pula cangkang sawit yang dihasilkan.

Bagi industri pengolahan sawit sendiri, cangkang sawit merupakan nilai tambah bagi mereka. Karena, cangkang sawit, yang sebenarnya merupakan limbah industri, bisa mereka manfaatkan untuk kebutuhan sumber energi mereka. Dulunya, mungkin mereka harus memasok batu bara dari pihak lain untuk bahan bakar. Namun, sekarang bisa memanfaatkan limbah mereka sendiri sehingga biaya produksi bisa ditekan. Selain itu, cangkang sawit juga memiliki nilai ekonomis, karena cangkang sawit juga bisa dijual dengan harga yang cukup bagus, sehingga income atau pendapatan perusahaan juga bertambah.

Baca juga  Update Spesifikasi dan Harga Meteran Digital Krisbow (Semua Tipe)

Secara umum, cangkang sawit mengandung beberapa bahan. Di tempurung ini, terdapat kadar air lembap atau moisture ini analysis sebesar 7 persen hingga 8 persen. Selain itu, juga dapat ditemukan kadar abu atau ash content dengan kandungan dua persen sampai tiga persen, kadar yang menguap atau volatile matter sebesar 69 persen sampai 70 persen, dan karbon aktif murni atau fixed carbon sebesar 20 persen sampai 22 persen.

Cangkang sawit memiliki beragam manfaat. Manfaat pertama dan utama adalah terhadap buah sawit itu sendiri, yaitu sebagai pelindung isi atau kernel buah sawit. Manfaat berikutnya, terutama untuk manusia, adalah sebagai bahan bakar boiler pengganti batu bara, adsorben biogas atau gas alam dengan memanfaatkan karbon aktif di dalamnya, bahan untuk arang atau charcoal, asap cair yang mengandung beberapa senyawa yang berguna sebagai pengawet alami, dan sebagai campuran makanan ternak.

Cangkang, sawit, buah, kelapa, bahan, bakar, batu bara, harga, ton, kilogram, eksport, komoditas, Indonesia, perkebunan, manfaat, energi, negara, listrik, pembangkit, biaya

Cangkang kelapa sawit kering (sumber: alibaba.com)

Khusus sebagai bahan bakar, ada beberapa alasan mengapa masyarakat memilih menggunakan cangkang sawit, di antaranya:

  • Penghematan biaya (cost saving); dengan pemakaian cangkang sawit, biaya yang dialokasikan untuk suplai bahan bakar bisa ditekan.
  • Mengurangi polusi udara (air pollution reduction); penggunaan cangkang sawit dinilai lebih ramah lingkungan karena kadar karbon sulfur yang terkandung di dalam buah tersebut relatif rendah sehingga risiko pencemaran udara lebih rendah dibandingkan batu bara.
  • Pelestarian sumber alam (natural resources conservation); cangkang sawit merupakan bagian dari tanaman sawit yang bisa diperbarui atau renewable. Beda halnya dengan batu bara yang merupakan bahan tambang yang sulit untuk diperbarui.
  • Ketersediaan stok (availability of stock); karena cangkang sawit merupakan sumber daya yang bisa diperbarui, maka tidak ada kekhawatiran terhadap kekurangan pasokan atau suplai.
Baca juga  Daftar Harga Mesin Jahit Otomatis Merek Juki (All Tipe)

GAPKI atau Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia bahkan menyebut sawit sebagai ‘emas hijau’ untuk manusia di Bumi. Dibandingkan energi fosil, cangkang kelapa sawit dikatakan merupakan bahan bakar yang murah dan berkelanjutan. Ketersediaan bahan ini tidak perlu diragukan karena kelapa sawit di Indonesia sangat luas.

Masih menurut GAPKI, berbagai studi telah membuktikan pemanfaatan cangkang sawit sebagai bahan bakar pembangkit listrik. Harris dkk (2013) meneliti pemanfaatan limbah padat dari perkebunan kelapa sawit di PLTU di Bangka Belitung. Sementara, Erhaneli dan Elsi (2017) melakukan penelitian yang sama pada PLTU Muara Bungo.

Menurut studi yang dilakukan Syafriuddin dan Rio (2013), untuk pembangkit listrik per 10 MWh, diperlukan solar sebesar 648,82 liter atau setara dengan 1,2 ton cangkang kelapa sawit atau 1,3 ton batu bara. Biaya yang diperlukan ternyata yang paling murah adalah cangkang kelapa sawit (Rp762.000), kemudian disusul batu bara dengan Rp1.334.496,8 dan solar sebesar Rp2.919.690. Ini artinya, cangkang sawit merupakan bahan bakar yang paling murah untuk tujuan menghasilkan energi listrik.

Cangkang, sawit, buah, kelapa, bahan, bakar, batu bara, harga, ton, kilogram, eksport, komoditas, Indonesia, perkebunan, manfaat, energi, negara, listrik, pembangkit, biaya

Cangkang sawit diolah menjadi bahan bakar (sumber: exporterindia.com)

Selain konsumsi di pasar dalam negeri, ekspor cangkang sawit Indonesia ternyata mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Ekspor ke Jepang misalnya, tumbuh 40 persen per tahun seiring dengan peningkatan penggunaan energi baru dan terbarukan dalam program bauran energi di negara berjuluk Negeri Matahari Terbit tersebut.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Toren Air Penguin Kapasitas 500 Liter (All Varian)

Pada tahun 2016, menurut catatan Perhimpunan Ekonomi Indonesia (PERHEPI), ekspor biomassa sawit ke Jepang berada di angka 450 ribu ton, sedangkan kiriman ke Korea Selatan mencapai 400 ribu ton. Nilai ekspor ke kedua negara tersebut ditaksir mencapai lebih dari Rp1 triliun. Di tahun 2017, harga komoditas ini berkisar 80 dolar AS sampai 85 dolar AS per ton free on board (FOB).

Harga Cangkang Sawit di

Tidak sulit mendapatkan cangkang sawit. Anda bisa menelusuri berbagai forum jual beli . Di pasaran Tanah Air, harga cangkang sawit sekarang berada di kisaran Rp700 hingga Rp1.000 per kilogram. Jika Anda membeli secara ton, harganya saat ini berkisar 74 dolar AS hingga 85 dolar AS per ton free on board (FOB).

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi dan ekonomi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Cangkang Sawit Terbaru (per Kg dan per Ton)"