Update Terkini Syarat dan Skema Pembayaran Kredit Motor Tanpa DP

Meski banyak mobil murah diluncurkan, namun hingga saat ini, sepeda masih menjadi moda favorit sebagian besar masyarakat di Indonesia. Para produsen atau dealer pun memanfaatkan peluang ini dengan memberikan opsi pembelian sepeda , baik secara tunai maupun secara kredit. Bahkan, beberapa dealer juga menyediakan sistem pembelian kredit tanpa uang muka atau DP (down payment).

Umumnya, pembelian sepeda motor dengan sistem kredit memang menggunakan down payment, dengan besaran sekitar 20 persen hingga 30 persen dari harga tunai sepeda motor yang bersangkutan. Namun, untuk mendongkrak penjualan, beberapa dealer di Tanah Air berani menawarkan pembelian sepeda motor dengan sistem kredit tanpa menyertakan uang muka.

Ilustrasi: Pengajuan Kredit Motor (credit: Facebook/Honda)

Ilustrasi: Pengajuan Kredit Motor (credit: Facebook/Honda)

Keuntungan Pembelian Secara Kredit

Dealer sepeda motor sendiri saat ini memang lebih menyukai pembelian secara kredit karena perusahaan pembiayaan atau leasing akan memberikan subsidi dan insentif kepada dealer yang bersangkutan. Sekarang, sudah banyak perusahaan pembiayaan yang berlomba-lomba untuk mendapatkan account pembiayaan, sebut saja Adira Finance, Federal International Finance (FIF), Bussan Auto Finance (BAF), OTO Finance, dan lain-lain. Dengan banyaknya perusahaan pembiayaan, maka otomatis mereka akan berlomba-lomba memanjakan dealer untuk memberikan order kepada mereka.

Untuk mendapatkan nasabah sebanyak-banyaknya dari dealer, maka perusahaan pembiayaan ini memberikan subsidi tambahan kepada dealer dengan harapan sang dealer akan memberikan banyak nasabah kepada mereka. Dengan cara itu, diharapkan kedua belah pihak (dealer dan perusahaan pembiayaan) akan sama-sama senang (win-win solution). Karena itu, otomatis dengan menjual secara kredit, maka dealer sendiri akan mendapat keuntungan lebih dibandingkan penjualan cash.

Itu merupakan keuntungan sistem penjualan sepeda motor secara kredit bagi dealer dan perusahaan pembiayaan. Lalu, apa keuntungan yang didapatkan nasabah atau pembeli ketika melakukan pembelian sepeda motor dengan sistem pembayaran kredit ini? Ada beberapa keuntungan yang dapat diambil pembeli, di antaranya:

  • Dengan jumlah uang hanya beberapa juta rupiah saja, maka sangat tidak mungkin bagi Anda untuk memiliki sepeda motor, terutama produk-produk baru. Namun, dengan fasilitas pembelian kredit, Anda bisa menggunakan sejumlah dana tersebut sebagai uang muka dan membayar sisa pembelian dengan cara angsuran setiap bulan.
  • Setiap kendaraan yang dibeli secara kredit, biasanya telah dilengkapi dengan kendaraan bermotor, baik itu untuk kerusakan ataupun untuk kehilangan kendaraan tersebut. Layanan ini bisa membuat Anda sedikit bernapas lega, sebab risiko pada kendaraan Anda akan dijamin oleh pihak , sehingga Anda tidak perlu menanggung sejumlah kerugian atas berbagai hal-hal yang bisa saja terjadi pada kendaraan Anda tersebut.
  • Meskipun Anda memiliki sejumlah dana yang terbilang cukup untuk membeli sebuah motor secara tunai, namun tidak ada salahnya mempertimbangkan pembelian secara kredit. Hal ini bisa Anda jadikan pilihan, terutama jika ternyata Anda bergerak di bidang bisnis tertentu yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil/keuntungan dari sejumlah dana yang Anda miliki.
Dealer sepeda motor (sumber: belitong.wordpress.com)

Dealer sepeda motor (sumber: belitong.wordpress.com)

Syarat dan Skema Pembelian

Umumnya, pembelian sepeda motor dengan cara pembayaran kredit memang harus menyertakan uang muka atau DP. Namun, saat ini sudah banyak dealer yang berani menawarkan sepeda motor baru dengan sistem pembayaran kredit tanpa uang muka. Atau, uang muka dibayarkan setelah motor diterima oleh konsumen.

