Harga Bye Bye Fever Anak dan Dewasa

Jika Anda memiliki bayi atau anak dan kebetulan buah hati Anda pernah terkena demam, Anda mungkin sudah tidak asing lagi Bye Bye Fever. Ini adalah produk kompres yang memang kerap dipilih untuk meredakan demam, sakit gigi, atau sakit kepala pada anak-anak. Dijual dengan harga yang terjangkau, ternyata produk tersebut juga tersedia untuk orang dewasa meskipun dengan nama yang sedikit berbeda.

Apa Itu Demam?

Ilustrasi: penderita penyakit demam (sumber: healthline.com)
Ilustrasi: penderita penyakit demam (sumber: healthline.com)

Anda mungkin sudah sangat familiar dengan gangguan bernama demam. Demam atau hipertemi adalah kondisi ketika suhu tubuh menjadi lebih tinggi daripada biasanya dan sering merupakan gejala dari suatu penyakit.[1] Pendapat umum mengatakan bahwa seseorang dikatakan demam jika memiliki suhu lebih dari 37 derajat Celcius, yang biasanya diakibatkan kondisi tubuh atau eksternal yang menciptakan lebih banyak daripada yang dapat dikeluarkan oleh tubuh.[2]

Bacaan Lainnya

Secara umum, demam merupakan respon normal tubuh terhadap adanya infeksi, keadaan masuknya mikroorganisme ke dalam tubuh, dapat berupa virus, bakteri, parasit, maupun jamur.[3] Meski demikian, demam juga dapat disebabkan hal-hal seperti paparan yang berlebihan, dehidrasi atau kekurangan cairan, alergi, maupun gangguan sistem imun.[4]

Baca juga  Info Terbaru Harga Bread Improver Kemasan Sachet

Untuk menangkal demam ini, terutama pada bayi atau anak-anak, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah pemberian antipiretik. Antipiretik bekerja secara sentral menurunkan pusat pengatur suhu di hipotalamus, yang diikuti respon fisiologis, termasuk penurunan produksi panas, peningkatan aliran darah ke kulit, dan peningkatan pelepasan panas. Namun, antipiretik memiliki efek samping, seperti mengakibatkan spasme bronkus, peredaran saluran cerna, penurunan fungsi ginjal, dan dapat menghalangi supresi respons antibodi serum.[5]

Fungsi Kompres

Cara lain yang mungkin lebih aman adalah metode konduksi dan evaporasi, yakni perpindahan dari suatu objek lain dengan kontak langsung. Nah, salah satu contoh metode ini adalah kompres hangat. Dilansir dari Alodokter, fungsi kompres hangat adalah melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke sel dan jaringan tubuh menjadi lancar. Selain demam, kompres hangat juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri, bengkak, sakit kepala, hingga cedera otot.

Dalam tradisi masyarakat Indonesia, selain air hangat, kompres juga dapat dilakukan dengan sejumlah bahan tradisional, salah satunya bawang merah. Bawang merah yang digerus akan melepaskan enzim alliinase yang akan bereaksi dengan senyawa lain, misalnya kulit, yang berfungsi menghancurkan bekuan darah.[6]

Indikasi Bye Bye Fever

Namun, jika Anda tidak ingin repot menggerus bawang merah, sekarang sudah ada produk kompres praktis bernama Bye Bye Fever. Ini adalah plester yang dapat digunakan pada anak dengan umur di atas dua tahun, dengan tujuan untuk membantu meredakan demam, sakit kepala, atau sakit gigi. Memiliki daya lekat yang kuat dan aman digunakan bersama obat lain, plester ini dikatakan memberikan efek dingin yang bekerja hingga 10 jam.

Baca juga  Update Harga Kertas Saring 1 Pack dan Lembaran
Bye Bye Fever & Kool Fever
Bye Bye Fever & Kool Fever

Namun, yang perlu diingat bahwa Bye Bye Fever hanya untuk pemakaian luar. Jangan plester ini di sekitar area mata, membran mukosa, atau kulit yang terkena eksim. Hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter jika terjadi ruam, kemerahan, gatal, atau iritasi. Untuk mereka yang memiliki kulit sensitif, disarankan berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Jika Anda tertarik Bye Bye Fever, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Pasalnya, Bye Bye Fever saat ini sudah dijual secara bebas di berbagai apotek, minimarket, hingga situs jual beli online. Dijual per lembar dan per box, harganya pun dapat dikatakan terjangkau. Berikut kisaran harga Bye Bye Fever di pasaran dalam negeri.

Harga Bye Bye Fever Anak

Kemasan Bye Bye Fever Harga
Bye Bye Fever Anak Lembaran

 

Rp7.000 – Rp13.000 per lembar
Rp16.000 – Rp20.000 (2 lembar)
Bye Bye Fever Anak Box Rp47.500 – Rp57.800 per box (5 lembar)
Rp67.000 – Rp89.000 per box (10 lembar)

Harga Bye Bye Fever Dewasa

Lalu, bagaimana dengan Bye Bye Fever untuk orang dewasa? Sebenarnya, tidak ada produk Bye Bye Fever Adult. Namun, Anda bisa membeli Kool Fever produksi Kobayashi yang memiliki kegunaan mirip dengan Bye Bye Fever. Di pasaran dalam negeri, Kool Fever untuk dewasa ini dijual dengan harga Rp8.500 hingga Rp14.000 per lembar, sedangkan harga per box berkisar Rp48.500 berisi enam lembar plester.

[1] Maryunani, Anik. 2010. Ilmu Kesehatan Anak dalam Kebidanan. Jakarta: TIM.

[2] Wong, Donna L. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik (Edisi 6). Jakarta: EGC.

[3] Cahyaningrum, Etika Dewi dan Diannike Putri. 2017. Perbedaan Suhu Tubuh Anak Demam Sebelum dan Setelah Kompres Bawang Merah. Mediasains: Jurnal Ilmu-Ilmu Kesehatan, Vol. 15(2): 66-74.

[4] Lubis, M. B., G. D. Tjipta, M. Ali. 2009. Demam pada Bayi Baru Lahir. Ragam Pediatrik Praktis. Medan: USU Press.

[5] Sumarmo, P., dkk. 2010. Buku Ajar Infeksi & Pediatrik Tropis (Edisi Kedua). Jakarta: Ikatan Dokter Indonesia.

[6] Utami, Prapti dan Lina Mardiana. 2013. Umbi Ajaib Tumpas Penyakit (Cetakan 1). Jakarta: Penebar Swadaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.