Mendekati Idul Adha, Harga Daging Kambing Per Kilo Meningkat Pada Beberapa Kota di Indonesia

Menjelang Hari Raya Idul Adha sebulan lagi, permintaan terhadap sapi dan kambing semakin meningkat. Hal ini dirasakan oleh pedagang hewan ternak di Kabupaten Aceh Tenggara. Pada hari biasa, penjualan kambing hidup berkisar antara lima sampai sebelas ekor. Namun, menjelang Idul Adha, penjualannya mencapai lima belas ekor.

Peningkatan penjualan bukan saja terjadi pada hewan kambing, tetapi juga sapi. Salah satu pedagang setempat, Roy, mengaku jika pada hari biasa, ia biasanya dapat menjual sapi sebanyak satu sampai dua ekor dalam seminggu. Tetapi, mendekati Idul Adha ini, ia bahkan bisa menjual hingga empat ekor dalam sehari.

Bacaan Lainnya
Daging Kambing - (Sumber: seriouseats.com)
Daging Kambing – (Sumber: seriouseats.com)

Walaupun permintaan kambing yang masih hidup meningkat, tidak membawa pengaruh terhadap harganya sendiri. Satu ekor kambing jantan umur dua tahun dijual dengan kisaran harga Rp 1.500.000-2.000.000 per ekor.

Baca juga  Info Terbaru Harga Whiskas di Alfamart dan Indomaret

Sama halnya dengan harga sapi. Sapi jantan umur dua tahun dengan bobot 60kg dijual di kisaran harga Rp 13.000.000-14.000.000 per ekor.

Kambing biasa dimanfaatkan dagingnya untuk diolah menjadi masakan, seperti rendang, gulai, dan sate. Dari 1 kg daging kambing, biasanya mampu diolah jadi 150-200 tusuk sate. Sebagai mengenai harga daging kambing per 1 kilonya di pasaran, berikut akan ditampilkan informasinya untuk daerah Jakarta.

Harga Daging Kambing Wilayah DKI Jakarta

Nama Pasar Harga Daging Kambing Per Kilo Keterangan
Mayestik 125.000 Harga Tertinggi
Petojo Ilir 90.000 Harga Terendah
111.167 Harga Rata-rata

Sedangkan, untuk harga daging kambing di wilayah Jawa Timur, termasuk kota Surabaya, berdasarkan sumber dari RPH (Rumah Pemotongan Hewan) menyatakan harganya stabil di angka Rp 80.000.

Peningkatan permintaan hewan kurban juga terjadi di wilayah lain di Jawa Timur, yaitu Kediri. Tetapi, walaupun begitu, Dinas Peternakan setempat menyatakan persediaan di peternakan lembu maupun kambing di Kabupaten Kediri dinilai masih mampu memenuhi kebutuhan daging kurban.

Daging Kambing Segar - (Sumber: thericemedia.com)
Daging Kambing Segar – (Sumber: thericemedia.com)

Di Medan, untuk menanggulangi adanya lonjakan harga daging kambing, pemerintah setempat melalui Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD RPH) menggandeng perusahaan dari Malaysia, Electronic Fertilizer & Agro-Base R & D Sdn Bhd untuk memasok sapi dan kambing ke Kota Medan.

Baca juga  Info Terbaru Harga Pisang Sunpride (Semua Varian)

Walikota Medan Akhyar Nasution mengatakan bahwa kerjasama tersebut diharapkan dapat menjadi aktivitas bisnis yang saling menguntungkan kedua belah pihak. PD RPH dalam jangka panjang diharapkan akan berkembang, tidak hanya memotong hewan saja tetapi dapat bekerjasama dengan pihak lain dalam pengadaan hewan sehingga menjaga suplai dan stabilitas harga daging di Kota Medan.

Ada tiga momen penting di Medan memicu terjadinya kenaikan harga daging yaitu Ramadan, Idul Fitri, dan Idul Adha. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut diharapkan bisa menyelesaikan masalah kenaikan harga daging.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.