Update Harga Bunga Lili/Lily (Bibit Siap Tanam, Potong, Umbi)

Dikenal dengan nama ilmiah Lilium longiflorum Thunb, bunga lili kerap dijadikan sebagai atau bunga potong untuk melengkapi buket bunga. Khusus untuk lili lokal, biasanya sudah melewati proses persilangan dalam menghasilkan bibit atau tanaman unggulan.[1] Dijual dalam berbagai varian, bunga lili (lily) memiliki harga yang relatif terjangkau.

Ilustrasi: Bunga Lili (credit: Oprah Daily)
Ilustrasi: Bunga Lili (credit: Oprah Daily)

Bunga lili merupakan tumbuhan berbunga dengan famili Liliaceae dan telah dikenal sebagai sejak zaman Yunani kuno. Bunga ini memiliki ciri khas pada warna kelopaknya yang putih terang dan diketahui berasal dari dataran Mediterania serta Asia Barat. Kerap menjadi hiasan serta perlengkapan di berbagai acara penting, banyak orang yang ingin menanam dan merawat bunga ini.

Bacaan Lainnya

Cara Merawat Bunga Lili

  • Dilansir dari WikiHow, sebelum menanam bunga lili, Anda harus memilih tempat yang baik dan tepat. Pilihlah spot dengan pencahayaan penuh dan tidak mudah terguyur hujan. Beberapa orang menyarankan agar menanam bunga lili di halaman depan rumah yang dilengkapi dengan pepohonan rindang.
  • Sebagai tips supaya lebih mudah untuk merawat bunga lili, Anda bisa menanamnya dalam pot. Pilihlah pot berbahan plastik yang ringan supaya mudah dipindahkan. Biasanya, lili dalam pot tidak hanya digunakan untuk menghias halaman depan, tetapi juga ruang tamu.
  • Pastikan Anda melakukan pemupukan awal saat menanam bunga lili. Pupuk harus dicampur dengan media tanam seperti tanah dan sekam. Sebaiknya, Anda menggunakan pupuk organik supaya kualitas tanah dan sekam tidak rusak dan berubah teksturnya.
  • Jika Anda menanam bunga lili dari dan bukan bibit siap tanam, maka Anda harus menyiapkan mulsa plastik berwarna gelap yang sudah dilubangi bagian atasnya. Pasang mulsa plastik menutupi bagian atas pot untuk melindungi tanaman dari serangga dan jamur. Sementara, bagi Anda yang menanam bunga lili dari bibit siap tanam, Anda tidak perlu memasang mulsa plastik.
  • Setelah akar pada umbi lili mulai tumbuh, beri pupuk susulan. Pemberian pupuk ini harus dilakukan secara rutin, minimal dua minggu sekali. Selain itu, Anda harus selalu memperhatikan kadar tanah dan sekam pada pot. Jika tanah sudah mulai terkikis air, sebaiknya Anda menambahkan tanah yang baru.
  • Sebagai tips jika Anda ingin memiliki tanaman bunga lili yang subur dengan kuntum banyak, gunakan pupuk untuk merawat tanaman kentang. Pupuk seperti ini bisa diberikan sebulan sekali bersama dengan pupuk kandang atau kompos.
  • Selama musim berbunga, Anda harus memangkas tanaman, dimulai dari bagian ujung daunnya. Biarkan paling tidak 2/3 lili tetap utuh. Hal ini membantu tanaman untuk mempercepat regenerasinya dan menjaga pertumbuhannya. Selain itu, hal ini bertujuan untuk membuat tanaman menjadi lebih sehat dan awet hingga bertahun-tahun.
  • Jika tanaman lili Anda berbintik-bintik cokelat di daunnya, kemungkinan tanaman Anda terinfeksi botrytis. Ini adalah penyakit yang merupakan dan biasa muncul di musim hujan. Semprot daun dengan fungisida mawar yang bisa Anda beli di tanaman.
  • Bagi Anda yang ingin memanen bunga lili, potonglah hingga sepertiga batangnya dan biarkan sisanya tetap tumbuh di tanah. Hal ini akan membuat umbi lili tetap mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk menghasilkan bunga lagi.
  • Lili dapat ditanam kapan pun selama tanahnya tidak kering dan keras. Untuk drainase air yang optimal, buatlah gundukan bunga dengan tanah pot. Gundukan ini harus berada paling tidak 13 cm di atas permukaan tanah dan juga cukup besar untuk menanam umbi lili sesuai petunjuk. Cara ini akan berhasil dengan baik, terutama jika Anda menanam lili di musim hujan.
Baca juga  Cara Memelihara dan Update Harga Angsa Hitam

Setelah mengetahui cara merawat bunga lili, apakah Anda berminat menanamnya? Jika iya, pastikan Anda mengetahui harga bunga lili di pasaran. Sebagai referensi harga bunga lili, Anda bisa melihat tabel berikut.

Ilustrasi: Seseorang Menggenggam Bunga Lili (credit: Dekoruma)
Ilustrasi: Seseorang Menggenggam Bunga Lili (credit: Dekoruma)

Harga Bunga Lili

Varian Bunga Lili Harga (Rp)
Bunga Lili Putih Rp35.000 per tanaman
Bunga Lili Kucai Rp5.000 per tanaman
Bunga Peace Lily + Pot Tawon Putih Rp50.000 per pot
Bunga Lili Air putih Rp7.000 per tanaman
Bunga Lili Air pink Rp10.000 per tanaman
Bunga Lili Putih Potong 300 gr + Set Buket Rp280.000 per ikat
Bunga Lili Bakung Putih Rp10.000 per tanaman
Bunga Lili Putih Potong 500 gr Rp55.000 per potong
Bunga Lili Amazon Rp25.000 per tanaman

 

Berbagai jenis bunga Lili/Lily (sumber: Pinterest)
Berbagai jenis bunga Lili/Lily (sumber: Pinterest)

Harga Bibit Bunga Lili (Lily)

Varian Bunga Lili Harga
Umbi Bonggol Bibit Bunga Lili Hujan (Rain Lily) Rp4.000 per bonggol
Bibit Bunga Lili Hujan Putih Siap Tanam Rp8.000 per bibit
Bibit lily day kuning Rp15.000 per bibit
Bibit lily merah Rp20.000 per bibit
Bibit lili sepatu film Rp45.000 per bibit
Baca juga  Update Harga Minute Maid Pulpy Orange 1 Liter dan 1 Dus

Harga bunga lili di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga bunga lili tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan tahun 2021 lalu, harga bunga lily masih relatif stabil. Namun, harga bunga lili putih potong 500 gr mengalami penurunan dari Rp65 ribu menjadi Rp55 ribu per potong.

[Update: Dian]

[1]Deswiniyanti, Ni Wayan, Ida Ayu Astarini, Ni Made Puspawati. 2013. Studi Fenologi Perbungaan Lilium longiflorum Thunb. Jurnal Metamorfosa Universitas Udayana, Vol. 1(1): 6-10.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.