Info Terbaru Ongkos Kirim Pos Indonesia ke Malaysia

Walaupun kini sudah banyak perusahaan jasa ekspedisi baru yang bermunculan, layanan Pos Indonesia menjadi salah satu jasa kurir yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya terjangkau, Pos Indonesia juga menyediakan layanan pengiriman barang maupun dokumen ke luar negeri seperti Malaysia dengan harga yang cukup kompetitif. Perusahaan pun menyediakan fasilitas seperti maupun aplikasi Pos Indonesia untuk memudahkan Anda melakukan tracking barang maupun mengecek ongkos kirim.

Pos Indonesia (sumber: idxchannel)
Pos Indonesia (sumber: idxchannel)

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan PT Pos Indonesia. Perusahaan yang identik dengan warna oranye ini adalah salah satu badan usaha milik negara yang diberi tugas untuk menyelenggarakan usaha persuratan untuk umum dalam dan luar negeri. Awalnya hanya berdiri sendiri, kemudian PT Pos Indonesia mendapatkan kompetitor karena adanya Undang-Undang No. 38 tahun 2009 yang memungkinkan badan usaha milik swasta dan koperasi untuk menyediakan layanan serupa.[1]

Bacaan Lainnya

Seperti disinggung di atas, tidak hanya dalam negeri, PT Pos Indonesia juga menyediakan layanan pengiriman paket ke luar negeri. Ada beberapa layanan yang ditawarkan perusahaan untuk pelanggan setia mereka. Dilansir dari situs resminya, setidaknya ada lima layanan paket pengiriman yang disediakan PT Pos Indonesia ke luar negeri.

Layanan PT Pos Indonesia Luar Negeri

  • EMS (Express Mail Service) International, menjanjikan barang sampai pada H+3 atau maksimal H+5 setelah pengiriman, melayani ke 232 negara tujuan, free pick up paket, pengiriman bisa dilacak, ada asuransi, dengan berat maksimal paket 30 kg.
  • Pos Ekspor, menjanjikan barang sampai pada H+4 atau maksimal H+8 setelah pengiriman, melayani ke 232 negara tujuan, free pick up paket, pengiriman bisa dilacak, ada asuransi, dengan berat maksimal paket 30 kg sampai 3.000 kg.
  • Paket Pos Cepat Internasional, menjanjikan barang sampai pada H+6 atau maksimal H+10 setelah pengiriman, melayani ke 211 negara tujuan, free pick up paket, pengiriman bisa dilacak, ada asuransi, dengan berat maksimal paket 2 kg sampai 30 kg.
  • Pos Registered Internasional, menjanjikan barang sampai pada H+6 atau maksimal H+10 setelah pengiriman, melayani ke 205 negara tujuan, free pick up paket, pengiriman bisa dilacak, ada asuransi, dengan berat maksimal paket 2 kg.
  • e-Packet, menjanjikan barang sampai pada H+6 atau maksimal H+10 setelah pengiriman, melayani ke 57 negara tujuan, free pick up paket, pengiriman bisa dilacak, ada asuransi, dengan berat maksimal paket 2 kg.

Cek Ongkir Pos Indonesia ke Malaysia

Ilustrasi: paket dokumen EMS (sumber: orderjepang.com)
Ilustrasi: paket dokumen EMS (sumber: orderjepang.com)

Untuk mengetahui ongkos kirim atau tarif Pos Indonesia ke luar negeri seperti Malaysia, Anda bisa mengecek langsung melalui situs https://www.posindonesia.co.id/id/check-tarif. Di halaman tersebut, Anda diminta memasukkan alamat asal pengiriman, alat tujuan pengiriman, pilihan kiriman (apakah surat atau paket), berat kiriman, dimensi kiriman (bisa dilewati), dan nilai barang (bisa dilewati). Jika sudah, klik Cek Tarif.

Ongkos Kirim Pos Indonesia ke Malaysia

Jenis Jasa Layanan Pos Indonesia Ongkos Kirim Estimasi Kirim
Surat R Luar Negeri Rp263.871 6 hari
EMS Barang Rp207.255 2 hari
ePacket LP APP Rp310.377 6 hari
Paketpos Cepat LN Rp378.114 6 hari
Paketpos Biasa LN Rp212.209 30 hari
Pos Ekspor Rp491.346 4 hari

Informasi daftar ongkos kirim Pos Indonesia di atas berlaku dari Jakarta dan berlaku untuk berat paket 1 kg. Jika dibandingkan ketentuan sebelumnya, biaya kirim Pos Indonesia ke Malaysia saat ini ada yang naik dan ada yang turun. Ongkos kirim Surat R Luar Negeri misalnya, semula Rp278.434 dan sekarang menjadi Rp263.871 untuk durasi waktu pengiriman yang sama, sedangkan ongkos kirim ePacket LP APP nail dari Rp239.368 menjadi Rp310.377 dengan durasi waktu pengiriman yang sama.

Sebelumnya, PT Pos Indonesia menentukan tarif kirim layanan EMS ke luar negeri ke Malaysia dan negara lainnya berdasarkan asal kota pengiriman, juga berat kiriman. Namun sekarang, dilansir dari situs resminya, biaya kirim layanan EMS ke luar negeri disamaratakan untuk semua asal pengiriman. Namun, untuk informasi lebih detail, Anda dapat menanyakan langsung ke kantor Pos Indonesia terdekat di kota Anda.

[1] Ratnawati, Atjih dan Anton Susanto. 2012. Studi Pemanfaatan Layanan Pospay pada Masyarakat di Kota Mataram. Jurnal Penelitian Pos dan Informatika, Vol. 2(1).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar