Harga Genteng Jatiwangi (Morando Super, Palentong Bulat, Morando Glazur)

Walaupun sekarang sudah ada galvalum dan spandek, genteng masih menjadi material pilihan banyak orang untuk menutup atap rumah mereka. Di sendiri, terdapat banyak merk dan tipe genteng yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Dari sekian banyak genteng, Genteng Jatiwangi keluaran PT Sinar Gemilang Roof merupakan salah satu yang populer karena selain punya harga relatif terjangkau, juga diklaim memiliki daya tahan yang tinggi serta dapat mempercantik tampilan hunian.

Pabrik genteng di Jatiwangi (sumber: tribunnews)

Pabrik genteng di Jatiwangi (sumber: tribunnews)

Atap merupakan salah satu bagian penting dalam suatu struktur bangunan, selain pondasi, dinding, kolom, lantai, dan kuda-kuda.[1] Struktur bangunan sendiri dapat dibedakan menjadi dua, yakni sub struktur atau struktur bagian bawah berupa landasan utama berdirinya sebuah bangunan dan upper struktur atau struktur atas. Nah, atap, bersama dengan kolom, balok pemikul, dan rangka, merupakan bagian dari struktur atas.

Prinsip dasar atap sama dengan dinding, yakni konstruksi yang menjadi selimut bangunan atau penutup bangunan, yang berguna menahan panas dan dingin dari lingkungan luar bangunan, khususnya untuk daerah tropis lembap.[2] Selain sebagai pelindung dari panas dan hujan, atap adalah bagian bangunan yang merupakan mahkota untuk menambah keindahan hunian.

Umumnya, konstruksi atap dapat dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah rangka atap atau biasa disebut kuda-kuda, yakni bagian yang memberikan bentuk pada atap dan sekaligus berfungsi sebagai pendukung utama penutup atap. Konstruksi kuda-kuda ini biasanya dibuat dari rangka kayu, beton, baja, atau baja ringan (galvalum).

Sementara, bagian kedua adalah penutup atap, yakni bagian yang menjadi pelindung bangunan dari kondisi lingkungan luar, seperti udara panas, cahaya langsung matahari, udara dingin, dan hujan. Karena fungsinya untuk melindungi, untuk penutup atap harus tidak mudah rusak oleh pengaruh panas, hujan, dan angin. Biasanya, material yang kerap dipakai adalah sirap, asbes gelombang, galvalum, dan tentu saja genteng.

Baca juga  Info Terbaru Harga Teakwood Jati di Pasaran

Manfaat dan Jenis Genteng

Genteng merupakan salah satu jenis penutup atap rumah yang paling umum digunakan di Indonesia. Genteng, seperti penutup atap lainnya, berfungsi sebagai pelindung dari panas dan hujan. Selain itu, tampilan genteng menjadi hal penting dalam membantu aksen sebuah rumah, sehingga pemilihan material dan warna yang tepat menjadi sangat penting ketika membeli genteng. Agar kualitas genteng optimal, daya serap air juga harus seminimal mungkin, agar kebocoran dapat diminimalkan.[3]

Atap genteng Jatiwangi (sumber: pabrikgentengjatiwangi.com)

Atap genteng Jatiwangi (sumber: pabrikgentengjatiwangi.com)

Berdasarkan bahan pembuatnya, seperti dikutip dari Dekoruma, ada beberapa jenis genteng yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai atap rumah. Jenis yang pertama, dan mungkin yang paling populer, adalah atap rumah tanah liat, yang diproduksi melalui proses press dan pembakaran. Jenis atap rumah dari tanah liat memiliki keunggulan seperti harganya yang ekonomis, tahan lama, dan cukup kuat saat dipijak.

Selain tanah liat, jenis atap rumah lain yang populer di Indonesia adalah aspal. Dibuat dengan memadukan fiberglass dan aspal yang dilapisi mineral, genteng jenis ini tersedia dalam dua , yakni datar dan bergelombang. Untuk genteng aspal gelombang, instalasi bisa dilakukan dengan menyekrupnya ke balok gording, sedangkan jenis aspal berbentuk datar bisa ditempel melalui multipleks yang disekrup di rangka.

Model lainnya adalah atap rumah metal, yang saat ini kian populer dan semakin sering digunakan. Tampilan genteng ini sendiri secara umum sebenarnya mirip dengan atap genteng lainnya, tetapi memiliki bahan dasar yang berbeda. Seperti namanya, genteng metal terbuat dari campuran bahan-bahan seperti zincalume, baja ringan, dan galvanis.

Kemudian, ada genteng pula , yang berbentuk lembaran, tetapi bisa berkilau ketika terkena sinar matahari. Tidak jarang, genteng sering dibandingkan dengan genteng beton karena keduanya memiliki karakteristik yang hampir mirip. Sebagai atap rumah, genteng ini punya kelebihan seperti lebih tahan lama, punya daya tahan superior, tahan terhadap cuaca, serta perawatan yang diklaim relatif mudah.

