Update Terkini Syarat dan Kisaran Biaya Perpanjangan SIO Forklift

Anda pernah melihat angkat yang dilengkapi besi baja mirip garpu di bagian depan? Ya, mesin tersebut dinamakan forklift. Forklift alias truk garpu merupakan sejenis truk industri bertenaga mesin atau baterai yang berfungsi untuk mengangkat dan memindahkan barang dalam jarak pendek. Untuk mengoperasikan alat-alat berat semacam forklift, ternyata tak sembarangan. Anda harus melalui kegiatan pelatihan dan memperoleh sertifikasi dari -lembaga terkait. Bahkan, Anda juga diwajibkan memiliki Surat Izin Operator alias SIO.

Ilustrasi: operator forklift
Ilustrasi: operator forklift

SIO merupakan sertifikat kelayakan SMK3 (Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja) untuk mengoperasikan pesawat angkat dan angkut sesuai dengan jenis dan kualifikasinya. Petugas peralatan angkat klasifikasinya dibagi menjadi 3 kelas, yakni kelas I untuk kapasitas angkut lebih dari 100 ton atau tinggi menara lebih dari 60 meter, kemudian kelas II untuk kapasitas lebih dari 25 ton hingga kurang dari 100 ton atau tinggi menara lebih dari 40 meter hingga 60 meter, serta kelas III untuk kapasitas kurang dari 25 ton atau tinggi menara mencapai 40 meter.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Info Terbaru Biaya Kuliah S2 UNPAD (Universitas Padjadjaran)

Untuk mesin angkut seperti forklift, biasanya SIO akan diberikan sepaket setelah Anda menjalani pelatihan. SIO forklift tersebut pada dasarnya berfungsi sama seperti SIM (Surat Izin Mengemudi) pada kendaraan bermotor, sehingga ada penetapan masa berlaku tertentu untuk setiap SIO yang telah diterbitkan.

Jika Anda ingin memperpanjang SIO forklift milik Anda, Anda bisa langsung datang ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat dengan membuat permohonan kepada Kadisnaker dan mengisi formulir terkait data-data forklift. Usai permohonan dilayangkan, petugas pengawas keselamatan kerja akan menguji kelayakan kendaraan forklift dan pihak Disnaker akan mengeluarkan surat pengesahan dan pemakaian kendaraan forklift.

Syarat Perpanjangan SIO Forklift

  • Surat pengantar dari perusahaan (Kop surat), ditujukan kepada Direktur pengawasan norma K3.
  • Scan sertifikat pelatihan.
  • Scan surat penunjukan sebagai ahli K3/SIO (sertifikat yang akan diperpanjang).
  • Scan kartu kewenangan.
  • Pas foto 3 x 4 (format JPG).
  • Scan kartu identitas (KTP/SIM).
  • Laporan kegiatan P2K3 selama 3 bulan terakhir.

Perpanjangan SIO Forklift

Pengurusan pengesahan ini pada dasarnya tidak dipungut alias gratis. Namun, jika Anda tak mau repot dan menginginkan proses yang cepat tanpa mengantre berlama-lama, Anda bisa menggunakan jasa pengurusan SIO yang saat ini ada banyak di luar sana dan bersedia untuk melayani keperluan Anda untuk memperpanjang SIO forklift.

Baca juga  Kelas, Jadwal, dan Harga Tiket Bus Haryanto

atau tarif jasa untuk perpanjang SIO forklift ini bervariasi, tergantung dari penyedia jasa atau agen yang Anda pilih. Salah satu jasa penyedia perpanjangan SIO forklift tahun 2021 ini mematok tarif hanya Rp1 jutaan. Namun, beberapa yang lain ada yang menawarkan harga Rp2,5 juta hingga Rp3 jutaan. perpanjang SIO forklift tersebut relatif masih sama seperti tahun 2019 dan lalu. Untuk perpanjangan SIO, Anda tak perlu lagi mengikuti ujian.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.