Harga Styrofoam Box (Kecil, Sedang, Besar)

No comment3338 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kotak bernama styrofoam. Ini adalah bahan atau wadah yang jamak digunakan sebagai makanan. Tidak cuma untuk makanan, styrofoam juga dapat dimanfaatkan untuk mengemas barang-barang seperti perlengkapan elektronik hingga es. Tersedia dalam ukuran mini, sedang, hingga besar, harga styrofoam box ini ternyata lumayan terjangkau.

Ilustrasi: Tumpukan Styrofoam (credit: styrofoamdensifier.org)

Ilustrasi: Tumpukan Styrofoam (credit: styrofoamdensifier.org)

Manfaat Styrofoam untuk Bangunan

Dikutip dari Wikipedia, kata styrofoam sering digunakan untuk expanded polystyrene (EPS) atau busa polistirena yang diperluas (busa EPS). Padahal sebenarnya, styrofoam adalah merek dagang milik The Dow Chemical Company untuk busa polistirena ekstrusi sel tertutup yang dibuat untuk isolasi termal dan aplikasi kerajinan serta insulator pada bahan konstruksi bangunan.

Masih menurut sumber yang sama, tempat dari busa polistirena ini diproduksi dengan menyuntikkan expanded polystyrene foam (EPS foam) atau busa polistirena yang diperluas ke dalam cetakan. Pada awal tahun 1940-an, EPS ditemukan oleh Ray McIntire dari The Dow Chemicals Company. McIntire menemukannya setelah melakukan percobaan dengan meniupkan gas ke dalam adonan panas polistirena atau PS. Dalam prosesnya, pencampuran gelembung udara mengembang dan membuatnya menjadi ringan seperti busa hingga tercipta EPS.

Penggabungan acak benzena mencegah molekul membentuk garis yang sangat lurus, dan sebagai hasilnya, polyester mempunyai bentuk yang tidak tetap, transparan, dan dalam berbagai bentuk plastik yang cukup regas.[1] Polystyrene merupakan bahan yang cukup baik, ditinjau dari segi mekanis maupun suhu, namun bersifat agak rapuh dan lunak pada suhu di bawah 100 derajat Celcius.[2]

Sebuah studi mengenai manfaat styrofoam untuk konstruksi pernah dilakukan pada tahun 2005 lalu. Menurut tersebut, berat beton yang tidak direndam dengan persentase styrofoam sebesar 20 persen dan 40 persen pada campuran beton, dapat mengurangi berat beton sebesar 28 persen dan 39 persen dari berat beton normal yang mempunyai bobot sekitar 2.400 kg per m3.[3]

Baca juga  Info Terbaru Harga Domba Merino Super di Pasaran

Masih berkaitan dengan konstruksi bangunan, ternyata styrofoam dapat dimanfaatkan sebagai pelapis dinding atau tembok. Banyak yang mengklaim bahwa penggunaan styrofoam cocok digunakan sebagai dinding karena membuat rumah menjadi sejuk, tahan bocor, dan ringan. Harganya yang murah juga membuat cukup banyak orang tertarik untuk membuat dinding dari bahan yang satu ini.

Ilustrasi: Styrofoam Untuk Konstruksi (credit: wisegeek)

Ilustrasi: Styrofoam untuk Konstruksi (credit: wisegeek)

Biasanya, rumah jenis expanded polystyrene mengaplikasikan bahan styrofoam sebagai bahan pembuat dinding rumah. Dinding styrofoam memiliki bahan yang rapuh sehingga membutuhkan lapisan tambahan. Untungnya, terdapat sebuah sistem bernama expanded polystyrene system (EPS) yang dapat memperkuat dinding bahan ini. EPS adalah sistem yang menambahkan kawat baja pada dinding dan kemudian diberi plester, sehingga membuat dinding yang kuat.

Sebagai dinding, bentuk styrofoam yang rapat membuatnya dapat menahan udara panas agar tidak masuk ke dalam rumah. Hal tersebut membuat suhu di dalam rumah tetap stabil meskipun suhu di luar rumah sangatlah panas. Ruang yang terdapat antara butiran bahan ini tidak dapat menghantarkan panas, sehingga styrofoam dapat menjadi isolasi termal yang baik.

Selain itu, memasang dinding yang satu untuk rumah sangatlah mudah. Pasalnya, lembaran-lembaran styrofoam tersebut sudah di-fabrikasi, sehingga proses pemasangan akan memakan waktu yang sangat singkat. Jika Anda memasang dinding ini di rumah Anda, pemasangan komponen utilitas seperti jaringan listrik, air, rangka pintu, dan jendela dapat dipersiapkan sebelum proses pemasangan.

Dengan menggunakan styrofoam, Anda pun dapat mengurangi kebutuhan kayu di rumah. Anda tidak usah lagi membeli balok kayu untuk membuat rangka rumah. Tentunya, rumah pun menjadi lebih ramah lingkungan. Sifatnya yang mudah diubah juga membuatnya gampang untuk dibentuk sesuai dengan yang bentuk yang Anda inginkan. Anda hanya memerlukan kawat yang sudah dipanaskan, kemudian potong styrofoam menjadi bentuk yang Anda inginkan.

