Update Lokasi, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan Jawa Barat Terbaru

Kehadiran tempat wisata edukatif seperti Kebun Raya ternyata cukup menyedot perhatian . Hal ini terbukti dari seberapa ramai Kebun Raya Bogor dikunjungi luas saat sedang musim liburan. Di Indonesia sendiri sebenarnya ada banyak Kebun Raya yang memiliki potensi wisata tak kalah menakjubkan dari Kebun Raya Bogor, salah satunya adalah Kebun Raya Kuningan. Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan tempat ini karena lokasinya berada di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Kebun Raya Kuningan/Taman Kuningan, Jawa Barat (instagram: @homedesignideas)

Kebun Raya Kuningan/Taman Kuningan, Jawa Barat (instagram: @homedesignideas)

Kebun Raya Kuningan diketahui memiliki peranan sebagai ‘site’s window’ dari Taman Nasional Gunung Ciremai, wisata alam untuk perlindungan, meminimalisir dampak negatif degradasi sumber daya alam, pengembangan produk yang berorientasi pada nilai edukasi, serta membentuk peran aktif masyarakat dalam memberikan nilai tambah terhadap pembangunan ekonomi wilayah.

Dalam perkembangannya, area Kebun Raya Kuningan akan dibagi menjadi beberapa sub-zona, di antaranya area konservasi untuk tumbuhan lokal, buah-buahan, area konservasi untuk tumbuhan koleksi Indonesia, khususnya Jawa, area konservasi untuk tumbuhan koleksi dunia serta taman tematik (Taman Awi dan Taman Tumbuhan Bebatuan).

Nah, jika Anda mulai tertarik dengan konsep dari Kebun Raya Kuningan, Anda tak perlu khawatir dengan aksesibilitas untuk menuju tempat satu ini. Untuk mengakses Kebun Raya Kuningan dari Kota Jakarta, Anda bisa melakukan dengan naik kendaraan pribadi atau naik kereta api ke Kota Cirebon, Jawa Barat, dengan lama sekitar 3,5 jam dan langsung menuju Kebun Raya Kuningan yang berjarak sekitar 1 jam dari Palimanan. Kebun Raya Kuningan berada di segitiga pusat pertumbuhan Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten/Kota Kuningan itu sendiri.

Bagi Anda yang naik kendaraan pribadi, lebih baik ambil jalur arah Sumber Plangon, nanti akan ada pertigaan, Anda bisa mengambil jalur lurus saja. Kemudian saat menemukan Tugu Macan berwarna hitam, Anda bisa melihat petunjuk jalan yang mengarahkan Anda ke Kebun Raya Kuningan sejauh 8 km lagi. Anda akan melewati objek wisata Cipaniis, dan lurus saja berkendara hingga menemukan pertigaan. Lanjutkan perjalanan dengan berkendara lurus ke arah Padabeunghar.

Setelah itu Anda akan melalui jalanan menanjak yang dapat dilalui oleh mobil berukuran sedang saja, pasalnya jalanan tersebut cukup sempit dan di sebelah kanannya terdapat jurang. Jika telah melewati jalanan tersebut, Anda akan menemui Bukit Alam Batu Padabeunghar. Lanjutkan perjalanan dengan berkendara lurus saja. Anda tinggal mengikuti papan petunjuk arah ke Kebun Raya Kuningan. Jangan khawatir akan tersesat, sebab sudah banyak rambu dan papan petunjuk yang jelas untuk menuju Kebun Raya Kuningan.

Saat sudah sampai di lokasi, Anda tentu akan terkejut dengan keindahan pemandangan di sekitar Kebun Raya Kuningan. Meski belum sepenuhnya dibuka untuk umum, Anda masih bisa menikmati pemandangan di sekitarnya yang memukau. Kebun Raya Kuningan dibangun di atas lahan seluas sekitar 154 hektare dan hingga kini masih proses perbaikan untuk melengkapi fasilitas toilet dan air bersih, penataan jalan di kawasan, pembangunan fisik di kawasan Kebun Raya Kuningan, dan pengisian tanaman koleksi di berbagai zona kawasan Kebun Raya Kuningan.

Kebun Raya Kuningan - (Sumber: tamankuningkebunrayakuningan.blogspot.com)

Kebun Raya Kuningan - (Sumber: tamankuningkebunrayakuningan.blogspot.com)

Hingga tahun 2014, Kebun Raya Kuningan sudah diisi koleksi aneka jenis tanaman teregistrasi sebanyak 23.000 specimen, dilengkapi dengan pembangunan 2 buah situ, jalan masuk, tempat persemaian, bangunan kantor, dan rumah jaga.

Menurut beberapa sumber yang ada di internet, tiket masuk Kebun Raya Kuningan dipatok Rp 10.000 untuk sepeda motor, sedangkan untuk mobil harga tiket masuknya Rp 20.000. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu. Jam operasional Kebun Raya Kuningan dimulai pukul 08.00 WIB sampai jam 17.00 WIB.

Di Kebun Raya Kuningan Anda bisa menemukan berbagai spot menarik seperti Taman Kuning yang merupakan tanaman berbentuk lingkaran yang ditanami aneka bunga langka. Kemudian ada pula Patung Kuda, Taman Awi Si Eugeug, Taman Tipikal Gunung Ciremai, Situ Lurah, Situ Cibuntu, Air Mancur, Pusat Informasi dan Edukasi bagi Anda yang ingin mendapatkan pengetahuan lebih lengkap mengenai flora di Kebun Raya Kuningan, Pembibitan, Rumah Anggrek, hingga Rock Garden.

Berbeda dari Kebun Raya lainnya, Kebun Raya Kuningan memiliki area bebatuan yang terlihat begitu indah jika dilihat dari kejauhan. Tak heran jika sebelum ditutup dulu para pengunjung biasanya menyempatkan diri untuk sekadar duduk atau berfoto selfie di area berbatuan tersebut atau berfoto di Taman Kuning yang menyajikan flora-flora langka.

Tak hanya sekadar berfoto, Anda bisa merasakan hawa sejuk khas pegunungan karena Kebun Raya Kuningan memiliki beragam jenis koleksi tanaman mulai dari jenis tipikal lokal Kuningan, tipikal Jawa Barat, nasional, dan bahkan ada pula beberapa jenis tanaman tipikal sejumlah negara.

Terdapat juga cottage-cottage dengan rumah panggung, untuk penginapan. Namun, menurut informasi hingga tahun 2018, lagi-lagi sejumlah penginapan tersebut belum beroperasi. Konsep eco design-nya kumpulan bangunan unik tersebut layak dijadikan tempat untuk berswafoto

[Update: Galih]

Baca juga  Update Harga Daging Kambing Tahun 2019
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Lokasi, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk Kebun Raya Kuningan Jawa Barat Terbaru"