Baca juga  Info Terkini Daftar Harga Gelas Duralex 1 Lusin (Semua Ukuran)

Untuk mereka yang punya rumah minimalis, salah satu jenis genteng yang sering digunakan adalah dari material beton. Mengusung desain yang terlihat modern, genteng ini diklaim sangat kokoh karena terbuat dari tulangan beton cor dan tulangan besi. Meski begitu, genteng beton dikatakan tidak punya ketahanan yang tinggi terhadap angin serta punya bobot yang relatif berat sehingga susah ketika akan dipasang.

Kelebihan dan Tipe Genteng Jatiwangi

Genteng Jatiwangi (sumber: kaskus)

Genteng Jatiwangi (sumber: kaskus)

Sudah banyak produsen yang memproduksi genteng untuk pasaran dalam negeri, salah satunya PT Sinar Gemilang Roof. Ini adalah perusahaan yang memang mengkhususkan diri membuat genteng dan telah eksis sejak tahun 1992 silam. Berkantor pusat di kawasan Jatiwangi, tepatnya di Jalan Cibentar, Desa Sukaraja Wetan, produk yang dihasilkan pun akhirnya diberi nama Genteng Jatiwangi.

Dilansir dari situs resminya, Genteng Jatiwangi dikatakan memiliki banyak kelebihan dibandingkan produk sejenis. Proses produksi Genteng Jatiwangi menggunakan sistem pembakaran suhu tinggi, sehingga membuatnya tahan terhadap cuaca, terhindar dari lumut, serta membuat warna tetap awet. Genteng ini pun diklaim berkualitas bagus lantaran proses produksi yang terkontrol baik, mulai dari bahan awal, bahan setengah jadi, hingga produk jadi ke distribusi.

Kelebihan lainnya Genteng Jatiwangi adalah tersedia dalam berbagai jenis bentuk dan warna yang bisa pilih sesuai selera, yang diyakini dapat menambah keindahan rumah mereka. Tidak hanya itu, harga Genteng Jatiwangi disebutkan jauh lebih terjangkau dibandingkan genteng lainnya, tetapi tetap dengan kualitas yang disebutkan jauh lebih baik.

Baca juga  Harga Resin Epoxy Bening (Semua Kemasan)

Masih menurut keterangan resmi perusahaan, PT Sinar Gemilang Roof saat ini setidaknya menyediakan tiga tipe genteng untuk pasaran dalam negeri. Tipe pertama adalah Genteng Jatiwangi Morando Super dengan 33 x 25 cm, sedangkan yang kedua adalah Genteng Jatiwangi Palentong Bulat dengan dimensi 29 x 22 cm, dan yang terakhir adalah Genteng Jatiwangi Morando Super Glazur yang punya 33 x 25 cm.

Apabila Anda tertarik mengaplikasikan Genteng Jatiwangi buatan PT Sinar Gemilang Roof, tidak sulit mendapatkan produk ini. Anda bisa membelinya di sejumlah toko bahan bangunan atau bahkan lewat situs jual beli . Harga yang dipatok bervariasi, tetapi seperti yang disinggung di atas, relatif terjangkau. Sebagai referensi, berikut kisaran harga Genteng Jatiwangi di pasaran.

Harga Genteng Jatiwangi

Genteng Jatiwangi (sumber: 99.co)

Genteng Jatiwangi (sumber: 99.co)

Tipe Genteng JatiwangiHarga
Genteng Jatiwangi Morando SuperRp1.600 – Rp4.800 per buah
Rp30.000 m2
Genteng Jatiwangi Palentong BulatRp1.600 – Rp4.700 per buah
Rp40.000 per m2
Genteng Jatiwangi Morando Super GlazurRp3.200 – Rp7.000 per buah
Rp57.600 per m2

Harga Genteng Jatiwangi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa toko material bangunan dan situs jual beli online. Harga genteng tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila Anda ingin menghemat biaya konstruksi bangunan, tidak ada salahnya membeli Genteng Jatiwangi yang sudah dalam kondisi bekas. Di pasaran, harga Genteng Jatiwangi bekas berkisar Rp1.200 per buah.

[1] Frick, H. 1999. Ilmu Konstruksi Bangunan Jilid 1 dan 2. Yogyakarta: Kanisius.

[2] Rifai, Andi Jiba. 2010. Perkembangan Struktur dan Konstruksi Rumah Tradisional Suku Bajo di Pesisir Pantai Parigi Moutong. Jurnal Ruang Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Vol. 2(1): 31-38.

[3] Musabbikhah, Sartono P. 2007. Variasi Komponen Bahan Genteng Soka untuk Mendapatkan Daya Serap Air yang Optimal. Media Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta, Vol. 8 (2).

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Genteng Jatiwangi (Morando Super, Palentong Bulat, Morando Glazur)"