Ilustrasi: Penggunaan Styrofoam Untuk Rangka Bangunan (credit: universalconstructionfoam)

Ilustrasi: Penggunaan Styrofoam untuk Rangka Bangunan (credit: universalconstructionfoam)

Manfaat Styrofoam untuk Kemasan

Di masyarakat Indonesia, styrofoam memang lebih terkenal sebagai wadah atau kemasan makanan. Bahan ini dipilih karena diklaim mampu mempertahankan makanan yang panas atau dingin, tetap nyaman untuk dipegang, mempertahankan keutuhan bahan, berbiaya murah, serta ringan.[4] Karena kelebihannya tersebut, styrofoam dipakai untuk pengemas makanan siap saji, segar, maupun yang memerlukan proses lebih lanjut.

Baca juga  Update Harga Bola Kasti (Berbagai Merk)

Tak cuma makanan, styrofoam pun kerap digunakan untuk wadah sejumlah peralatan, seperti perangkat elektronik hingga minuman dingin, termasuk es. Alasannya sama seperti penggunaan untuk makanan, wadah  atau box styrofoam tidak menghantarkan panas atau dingin dari suhu luar, sehingga cocok untuk usaha kecil, kue, puding, minuman, dan lainnya.

Di pasaran sendiri, sudah banyak pedagang atau toko yang menawarkan styrofoam dalam bentuk box. Ukuran yang tersedia bermacam-macam, mulai yang mini, menengah, hingga besar. Harganya memang bervariasi, namun secara umum relatif terjangkau. Sebagai referensi, berikut kami sajikan informasi kisaran harga styrofoam di pasaran.

Ilustrasi: Penggunaan Styrofoam Untuk Kemasan Makanan (credit: vancouverisawesome)

Ilustrasi: Penggunaan Styrofoam untuk Kemasan Makanan (credit: vancouverisawesome)

Harga Styrofoam Box

Tipe/Ukuran Styrofoam BoxHarga
Styrofoam Box 16 x 11 x 11 cmRp10.000
Styrofoam Box 40 x 20 x 17 cmRp15.000
Styrofoam Box 29,6 x 19,8 x 11 cmRp15.000
Styrofoam Box 38 x 24 x 16 cmRp16.000
Styrofoam Box 25 x 25 x 10 cmRp17.000
Styrofoam Box 30 x 20 x 12 cmRp17.000
Styrofoam Box 34 x 25 x 30 cmRp20.000
Styrofoam Box 28 x 15 x 16 cmRp20.000
Styrofoam Box 30 x 30 x 10 cmRp24.000
Styrofoam Box 47 x 31 x 29 cmRp25.000
Styrofoam Box 52 x 37,5 x 19 cmRp25.000
Styrofoam Box 52 x 37,5 x 35 cmRp30.000
Styrofoam Box 75 x 42 x 32 cmRp45.000 – Rp75.000
Styrofoam Box 75 x 42 x 32 cm (tebal 2 cm)Rp150.000
Baca juga  Harga Akar Tunjuk Langit Segar dan Kering

Harga styrofoam box di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan bahan makanan serta sejumlah situs jual beli online. Perlu diketahui bahwa harga styrofoam box tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing toko kemungkinan berbeda meski ukuran kotak yang dijual yang sama.

Walau punya banyak manfaat, ternyata styrofoam diklaim tidak baik, tidak hanya bagi kesehatan tubuh, melainkan lingkungan sekitar. Setelah kotak tidak dipakai, sampah styrofoam ternyata sangat sulit terurai. Salah satu dampak negatif sampah styrofoam adalah global warming dikarenakan senyawa CFC (cloro fluoro carbon) yang dapat meningkatkan kadar gas rumah kaca.[5]

Karena itu, sekarang marak dilakukan daur ulang sampah styrofoam menjadi berbagai bentuk produk. Styrofoam memang dapat didaur ulang (recycled) atau diperoleh ulang (recovery) menjadi barang baru seperti kemasan polistirena untuk elektronik, beton ringan, dan absorber sulfur. Bahkan, apabila dicampur dengan sampah kulit jeruk, dikatakan bisa digunakan sebagai bahan pembuatan elemen interior, seperti panel partisi, tempat lampu, material pelapis, hingga elemen dekoratif.[6]

[1] Irdhiani. 2008. Pemanfaatan Beton Styrofoam Ringan sebagai Pengganti Urug pada Raft Footing untuk Meningkatkan Jumlah Beban di Atas Tanah Lunak. Jurnal SMARTek, Vol. 6(1): 1-8.

[2] Billmeyer, Fred W. 1984. Text Book of Polymer Science (third edition). : John Wiley and Sons Inc.

[3] Wijaya, S. N. 2005. Efek Perendaman Beton Styrofoam Ringan dengan Semen Portland Tipe I 250 kg/m3 (Tugas Akhir). Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

[4] Indirawati, Elvit, Sukmawati, Yuliani Soerachmad. 2019. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Penjual Makanan Online terhadap Penggunaan Wadah Styrofoam di Wonomulyo. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 5(1): 60-70.

[5] Wirahadi, Michelli. 2017. Elemen Interior Berbahan Baku Pengolahan Sampah Styrofoam dan Sampah Kulit Jeruk. Jurnal Intra, Vol. 5(2): 144-153.

[6] Ibid.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Styrofoam Box (Kecil, Sedang, Besar)"