Untuk bisa mendapatkan motor secara kredit tanpa uang muka, setiap dealer dari berbagai merek menerapkan beberapa syarat dan ketentuan tersendiri. Misalnya di dealer Sukses Motor yang berlokasi di Jalan Raya Sawangan, Pancoran Mas. Di dealer itu, terdapat lima pilihan motor yang bisa dibeli secara kredit tanpa perlu membayar DP terlebih dahulu.

Beberapa motor yang bisa dikredit tanpa DP antara lain motor dengan merek seperti Mio M3, Mio Z, All New Soul GT dan Fino FI. Kemudian, ada juga motor merek Honda yaitu Mega Pro. Untuk Mio M3, Mio Z, All New Soul GT yang bisa dikredit tanpa DP adalah produk keluaran tahun 2016 dan 2017. Lalu, untuk Fino FI merupakan keluaran tahun 2017, dan Mega Pro produksi tahun 2013 dan 2014.

Pemilik dealer Sukses Motor, Karno, mengatakan bahwa ada bagi pembeli sepeda motor di tempatnya. Syarat tersebut adalah pembelinya pegawai berstatus PNS (Pegawai Negeri Sipil) maupun karyawan perusahaan yang sudah berstatus pegawai tetap. Untuk karyawan kontrak tetap bisa melakukan pembelian, namun diberi toleransi yaitu bagi mereka yang sudah bekerja selama kurun waktu tertentu. Hal terpenting adalah para karyawan kontrak tersebut sudah memiliki slip gaji.

Mengenai motor-motor tertentu yang bisa dikredit tanpa DP, Karno mengaku bahwa tidak ada pertimbangan khusus terkait pemilihannya. Menurutnya, kredit tanpa DP tersebut merupakan bagian dari program promo dari dealer yang sedang ditawarkan kepada calon konsumen. Promo tersebut dinilai menjadi salah satu cara untuk menarik konsumen. Dealer Sukses Motor berani melakukan promo itu dengan pertimbangan kondisi motor yang bagus, dan sudah dilengkapi dengan garansi.

Apabila konsumen mau membeli motor tanpa DP tersebut, mereka bisa memilih dengan besaran nominal mulai dari Rp486.000 hingga Rp596.000. Berapa kali mereka akan mencicil pun juga bisa dipilih, mulai dari 11 kali hingga 35 kali.

Kredit Motor Tanpa DP (credit: Facebook/Honda)

Kredit Motor Tanpa DP (credit: Facebook/Honda)

Tahun 2019 ini Suzuki juga sempat menawarkan promo kredit motor tanpa DP alias uang muka di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 beberapa waktu lalu. Promo angsuran 3 tahun tersebut pembayarannya hanya 34 kali dengan DP Rp700 ribu untuk tipe motor GSX-R150 non ABS. Tetapi untuk DP 0 (nol) persen hanya untuk Suzuki Nex II dengan bunga yang cukup besar. Misalnya jika tipe standar Rp15,6 juta, cicilan per bulan selama 3 tahun bisa Rp700 ribu lebih.

Kredit motor tanpa DP memang menjadi hal yang cukup kontroversi dan jarang ada perusahaan leasing besar yang menawarkan program semacam itu. Bahkan setelah pemerintah menetapkan adanya program pembelian kendaraan tanpa DP sejak Januari 2019 lalu pun sampai sekarang masih sulit mencari leasing yang menyediakannya.

Meski demikian, beberapa pemilik kartu kredit (credit card) mungkin cukup sering mendapat promo pembelian motor dari bank dengan bunga cicilan 0% selama jangka waktu 6 bulan atau semacamnya. Sayangnya, program ini mengharuskan Anda untuk membayar DP tinggi, misalnya 30% dari harga motor.

Untuk peminat motor bekas di tahun 2020 ini mungkin juga bisa melirik program dari dealer motor bekas HRF Motor yang berada di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Di dealer satu ini kabarnya Anda bisa kredit motor bebas bunga dan tanpa leasing. Syaratnya, Anda harus membayar DP sebesar 75%.

Jadi, jika harga motor Rp6 juta, Anda setidaknya perlu menyerahkan pembayaran DP sebesar Rp4 juta. Sisa angsuran dapat dibayar dengan skema yang fleksibel, entah Rp500 ribu selama 4 bulan atau 6 bulan pun diperkenankan. Menariknya, selain tanpa leasing, konsumen pun bisa kredit motor bekas di dealer ini tanpa harus membayar bunga dan tanpa prosedur survei yang berbelit-belit.

[Update: Dian]

Baca juga  Harga Rangka Deltabox KLX (Fiber & Aluminium)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Terkini Syarat dan Skema Pembayaran Kredit Motor Tanpa DP"