Info Terbaru Kelebihan dan Macam-Macam Tabungan di Bank Mandiri

Menabung menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan masyarakat . Kegiatan ini dianggap dapat memberikan dampak positif terhadap kebiasaan mengelola keuangan. Kini, masyarakat memiliki berbagai pilihan tempat mereka bisa menabung. yang tersedia, terdiri dari pemerintah maupun swasta.

Salah satu bank yang bisa dijadikan pilihan yaitu Bank Mandiri. Bank ini merupakan gabungan dari empat bank, yaitu Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo).

Kantor Bank Mandiri - (Sumber: annualreport.id)

Kantor Bank Mandiri - (Sumber: annualreport.id)

Bank Mandiri menawarkan beberapa macam produk simpanan (tabungan) yang mereka miliki. Beberapa produk simpanan (tabungan) yang dapat dipilih antara lain Mandiri Tabungan Bisnis, Mandiri Tabungan Rencana, Mandiri Tabungan Investor, Mandiri Tabungan Haji, Mandiri Tabungan Valas, Mandiri Tabungan TKI, Tabunganku, dan TabunganMU.

Produk-produk tabungan di atas memiliki fasilitas berbeda. Untuk penjelasan singkat mengenai macam tabungan Bank Mandiri, dapat dilihat pada uraian berikut ini.

Mandiri Tabungan Bisnis. Produk tabungan ini tersedia dalam mata Rupiah dan US Dollar, dilengkapi dengan Kartu Mandiri dan Layanan e-Banking Mandiri berupa SMS Banking, Internet Banking, Mandiri Call, gratis biaya antar rekening Bank Mandiri secara otomatis, buku tabungan dilengkapi deskripsi dan keterangan transaksi yang lebih jelas dan lengkap.

Mandiri Tabungan Rencana. Produk tabungan ini memiliki beberapa keuntungan, di antaranya gratis , fasilitas autodebet, kebebasan menentukan dan mengubah setoran bulanan mulai Rp 100.000 atau USD 10 per bulan, dan lainnya.

Mandiri Tabungan Investor. Produk tabungan ini memiliki beberapa fitur dan manfaat produk, di antaranya valuta rekening tersedia dalam valuta rupiah, tanpa setoran awal, bebas biaya administrasi bulanan, tidak dikenakan batas saldo minimum dan biaya penalti, dan lainnya.

Mandiri Tabungan Haji. Produk tabungan ini diklaim dapat membantu meringankan penyiapan dana untuk menunaikan ibadah haji, gratis pembukaan, administrasi dan penutupan rekening.

Mandiri Tabungan Valas. Produk tabungan ini diklaim memiliki beberapa keuntungan, di antaranya penyetoran banknotes pecahan USD 100 dengan kondisi fisik baik, bebas komisi dan kurs jual beli. Selain itu, penarikan banknotes hingga USD 200 per bulan akan bebas biaya komisi dan kurs jual beli, dan keuntungan lainnya.

Mandiri Tabungan TKI. Produk tabungan ini diklaim aman (karena menggunakan kode rahasia atau PIN di setiap transaksi), untung (gratis biaya administrasi selama 12 bulan pertama), ringan (biaya administrasi bulanan murah hanya Rp 2.500 per bulan untuk rekening dan Rp 2.500 per bulan untuk kartu ), mudah dan nyaman, serta dapat dilakukan pelayanan secara online di seluruh cabang.

Tabunganku. Produk ini dimiliki hampir semua bank, tidak terkecuali Bank Mandiri. Produk ini mudah (hanya dengan setoran awal Rp 20.000 dan selanjutnya Rp 10.000), menguntungkan (Anda mendapatkan simpanan yang menarik dihitung berdasarkan saldo harian), nyaman (mendapatkan buku tabungan sebagai bukti kepemilikan).

TabunganMU. Produk tabungan ini setoran awalnya hanya Rp 50.000, dilengkapi dengan Kartu Mandiri Debit dan Layanan e-banking Mandiri, SMS Banking dan Internet Banking, dapat digunakan di ATM berlogo ATM , LINK, Prima, termasuk Mandiri ATM di seluruh Indonesia.

