Update Tarif Paket Pos Biasa (Jumbo Ekonomi) ke Sejumlah Kota di Indonesia

PT Pos Indonesia merupakan sebuah perusahaan milik negara yang bergerak di pengiriman, melayani pengiriman surat, dokumen, paket, bahkan uang. Sebagai perusahaan tertua di Indonesia, Pos Indonesia dapat dipastikan memiliki jaringan terluas yang menjangkau hingga pelosok negeri. Selain itu, Pos Indonesia juga dikenal memiliki harga atau biaya pengiriman yang relatif terjangkau, khususnya untuk layanan Pos Biasa (sekarang bernama Jumbo Ekonomi).

Armada Pos Indonesia (sumber: tribunasia.com)

Pos Indonesia (sumber: tribunasia.com)

Untuk layanan pengiriman domestik, Pos Indonesia menawarkan empat jenis paket layanan, yaitu PosInstan, Pos Express, Pos Kilat , dan Pos Jumbo Ekonomi (Pos Biasa). Khusus untuk Paket Pos Jumbo Ekonomi, ini adalah layanan pengiriman untuk surat maupun paket barang dengan biaya paling terjangkau. Hanya saja, paket ini memiliki beberapa syarat.

Syarat Paket Pos Jumbo Ekonomi

  • Maksimal berat kiriman yang dapat diterima adalah 30 kg.
  • Maksimal yang ditetapkan baik kiriman yang berbentuk kotak, gulungan panjang  maupun yang tidak beraturan adalah 2 (lebar + tinggi) ≤ 400 cm, dengan dimensi terpanjang maksimal 150 cm.
  • Besar tarif ditentukan dengan cara menggunakan berat aktual kiriman dan menggunakan hitungan volumetrik untuk kotak atau gulungan yang dikonversikan menjadi berat dengan rumusan (panjang x lebar x tinggi x 1 kg) : Rp 6.000
  • Penyerahan kiriman paket dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan, yaitu diantar ke alamat penerima atau paket diambil di Kantor Pos tujuan.

Paket ini hanya mencakup wilayah lokal dan nasional yang biasanya hanya terbatas pada kota-kota besar. Selain tunai, pembayaran paket ini dapat menggunakan prangko sesuai dengan nominal yang tertera di prangko tersebut. Nah, bagi Anda yang saat ini membutuhkan informasi terbaru tarif atau biaya paket Pos Jumbo Ekonomi dari Pos Indonesia, berikut kami sajikan informasi tarif pengiriman paket dari Jakarta ke berbagai kota di Indonesia (dengan berat paket 3 kg).

Ilustrasi: Aktivitas di Kantor Pos Indonesia (credit: Republika)

Ilustrasi: Aktivitas di Kantor Pos Indonesia (credit: Republika)

Tarif Pos Biasa (Jumbo Ekonomi) 

Alamat TujuanTarif Paket Pos Biasa 
AmbonRp190.500
Bandung KotaRp27.000
Banda AcehRp108.000
BanjarmasinRp96.000
BatamRp82.500
Blitar KotaRp60.000
Bogor KotaRp18.000
KotaRp27.000
MagelangRp46.500
MakassarRp103.500
Malang KotaRp51.000
ManadoRp144.000
Merauke KabupatenRp348.000
PalangkarayaRp96.000
PontianakRp90.000
SamarindaRp130.500
Semarang KotaRp42.000
Surakarta KotaRp30.000
SurabayaRp43.500
SidoarjoRp43.500
Tangerang KotaRp18.000
Yogyakarta KotaRp42.000

Tarif paket Pos Jumbo Ekonomi di atas kami rangkum dari situs resmi PT Pos Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa ongkir paket Pos Jumbo Ekonomi tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, ongkir Pos Jumbo Ekonomi dari Jakarta tahun ini mengalami kenaikan. Sebagai contoh, ongkir mengirim paket seberat 3 kg dari Jakarta ke Tangerang Kota awalnya Rp12 ribu, naik menjadi Rp18 ribu.

Untuk mengecek tarif pengiriman ke kota lain, Anda bisa langsung mengunjungi alamat web //www.posindonesia.co.id/id/check-tarif. Di alamat tersebut, Anda tinggal mengisi kolom asal kiriman, tujuan kiriman, dan berat kiriman. Setelah mengisi kode keamanan, klik “Cek Tarif” dan seketika daftar layanan pengiriman beserta tarif akan langsung muncul di layar.

[Update: Almas]

Baca juga  Update Ongkir Sentral Cargo Jalur Darat, Laut, dan Udara
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    Similikiti2 tahun ago

    Paket pos biasa sudah tidak berlaku lagi di Jakarta, ongkos kirim terlalu murah membuat PT. Pos rugi besar, dan bila ditangani Agenpos maka agenpos tidak mendapatkan Fee samasekali alias kerja bakti

    Reply

Leave a reply "Update Tarif Paket Pos Biasa (Jumbo Ekonomi) ke Sejumlah Kota di Indonesia"