Info Terbaru Kode Transfer dan Kode Swift Bank BNI

No comment13970 views

Tidak semua masyarakat memiliki rekening di yang sama. Meski demikian, dengan adanya kemudahan transfer, maka para nasabah pun bisa dengan mudah mengirim maupun menerima lewat berbagai bank yang ada di Indonesia. Fasilitas transfer sendiri dapat dilakukan lewat berbagai cara, seperti mesin , setor tunai di bank, , SMS banking, hingga aplikasi mobile banking yang kini sudah tersedia untuk berbagai OS smartphone seperti iOS dan juga Android.

Mentransfer ke rekening dengan bank yang sama dengan milik Anda tentunya sangat mudah. Siapa saja tentu sudah terbiasa dan ahli dalam melakukannya. Sebab, Anda hanya perlu memasukkan nomor rekening yang dituju, kemudian memasukkan nominal uang yang hendak ditransfer. Namun, melakukan transfer uang ke rekening bank lain tentu saja berbeda lagi urusannya. Bagi sebagian orang yang masih belum terbiasa, tentu akan mengalami cukup kendala ketika hendak transfer ke beda bank. Apalagi sistem bank di dunia ini menerapkan kode bank untuk melakukan transfer ke bank yang saling berlainan.

Kode Transfer dan Kode Swift Bank BNI - www.moneysmart.id

Kode Transfer dan Kode Swift Bank - www.moneysmart.id

Sebenarnya, di mesin ATM sudah disediakan kode bank yang dapat Anda akses dengan mudah ketika menggunakannya. Namun biasanya, ketika menggunakan internet banking atau mobile banking, Anda tidak akan diberi petunjuk seputar kode bank yang hendak dituju. Oleh sebab itu, hal ini tentunya bisa sangat merepotkan, apalagi jika Anda sedang diburu waktu dan harus segera mentransfer sejumlah uang sebelum kas tutup.

Kode Transfer Bank BNI

Bagi Anda yang memiliki rekening seperti BCA, BRI, Mandiri, atau bank-bank lainnya, yang hendak mentransfer dana ke Bank BNI, Anda bisa memasukkan kode transfer Bank BNI, yaitu 009. Cara melakukan transfer dana ke bank yang berbeda melalui ATM tidaklah sulit. Anda hanya perlu menambahkan kode bank tujuan (misalnya BNI, yaitu 009) di depan nomor rekening bank tujuan (BNI).

Misalkan, Anda ingin melakukan transfer uang ke rekening BNI dengan nomor 0189322383, maka Anda hanya perlu menambahkan digit 009 di depannya, menjadi 0090189322383. Hal ini juga berlaku pula apabila Anda akan melakukan transfer ke rekening bank lainnya. Anda dapat memasukkan kode bank pada saat layar ATM memberikan perintah untuk memasukkan nomor rekening tujuan. Apabila Anda tidak mengetahui kode bank tujuan, dapat memilih menu ‘daftar kode bank’ pada layar ATM.

Kode Swift Bank BNI

Selain kode bank untuk transfer antar-bank dalam negeri, ada pula kode lain yang dinamakan Swift Code. Swift Code ini merupakan standar format dari Bank Identifier Codes (BIC) yang berisi kode unik untuk bank-bank tertentu. Kode tersebut biasanya digunakan untuk transfer uang antar-bank, terutama untuk transfer secara internasional.

Awalnya, kode Swift ini tercipta guna menyiasati kerumitan yang terjadi di dalam pertukaran informasi perbankan di seluruh dunia. Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication atau yang lazim disingkat dengan SWIFT, merupakan sebuah asosiasi yang menghubungkan lebih dari 9.000 lembaga sekuritas dan juga nasabah korporasi yang tersebar di 209 negara di dunia.

Swift akan menjadi sebuah penghubungan antara dua atau lebih bank yang memiliki kepentingan transaksi keuangan, seperti kegiatan transfer antar-negara. Dalam hal ini, Swift akan bertindak sebagai pembawa pesan dan juga berbagai informasi lainnya yang akan dibutuhkan dalam transaksi keuangan tersebut, dan berbagai informasi dan data tersebut akan dijamin keamanan dan juga kerahasiaannya oleh Swift.

Khusus untuk Bank BNI, Swift Code yang dimiliki bank tersebut adalah BNINIDJA. Empat huruf (BNIN) menunjukkan kode bank BNI. Kemudian, 2 (dua) huruf berikutnya (ID) menunjukkan kode negara Indonesia. Lalu, yang terakhir JA menunjukkan kode lokasi. Kemudian, Anda perlu menambahkan kode pada 3 karakter terakhir. Misalkan saja, untuk BNI Jakarta Menteng, maka kode Swift berubah menjadi BNININDJAMTG.

Kode Swift BNI Cabang Jakarta

Cabang BNIKode Swift
Kantor PusatBNINIDJA
Bandara Soekarno-HattaBNINIDJABSH
Daan MogotBNINIDJADMG
Dukuh Bawah LandmarkBNINIDJADKB
FatmawatiBNINIDJAFMI
GambirBNINIDJAGBR
Gunung SahariBNINIDJAGNS
HarmoniBNINIDJAHMN
Jakarta KotaBNINIDJAJKT
Jakarta PusatBNINIDJAJPU
Rasuna SaidBNINIDJAJRS
JatinegaraBNINIDJAJNG
Kebayoran BaruBNINIDJAKBY
KrekotBNINIDJAKRK
Mangga DuaBNINIDJAMDA
MatramanBNINIDJAMTR
Medan Merdeka TimurBNINIDJAMDT
MentengBNINIDJAMTG
Merdeka SelatanBNINIDJAMDS
MH ThamrinBNINIDJAMHT
Pasar BaruBNINIDJAPBU
Pasar KojaBNINIDJAPKJ
Pasar MayestikBNINIDJAPMK
Pasar MingguBNINIDJAPSM
PecenonganBNINIDJAPCG
PetojoBNINIDJAPTJ
Pondok Indah MallBNINIDJAPIM
Ratu PlazaBNINIDJARPZ
RawamangunBNINIDJARWM
Roa MalakaBNINIDJARMA
SemanggiBNINIDJASGI
SenayanBNINIDJASNY
SenenBNINIDJASNN
Tanah AbangBNINIDJATAB
Tanjung PriokBNINIDJATPR
TebetBNINIDJATEB
UI DepokBNINIDJAUID
Wisata Empat NamBNINIDJAWEN
Wisma Argo ManunggalBNINIDJAWAM

Untuk mengetahui daftar swift code dari cabang BNI lainnya, Anda dapat langsung melihat melalui web di www.theswiftcodes.com/indonesia.

(Panca)

Baca juga  Info Syarat & Cara Buka Rekening Tabungan BRI Online
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Kode Transfer dan Kode Swift Bank BNI"