Informasi Terbaru Layanan Western Union & Mandiri E-Cash di Indomaret, Kirim Uang Jadi Praktis dan Menyenangkan

Indomaret memang sudah tidak asing lagi di telinga . Toko ritel ini sudah tersebar di seluruh Indonesia. Di sini terdapat berbagai keperluan sehari-hari, mulai dari bahan makanan, snack, minuman, pulsa sehingga segala macam keperluan rumah tangga.

Gerai Indomaret (sumber: kepitingonline.com)

Gerai Indomaret (sumber: kepitingonline.com)

Selain membeli berbagai barang kebutuhan, Anda juga dapat mengirim uang melalui Indomaret dengan memanfaatkan layanan , yang merupakan perusahaan penyedia jasa pengiriman uang secara online dari dalam maupun luar negeri.

Selama ini layanan pengiriman uang Western Union hanya bisa dijumpai di bank-bank. Tetapi, berkat kerjasamanya dengan Indomaret, pelanggan bisa mengirim dan menerima uang dengan lebih cepat lewat minimarket waralaba tersebut.

Indomaret memilih Western Union karena telah teruji dalam hal kecepatan, kenyamanan dan keandalan. Pengguna jasa Western Union akan mendapatkan beberapa keuntungan, bukan hanya terbebas dari transfer, tetapi juga kecepatan dan kepastian dalam pengiriman uang berkat ‘state of the art technology’.

Syarat Pengambilan Uang via Western Union di Indomaret

  • Kode MTCN (Money Transfer Control Number)
  • Data pengirim (nama dan alamat)
  • Data penerima (penerima datang sendiri, kemungkinan tidak bisa diwakilkan)
  • Menunjukkan kartu identitas asli yang masih berlaku (e-KTP)
  • Menyerahkan dua lembar fotokopi e-KTP

Proses Pengambilan via Western Union di Indomaret

  • Petugas/kasir Indomaret mengecek validitas dari nomor MTCN di komputer.
  • Setelah diketahui valid/tidaknya (belum expired/belum diambil sebelumnya), Anda akan diberi formulir penarikan WU untuk diisi.
  • Form yang harus diisi meliputi nama, alamat, jumlah yang diharapkan, nama pengirim, kota dan negara pengirim, dan MTCN (nomor kontrol transfer uang).
  • Apabila data-data di formulir telah diisi dengan benar, dan tidak terdapat gangguan jaringan, maka akan dapat diproses, dan Anda akan dapat menerima uang.

Di beberapa atau sebagian besar Indomaret melayani layanan Western Union selama 24 jam. Selain di Indomaret, Anda juga bisa menemukan layanan Western Union di Alfamart, atau di bank, seperti Maybank, Danamon, Mandiri, dan lain-lain. Kantor Pos Indonesia juga menyediakan layanan tersebut.

Kasir Indomaret (sumber: tribunnews.com)

Kasir Indomaret (sumber: tribunnews.com)

Keuntungan Pengambilan Kiriman Uang di Indomaret

  • Syarat lebih sedikit. Cukup dengan membawa kode MTCN, menunjukkan KTP asli dan fotokopinya sudah cukup dan bisa langsung diproses.
  • Gerai/cabangnya banyak. Gerai Indomaret dapat ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dianggap sebagai sesuatu yang menguntungkan.
  • Buka sampai malam, bahkan 24 jam. Di Indomaret, seakan tidak ada batas waktu untuk pengambilan uang kiriman.
  • Hari libur tetap buka. Di agen lain, seperti Kantor Pos, Pegadaian, dan bank, di tanggal merah, layanan tidak dibuka.
  • Dapat sekaligus berbelanja. Setelah proses pengambilan uang berhasil dilakukan, maka Anda dapat menggunakan uang tersebut untuk berbelanja di Indomaret.

