Update Biaya Tabungan Emas Bank Syariah Indonesia (d/h BSM Cicil Emas)

Investasi menjadi salah satu langkah jitu sebagai salah satu perencanaan jangka panjang agar di masa depan Anda bisa memiliki aset yang bisa digunakan. Investasi sendiri bermacam-macam, bisa membangun usaha, membeli tanah, saham, emas, dan sejenisnya. Untuk jangka panjang, salah satu investasi yang disarankan adalah emas. Untuk investasi emas, Anda bisa menggunakan produk layanan Bank Syariah Indonesia (d/h Bank Syariah Mandiri/BSM), yakni BSI Cicil Emas dengan biaya tabungan relatif terjangkau.

BSM Cicil Emas
BSM Cicil Emas

Ada beberapa alasan rasional mengapa investasi emas ini menguntungkan Anda. Pertama, logam mulia ini termasuk komoditas yang aman dari inflasi dan bisa mengalami kenaikan nilai sekitar 20 hingga 30 persen setiap tahunnya. Selain itu, menyimpan emas juga jauh lebih menguntungkan ketimbang Anda hanya menyimpan uang, baik dalam bentuk tabungan atau deposito.

Bacaan Lainnya

Saat ini, sudah ada beberapa bank di Indonesia yang memfasilitasi nasabah untuk berinvestasi emas, salah satunya Bank Syariah Mandiri atau biasa disingkat BSM. BSM sendiri menamakan produk simpanan emas ini dengan nama BSM Cicil Emas. Fasilitas ini disediakan untuk membantu nasabah dalam membiayai pembelian atau kepemilikan emas berupa lantakan atau batangan dengan cara yang mudah dan menguntungkan. BSM mengklaim, ada beberapa manfaat yang diperoleh nasabah jika mengikuti produk BSM Cicil Emas.

Baca juga  Update Tarif Rawat Inap RKZ Surabaya

Pergantian BSM Menjadi BSI

Sejak tahun 2021, Bank Syariah Mandiri (BSM), BRI Syariah, dan BNI Syariah telah merger menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Berbeda dari BNI Syariah dan BRI Syariah, para nasabah BSM tidak perlu melakukan proses migrasi rekening karena IT platform yang dipakai oleh BSI adalah IT platform BSM. Nasabah BSM pun hanya diminta untuk mengurus penggantian kartu ATM dan buku tabungan.

Dengan adanya merger ketiga bank syariah tersebut, maka produk tabungan yang ditawarkan oleh BSM sebelumnya kini telah digantikan oleh produk tabungan baru, termasuk BSM Cicil Emas yang kini diganti dengan BSI Cicil Emas. Berikut ulasan lengkap seputar BSI Cicil Emas.

Manfaat BSI Cicil Emas

  • Emas nasabah diasuransikan sehingga aman.
  • Tarif yang murah dan menguntungkan.
  • BSI merupakan perusahaan terpercaya yang mampu menghadirkan layanan profesional.
  • Pembelian emas bisa dengan angsuran atau sistem kredit.
  • Emas dapat diuangkan dengan cara digadaikan untuk kebutuhan yang mendesak.

Keuntungannya ikut Cicil Emas ini, yakni aman karena emas Anda diasuransikan, menguntungkan dengan tarif yang murah, layanan profesional, mudah karena beli emas bisa dicicil setiap bulan, dan likuid atau dapat diuangkan dengan cara digadaikan untuk kebutuhan mendesak.[1]

Baca juga  Update Biaya Administrasi Transaksi PayPal

Syarat BSI Cicil Emas

  • WNI cukup umur.
  • Pegawai dengan usia minimal 21 tahun hingga usia maksimal 55 tahun.
  • Pensiunan berusia maksimal 70 tahun pada saat pembiayaan jatuh tempo.
  • Profesional dan wiraswasta berusia maksimal 60 tahun.
  • Menyerahkan kartu identitas atau KTP yang masih berlaku.

Sementara itu, biaya-biaya yang harus dipersiapkan oleh nasabah, di antaranya biaya administrasi, biaya meterai, dan juga biaya asuransi. Pembayaran produk BSM Cicil Emas dilakukan dengan cara angsuran dalam jumlah yang sama setiap bulan. Anda dapat memilih angka waktu pembiayaan yang diinginkan paling singkat 2 (dua) tahun dan paling lama hingga 5 (lima) tahun. Pelunasan dipercepat diperbolehkan setelah pembiayaan minimal berjalan 1 (satu) tahun. Berikut info terbaru biaya BSM Cicil Emas.

Ilustrasi: keping emas Antam (sumber: bsmu.or.id)
Ilustrasi: keping emas Antam (sumber: bsmu.or.id)

Biaya BSI Cicil Emas

Perihal Uraian
Pengertian Fasilitas untuk pembiayaan kepemilikan emas
JenisĀ Emas Logam Mulia Antam Bersertifikat
Uang Muka (DP) Minimal 20% dari perolehan emas

Uang muka dibayar secara tunai (tidak dicicil) oleh nasabah kepada bank. Sumber dana atau uang muka harus berasal dari dana nasabah sendiri (self financing) dan bukan berasal dari pembiayaan yang diberikan oleh bank.

Jumlah Pembiayaan Maksimal Rp150 juta

Nasabah dapat memiliki gadai dan Cicil Emas BSM secara bersamaan maksimal Rp250 juta

Jangka waktu Waktu pembiayaan yang diinginkan paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama hingga 5 (lima) tahun.
Pembayaran Angsuran per bulan dengan jumlah yang sama
Biaya-biaya Biaya administrasi (0-1%), materai, asuransi, margin 11.% -14.% eff
Eksekusi Agunan Agunan Nasabah yang wanprestasi dieksekusi oleh Bank setelah 9 (sembilan) bulan sejak tanggal akad.

Ketentuan biaya BSI Cicil Emas tahun 2022 sebagian besar masih sama seperti BSM Cicil Emas pada tahun-tahunsebelumnya. Hanya saja, jangka waktu BSI Cicil Emas kini bukan lagi minimal 2 tahun, melainkan bisa untuk minimal 1 tahun dan paling lama sampai 5 tahun.

Dengan tabungan BSI Cicil Emas, Anda dapat mewujudkan investasi secara mudah dengan menggunakan logam mulia (emas lantakan/batangan) dengan minimal jumlah gram adalah 10 gram. Melalui tabungan ini, Anda telah menyisihkan dana sebesar Rp4.000 per hari, sehingga terasa lebih ringan untuk memiliki emas.

Apabila Anda tertarik menabung Cicil Emas via Bank Syariah Indonesia (BSI) dan memerlukan informasi lebih detail seputar produk tabungan tersebut, Anda bisa langsung mengunjungi cabang Bank Syariah Indonesia terdekat di sekitar domisili Anda. Selain itu, Anda pun bisa menghubungi kantor pusat di nomor BSI Call 14040 atau via akun media sosial resmi milik bank yang bersangkutan.

[Update: Dian]

[1] Muchtar, B dkk. 2016. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Kencana, hlm 134.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *