Info Terbaru Harga Burung Selendang Biru (Jantan, Anakan, Gacor)

Bagi Anda yang memiliki hobi memelihara khususnya , pasti Anda tidak akan bosan jika membahas segala informasi mengenai . Apalagi jika Anda seorang mania, pastinya Anda akan selalu mencari info mengenai , entah itu harga , vitamin , atau bahkan cara merawat . Nah, salah satu jenis yang disukai oleh banyak kicau mania adalah selendang .

Burung selendang biru dewasa (instagram: @gonsider)

Karakteristik Burung Selendang Biru

Burung sikatan memiliki banyak jenis, dan salah satu dari jenis burung sikatan adalah burung tledekan. Burung tledekan ternyata juga memiliki banyak jenis dan salah satunya yaitu burung tledekan biru atau banyak yang menjulukinya dengan burung selendang biru. Burung selendang biru memiliki tubuh medium sekitar 16 cm. Kemudian, juga mempunyai warna dominan biru muda (jantan) dan kecoklatan untuk yang betina.

Untuk jenis burung yang jantan, punya perut putih keabuan serta penutup ekor bawah warna putih. Sementara, pada burung betina, tubuh bagian atas coklat abu dan juga lingkar mata berwarna kuning kecokelatan. Burung selendang biru mempunyai suara yang bagus dengan ciri khas kicau dari burung tledekan laut, antara lain nyanyian manis, nyaring, menurun, lalu akan naik lagi. Tak hanya itu, kadang terdengar suara parau dari kerongkongannya.

Walaupun burung selendang biru ini tidak sepopuler seperti burung yang masih satu keluarga dengannya, yaitu tledekan gunung atau (anis binbin) yang merupakan raja tledekan, tetapi burung ini semakin digemari dan juga dicari boleh beberapa kelompok pecinta burung kicauan. Seperti halnya pada burung sikatan lainnya, ciri khas yang sudah menjadi daya tarik burung selendang biru yaitu suara sulingannya. Tak heran, terkadang burung tledekan dijuluki dengan sebutan burung sulingan.

Tak hanya dari segi suaranya yang mengalun merdu seperti halnya suara suling yang mendayu-dayu, burung selendang biru juga dapat menirukan suara dari jenis burung lain. Selendang biru pun memiliki warna bulu yang indah dan juga menarik perhatian ketika melihatnya. Warna biru muda yang ada di bagian bulunya menjadi indah dengan campuran warna putih keabu-abuan.

Untuk daerah persebaran burung selendang biru, yakni meliputi Pulau Jawa, Sumatra, dan juga Kalimantan. Mereka hidup dengan cara berkelompok menempati hutan primer dan hutan sekunder. Burung selendang biru juga kerap bertempat di wilayah yang dekat dengan sumber air. Sarangnya terbuat dari rumput serta dedaunan kering dan pada umumnya tidak terlalu tinggi, akan tetapi tersembunyi.

Burung selendang biru liar (sumber: jalaksuren.net)

Burung selendang biru liar (sumber: jalaksuren.net)

Makanan Burung Selendang Biru

Pada habitat liarnya, burung selendang biru akan memakan serangga kecil dan juga larva yang akan dijadikan sebagai pakan hariannya. Burung ini juga memakan buah-buahan yang ukurannya kecil serta memiliki tekstur lembut. Berbeda dengan yang telah dipelihara di dalam sangkar. Supaya semakin memudahkan pemiliknya saat merawat serta memberi pakan, burung selendang biru lebih baik diberi pakan voer seperti halnya kebanyakan burung lainnya.

Jika burung selendang biru (tledekan biru) sudah mau makan voer, serangga kecil yang dapat diberikan seperti jangkrik kecil, ulat hongkong, dan kroto. Makanan itu diberikan sebagai makanan tambahan atau istilahnya extra fooding (EF). Buah-buahan yang sering diberikan sobat kicau berupa pisang, pepaya, apel, dan sebagainya.

Cara Merawat Burung Selendang Biru

Merawat burung selendang biru pastinya tidak dengan cara yang asal-asalan. Namun, cara merawat burung selendang biru terbilang mudah. Bila burung selendang biru dirawat dengan baik dan benar, maka burung tersebut akan lebih sehat dan rajin berkicau. Jenis burung ini termasuk burung petarung, dengan demikian diperlukan yang jitu agar tarungnya semakin mantap. Cara merawat burung selendang biru tidak berbeda jauh dengan burung tledekan serta burung gelatik batu. Berikut ini cara merawat burung selendang biru agar bisa rajin bersuara.

Memandikan burung. Yang pertama yaitu harus bisa membedakan jenis kelamin burung, sebab pada umumnya yang rajin berkicau yaitu yang jenis kelamin jantan. Kemudian, burung dimandikan setiap pagi dengan cara disemprot dengan memakai spray. Jika memungkinkan, disediakan cepuk supaya burung lebih leluasa mandinya. 

Penjemuran. Lakukan penjemuran kurang lebih dalam waktu 1-2 jam apabila matahari benar-benar cerah. Burung bisa dijemur lama apabila kondisi matahari tampak tidak begitu cerah. Sesudah selesai dijemur, Anda bisa mengangin-anginkan burung di teras atau ditempat yang teduh. 

Memberikan makanan. Siapkan makanan yang cukup seperti voer yang berkualitas apabila telah makan voer. Berilah makanan tambahan seperti jangkrik ukuran kecil di setiap pagi dan sore. Masing-masing sebanyak 2 sampai 3 ekor. Bisa pula diberi ulat hongkong dan juga berikan kroto cukup 2 hari sekali 1 sendok teh saja. Bisa juga 2 kali dalam 1 minggu.

Yang tidak kalah penting adalah buatlah suasana di sekitar rumah ramah terhadap burung. Hindarkan sarang burung dari seperti tikus, kucing, anjing dan lainnya, karena akan berpengaruh pada fisik dan psikis si burung dan secara tidak langsung akan memengaruhi seni dan suara ocehan burung.

burung, selendang biru, jenis, usia, harga, budget, kualitas, hobi, cara, memelihara, kicau mania, sikatan, tledekan, habitat, daerah, persebaran, merawat, suara, karakteristik, warna, makanan, pakan, ukuran, tubuh, jantan, betina

burung selendang biru (instagram: @mnumanuddin)

Harga Burung Selendang Biru

Jenis Selendang BiruHarga
Selendang Biru Dewa Sahutan 3 BulanRp35.000 per ekor
Selendang Biru Trotolan 2 BulanRp100.000 per ekor
Selendang Biru Ngeriwik 1 BulanRp200.000 per ekor
Selendang Biru Gacor 4 BulanRp250.000 – Rp300.000 per ekor
Selendang Biru Mungil 5 BulanRp300.000 per ekor
Selendang Biru 3 BulanRp300.000 per ekor
Selendang Biru Prestasi Rp500.000 – Rp1.000.000 per ekor

Harga burung selendang biru di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Harga burung selendang biru memang sangat beragam, disesuaikan dengan jenis dan usianya. Harga burung pun bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung permintaan. Namun, jika Anda ingin membeli burung selendang biru, Anda bisa siapkan budget sekitar Rp400 ribuan dan Anda sudah bisa mendapatkan selendang biru dengan kualitas yang cukup bagus.

Baca juga  Update Harga Kuda Tunggangan di Indonesia
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Info Terbaru Harga Burung Selendang Biru (Jantan, Anakan, Gacor)"