Beberapa Kendala Melakukan Transaksi via Western Union

Tetapi, walaupun mencairkan uang di Indomaret dinilai mudah dan memiliki beberapa keuntungan, ada beberapa kendala yang sering terjadi ketika sedang melaksanakan transaksi melalui Western Union, di antaranya:

  • Stok uang tidak cukup. Tidak sedikit orang yang mencoba mengambil uang kiriman WU di minimarket ini, dan mendapati kasir/petugas mengatakan bahwa persediaan uang tidak cukup.
  • Formulir penerimaan uang dari Western Union habis. Salah satu syarat pengambilan uang kiriman di agen WU manapun adalah mengisi Formulir Penerimaan. Tanpa formulir tersebut, transaksi tidak bisa diproses.
  • Jaringan error atau gangguan. Selain formulir penerimaan, hal lain yang wajib ada untuk memproses pengambilan uang kiriman Western Union adalah koneksi internet. WU menggunakan jaringan agar waktu transfer bisa cepat sampai/real time meskipun jaraknya jauh bahkan antar negara.
  • Kasir yang mengurusnya sedang tidak ada. Kasir di Indomaret umumnya lebih dari satu.
  • Jumlah uang kiriman tidak bisa dicek.

Ilustrasi pengiriman uang antar negara

Walaupun demikian, mengambil kiriman uang via Western Union di Indomaret tetap menjadi salah satu referensi dapat dipilih oleh masyarakat. Hal ini terbukti dari dua penghargaan sekaligus dari Western Union (WU) sebagai ‘Best Newcomer’ dan ‘Fastest Expanding Network’.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh President & CEO Western Union, Hikmet Ersek kepada Brand Development Manager PT Indomarco Pratama. Indomaret telah memulai kerja sama dengan WU di tahun 2009. Western Union, sebuah perusahaan jasa pengiriman uang ternama berbasis di Amerika Serikat memilih Indomaret sebagai mitra WU karena Indomaret memiliki jaringan ritel tersebar di Indonesia.

Namun perlu Anda ketahui pula, jika terdapat kegagalan pengambilan uang di Indomaret setelah mengisi formulir, maka Anda wajib mengambil kembali formulir yang telah diisi. Hal ini untuk mengantisipasi data-data yang tercantum pada form disalahgunakan oleh orang lain, terlebih diproses.

Apabila Anda tidak menginginkan mengambil uang di Indomaret, mungkin bisa mencoba mengambilnya di Kantor Pos Indonesia. Di sini, yang dibutuhkan tidak berbeda atau bahkan sama dengan di Indomaret, fotokopi dan KTP asli, PIN atau kode MTCN, dan tidak boleh diwakilkan. 

Layanan Mandiri E-Cash

Layanan Mandiri e-Cash di minimarket (sumber: sindonews.com)

Layanan Mandiri e-Cash di minimarket (sumber: sindonews.com)

Selain melalui layanan Western Union, Anda dapat bertransaksi dengan memanfaatkan Mandiri e-cash. Layanan ini adalah uang elektronik berbasis server yang memanfaatkan teknologi USSD dan di telepon seluler yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi perbankan seperti Top up e-Money, penyetoran dan penarikan tunai, pengecekan saldo, transfer antar rekening mandiri e-cash dan fitur transaksi lainnya tanpa harus melakukan pembukaan rekening di cabang Bank Mandiri.

Oleh karena itu, Bank Mandiri menggandeng Indomaret untuk memperluas layanan digital menggunakan mandiri e-cash. Aplikasi Mandiri e-cash dapat diunduh di Google Play, App Store atau melalui akses *141*6#, yang merupakan penggabungan layanan perbankan dengan sosial media yang dapat digunakan oleh semua lapisan masyarakat.

Anda dapat melakukan pendaftaran Mandiri e-cash dengan mengisi beberapa data singkat seperti USSD yang terdiri dari Nama, Kata Rahasia dan PIN. Dan, aplikasi yang terdiri dari Nama, Nomor KTP, Alamat, Tanggal Lahir, Kata Rahasia dan PIN.

Pihak Indomaret berharap adanya kerjasama tersebut mengurangi penggunaan uang tunai dan meningkatkan loyalitas pelanggan Indomaret, serta memberikan akses layanan keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Untuk melihat apakah layanan pengambilan kiriman uang via Western Union dan juga layanan Mandiri e-cash masih dilayani di Indomaret, Anda bisa mengunjungi situs resminya di indomaret.co.id. Cara lainnya yaitu dengan mendatangi lokasi Indomaret terdekat.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Info Lengkap Tarif Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Informasi Terbaru Layanan Western Union & Mandiri E-Cash di Indomaret, Kirim Uang Jadi Praktis dan Menyenangkan"