Harga Air Laut Untuk Aquarium dan Kolam

No comment704 views

Penggemar ikan hias air laut yang tinggal jauh dari pantai mungkin terkendala dalam mendapatkan air laut untuk mengisi aquarium-nya. Membeli air laut tidak boleh sembarangan, pasalnya Anda perlu memperhatikan kualitas dan kadarnya untuk memenuhi kebutuhan ikan hias. Saat ini, terdapat perusahaan yang menawarkan air laut, baik untuk aquarium maupun kolam dengan kualitas baik. Harga air laut tersebut tentu berbeda-beda tergantung kebijakan pihak penjual.

Ilustrasi: air laut

Ilustrasi: air laut

Jika Anda penggemar ikan hias laut, maka komponen utama yang perlu dipersiapkan yakni air laut asli dengan kualitas dan kadar yang baik. Tak heran, jika sebagian orang mulai menjalankan usaha penyedia air laut untuk aquarium dan kolam dalam memenuhi permintaan di tengah masyarakat. Namun, sebelum membeli air laut tersebut, pastikan kualitas dan mutu air lautnya terjaga. Berikut indikator air laut berkualitas yang perlu Anda perhatikan.

Ciri-ciri Air Laut Berkualitas untuk Aquarium dan Kolam

  • Tampilan air laut tampak bening, segar, dan jernih.
  • Air laut sehat dan bebas dari hama penyakit
  • Salinitasnya menunjukkan angka 1,035 kalau diukur dengan salinometer.
  • Air laut yang disupply memiliki kandungan garam sebanyak 3,5 kg per 1.000 liter.
  • Sifat alkalis dengan pH antara 8,0 – 8,3, maka ikan hias laut dapat sehat di dalamnya.
Baca juga  Harga Anjing Shiba Inu (Puppies dan Dewasa)

Proses pengisian air laut untuk kolam biasanya dilakukan dengan truk tangki berkapasitas 8.000 liter. Tangki yang digunakan untuk menampung air laut setidaknya terdiri dari bahan stainless steel dengan kandungan kromium oksida alami. Pada permukaan baja tangki harus memiliki ketahanan cukup tinggi terhadap serangan korosi, sehingga terbilang food grade.

Untuk kebutuhan air laut dalam jumlah banyak, misalnya untuk mengisi kolam, maka Anda perlu membelinya melalui supplier air laut terpercaya. Pasalnya, perusahaan tersebut dapat menjamin kadar dan mutu air lautnya karena biasanya penyedotan air lautnya dapat mencapai kedalaman 8 meter di bawah permukaan laut. Selain itu, air laut telah melalui proses filterisasi, sehingga steril dan tidak tercemar hama penyakit. Lalu, berapa biaya yang diperlukan saat membeli air laut untuk mengisi akuarium dan kolam?

Harga Air Laut Untuk Aquarium

Akuarium air laut (sumber: vakinha.com)

Akuarium air laut (sumber: vakinha.com)

Kategori AquariumVolume Air LautKisaran Harga (Rp)
Aquarium minimalis10 liter45.000
Aquarium sedang40 liter180.000
Aquarium besar60 liter270.000
Baca juga  Ciri dan Harga Kelinci Flemish Giant (Anakan, Indukan, Jantan, Betina)

Di pasaran, penjual air laut untuk aquarium umumnya menawarkan pembelian ukuran . Untuk 1 galon air laut yang berisi sekitar 3 liter dijual mulai harga Rp10 ribu – Rp13 ribu. Anda dapat memperkirakan sendiri volume air laut yang dibutuhkan untuk mengisi aquarium. Jika Aquarium Anda kecil, maka setidaknya dibutuhkan antara 4 hingga 10 liter air laut. Ada baiknya, sebelum membeli air laut Anda mengukur kebutuhan air dalam aquarium dengan ukuran per galon.

Harga Air Laut Untuk Kolam

Mengisi air laut untuk kolam tentu berbeda dengan aquarium. Selain volumenya yang lebih banyak, mutu dan kualitas air laut harus benar-benar terjaga untuk memastikan ikan dapat sehat di dalamnya. Terlebih lagi jika Anda memiliki kolam dengan ukuran besar, maka Anda harus mencari supplier terpercaya.

Supplier air laut mematok tarif yang berbeda-beda pada konsumennya. Misalnya, supplier air laut yang berlokasi di Jakarta menawarkan produknya untuk kebutuhan kolam mulai tarif Rp4 jutaan. Perusahaan tersebut pernah menyuplai kolam lumba-lumba Ancol dan Jakarta Aquarium Neo Soho. Sayangnya, supplier yang satu ini hanya melayani wilayah pengiriman di Jabodetabek meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Bagi Anda yang berada di jangkauan tentu dapat mengambil layanan dari supplier terdekat.

Baca juga  Harga Anak Kucing Anggora Asli dan Mix

Informasi harga air laut untuk aquarium maupun kolam di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Harga tersebut dapat menjadi referensi Anda yang membutuhkan air laut untuk kebutuhan ikan hias, baik dalam jumlah kecil maupun besar. Hal utama yang perlu diingat yakni membeli air laut tersebut dari supplier terpercaya.

Meski begitu, seiring teknologi, sebagian orang dihadapkan dengan alternatif terbaru yakni mengganti air laut asli dengan buatan, baik untuk aquarium maupun kolam. Namun, hal tersebut masih belum banyak dilakukan di Indonesia. Mengingat, air laut buatan memerlukan garam khusus yang mahal dan belum banyak beredar di pasaran Tanah Air. Terlebih lagi, pemakaian air laut buatan terbilang repot karena sumber air yang dipakai perlu diolah khusus, sehingga pembelian air laut asli yang bersih lebih banyak dipilih.[1]

[1] Nursaiful, Andi. Akuarium Laut (Jakarta: Niaga Swadaya, 2007), hlm.24

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Harga Air Laut Untuk Aquarium dan Kolam"