Info Terkini Cara Cek Nomor Referensi BCA

No comment9669 views

Pada saat melakukan transfer dengan menggunakan layanan atau melalui SMS berbagai , termasuk BCA, Anda akan mendapatkan nomor referensi yang menyatakan bahwa transaksi telah berhasil dilakukan. Namun, mungkin sebagian masih bertanya-tanya, maksud dari nomor referensi itu untuk apa?

Pengguna BCA Mobile (sumber: banksentral.com)

BCA Mobile (sumber: banksentral.com)

Nomor referensi sendiri dapat disebut juga sebagai nomor identifikasi, sejenis nomor sebagai tanda bahwa transaksi telah berhasil dilakukan. Nomor referensi juga dapat digunakan untuk memudahkan tracking atau pelacakan sebuah transaksi finansial. Selain itu, nomor referensi biasa juga disebut sebagai nomor unik yang digunakan untuk transaksi yang telah Anda lakukan. 

Misalnya, tiga bulan lalu, Anda melakukan transaksi pembayaran atau transfer saldo ke salah satu rekening milik saudara atau rekan kerja, tetapi Anda lupa menyimpan print out dari transaksi tersebut, dan hanya ada nomor referensi yang tersimpan pada email. Suatu ketika, apabila transaksi tersebut dibutuhkan, Anda bisa datang ke kantor cabang bank terdekat untuk meminta data terkait transaksi tersebut dengan menyerahkan nomor referensi yang Anda dapat saat itu.

Selain tercantum dalam sebuah transaksi perbankan, nomor referensi juga bisa terdapat pada transaksi lainnya, hanya berbeda istilah. Misalnya, transaksi isi pulsa. Apabila Anda perhatikan, pada saat melakukan pengisian pulsa di salah satu kios isi pulsa, nomor handphone Anda akan menerima SMS dari operator yang berisikan pemberitahuan bahwa isi ulang dengan nominal tertentu telah berhasil, dengan disertai adanya nomor seri. Nomor seri itu fungsinya sama dengan nomor referensi pada transaksi bank. Nomor referensi juga dapat muncul ketika Anda melakukan transfer saldo menggunakan layanan internet banking bank lain.

Cek Nomor Referensi Bank BCA - customerservice.id

Cek Nomor Referensi - customerservice.id

Di BCA, melalui layanan internet banking, misalnya KlikBCA, pada tampilan layar laptop atau smartphone, akan tertera informasi yang memuat mengenai tanggal (transfer), jam, nomor referensi, tujuan transfer, nama, jumlah (nominal transfer), berita, dan jenis transfer. Nomor referensi berisi rangkaian huruf dan angka setelah Anda selesai dan berhasil melakukan transfer, baik sesama BCA ataupun antar-bank. Untuk mencoba layanan KlikBCA, Anda dapat melakukan Demo KlikBCA dengan mengunjungi situs www.klikbca.com, dan mengikuti instruksi-instruksi yang ada.

Cara Cek Nomor Referensi BCA

Selain melalui layanan yang disediakan oleh bank, ternyata Anda juga dapat mengetahui nomor referensi BCA melalui bank lain. Misalnya, Anda baru saja mentransfer sejumlah dari rekening ke BCA. Pastikan Anda sudah pada tahap transfer ke bank lian menggunakan ib . Ketika seluruh kolom sudah diisi semua, selain kolom Nomor Referensi Nasabah, maka silakan langsung tekan tombol ‘Kirim’.

Hasilnya, pada layar smartphone atau laptop Anda, akan muncul pemberitahuan mengenai pengisian Nomor Referensi sesuai dengan keterangan tersebut. Setelah semua kolom terisi, nasabah tinggal mengirimkan saja data tersebut. Kemudian, sudah pasti proses transfer atau pengiriman uang nasabah ke rekening lain berhasil.

Baca juga  Update Terkini Syarat dan Biaya Tabungan BRI Junio
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terkini Cara Cek Nomor Referensi BCA"