Produk-produk tabungan (simpanan) tersebut, secara umum diklaim memiliki kelebihan untuk para nasabah. Kelebihan tersebut antara lain:

Mudah. Hal yang termasuk mudah menurut Bank Mandiri di antaranya:

  • Hanya dengan setoran awal sebesar Rp 500.000, Anda telah memiliki rekening Mandiri Tabungan.
  • Pembukaan rekening, penyetoran maupun penarikan dana tabungan dapat dilakukan di seluruh Cabang Bank Mandiri.
  • Anda mendapatkan Mandiri Debit yang berfungsi sebagai kartu ATM dan kartu debit yang dapat digunakan untuk berbelanja dan pembayaran lainnya di merchant-merchant yang berlogo VISA baik di dalam maupun di luar negeri.
  • Dapat digunakan di jutaan ATM berlogo PLUS/Visa/Visa Electron baik di Indonesia maupun di luar negeri dan di ATM berlogo ATM BERSAMA serta ATM berlogo LINK, termasuk di Mandiri ATM di seluruh Indonesia.

Nyaman Bertransaksi. Nasabah dapat merasakan nyamannya bertransaksi dengan memiliki tabungan dari Bank Mandiri, di antaranya:

  • Fasilitas Mandiri SMS, Mandiri Internet dan Mandiri Call menambah kenyamanan Anda bertransaksi di mana saja dan kapan saja sehingga Anda lebih leluasa memanfaatkan waktu Anda.
  • Layanan Weekend Banking pada hari Sabtu dan Minggu di beberapa cabang, memberi kesempatan bagi Anda yang tidak dapat bertransaksi di cabang pada hari kerja karena kesibukan Anda.

Menguntungkan. Nasabah dapat merasa beruntung memiliki tabungan di Bank Mandiri dikarenakan akan mendapatkan loyalty berupa fiestapoin yang diperoleh dari saldo rata-rata dan transaksi yang dilakukan melalui e-banking maupun cabang. Fiestapoin dapat ditukarkan dengan beragam hadiah langsung seperti gadget, kendaraan, voucher belanja, voucher pulsa, dan juga dapat ditukarkan dengan diskon atau free product di toko/merchant yang telah bekerjasama.

Teller Bank Mandiri - (Sumber: walikota.bandaacehkota.go.id)

Teller Bank Mandiri - (Sumber: walikota.bandaacehkota.go.id)

Selain beberapa kelebihan di atas, nasabah juga dapat menikmati fasilitas yang ditawarkan oleh Bank Mandiri, antara lain:

  • Layanan Autodebet, Layanan Autodebet membantu Anda dalam melakukan pembayaran berbagai tagihan rutin bulanan, seperti air, listrik, telepon, handphone, kartu atau tagihan lainnya secara otomatis setiap bulannya sehingga Anda terhindar dari tunggakan tagihan.
  • Layanan Automatic Fund Transfer (AFT), Layanan AFT menjadikan hidup lebih nyaman karena membantu Anda dalam melakukan transfer dana rutin secara otomatis kepada keluarga atau mitra bisnis sehingga Anda tidak perlu khawatir kewajiban Anda akan terlupakan.

Bagi Anda yang tertarik ingin memiliki tabungan dari Bank Mandiri, diharapkan memenuhi persyaratan berikut ini:

  • Setoran awal minimal Rp 500.000
  • Kartu identitas. Apabila Warga Negara Indonesia diharapkan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku. Jika Warga Negara Asing dapat membawa Paspor dan KIMS/KITAS/KITAP. Untuk calon nasabah yang masih berstatus pelajar, dapat membawa Kartu Pelajar dan Surat Persetujuan Orang Tua.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Nomor telepon TELKOM yang bisa dihubungi
  • Dikenakan biaya administrasi bulanan

catatan(*):

  • KTP DKI Jakarta dapat digunakan untuk membuka rekening di seluruh cabang Bank Mandiri yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta.
  • KTP non DKI Jakarta hanya dapat digunakan untuk membuka rekening di Bank Mandiri yang beroperasi di wilayah Pemda penerbit KTP.
  • Apabila digunakan untuk membuka rekening Tabungan di luar wilayah KTP setempat maka wajib dilampiri dengan Surat Keterangan Domisili atau Surat Keterangan Kerja

Untuk dapat mengurus berbagai keperluan dan perlengkapan administrasi, Anda dapat mendatangi kantor-kantor Bank Mandiri terdekat. Anda dapat membawa administrasi yang diperlukan untuk segera diproses pihak bank.

 

Baca juga  Info Terbaru Biaya Transfer dari Bank BRI ke BCA
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Info Terbaru Kelebihan dan Macam-Macam Tabungan di Bank Mandiri"