Kandungan & Harga Terbaru Obat Mycoral

No comment4828 views

Anda sudah pernah mendengar seperti histoplasmosis, blastomikosis, atau kandidiasis sistemik? -penyakit tersebut disebabkan jamur. Sebut saja histoplasmosis, yang adalah penyakit infeksi jamur pada paru-paru yang disebabkan menghirup spora jamur Histoplasma capsulatum. Spora jamur ini bisa ditemukan di tanah atau pada kotoran burung dan kelelawar, dan paling sering ditularkan melalui udara.

Sebagian besar kasus histoplasmosis tidak memerlukan perawatan. Meski demikian, orang dengan daya tahan tubuh rendah dapat mengalami masalah serius, karena penyakit ini bisa berkembang dan menyebar ke bagian tubuh yang lain.

harga, mycoral, kandungan, ketoconazole, obat, oral, krim, kemasan, anjuran, dokter, infeksi, antijamur, 200mg, dewasa, anak-anak, berat, badan, hamil, menyusui, jamur, reaksi, alergi, apotik, di

Ilustrasi: dokter memeriksa kondisi paru-paru dari hasil rontgen

Ada lagi blastomikosis atau disebut juga penyakit gilchrist, yaitu infeksi yang disebabkan oleh blastomyces dermatitidis. Blastomikosis terutama menyerang paru-paru, tetapi kadang menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Penyakit ini dibawa oleh jamur blastomyces dermatitidis dan spora dari jamur blastomyces dermatitidis. Spora itu masuk ke dalam tubuh manusia melalui sistem pernapasan karena terhirup pada saat proses pernapasan masuk melalui udara yang terhirup.

Apa Itu Mycoral & Berapa Harga Jualnya?

Untungnya, penyakit di atas bisa diatasi dengan obat seperti Mycoral. Obat tersebut mengandung ketoconazole 200 mg. Harga jual obat itu sekitar Rp4.536 hingga Rp 5.494 per tablet, tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya dan bisa Anda beli di apotek terdekat.. Meskipun bisa dibeli di apotek, namun harus dengan dokter. Hal itu mungkin karena tergolong obat hipersensitif, sehingga tidak bisa sembarangan dikonsumsi.

Mycoral

Obat antijamur itu bisa dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak. Obat Mycoral tablet sebaiknya diminum dengan dosis 200 mg per hari. Dosis ini bisa ditingkatkan oleh dokter hingga 400 mg apabila dibutuhkan. Khusus untuk anak-anak, takaran ketoconazole oral akan disesuaikan dengan pasien.

Anda juga bisa mengikuti dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa yaitu 1 tablet. Pada infeksi berat atau tidak memberi respons yang adekuat, sebanyak 2 tablet. Anak di atas usia 2 tahun bisa konsumsi 3,3-6,6 mg/kg berat badan per hari. Apabila berat badan anak ada di kisaran 0-15 kg, maka dosisnya 50 mg, 15-30 kg sebanyak 100 mg, dan untuk berat lebih dari 30 kg, bisa konsumsi 200 mg. Seluruh dosis diberikan 1 kali sehari sesudah makan.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya selama mengonsumsi ketoconazole oral. Usahakan untuk meminumnya pada jam yang sama setiap harinya guna memaksimalkan efek obat. Bagi pasien yang lupa mengonsumsi ketoconazole oral, disarankan segera melakukannya jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya tidak terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Mycoral

Mycoral apabila dikonsumsi mungkin memiliki efek samping seperti mual, muntah, nyeri abdomen, pruritus, sakit kepala, pusing, mengantuk, diare, konstipasi, demam, menggigil, fotofobia, parestesia, perdarahan gusi, trombositopenia, hepatotoksik, dan efek endokrin (ginekomastia). Namun, mungkin efek samping ini tidak terjadi pada setiap orang yang mengonsumsinya.

harga, mycoral, kandungan, ketoconazole, obat, oral, krim, kemasan, anjuran, dokter, infeksi, antijamur, 200mg, dewasa, anak-anak, berat, badan, hamil, menyusui, jamur, reaksi, alergi, apotik, di

Ilustrasi: mengonsumsi obat (sumber: medium.com)

Kandungan Ketoconazole dalam Mycoral

Dalam obat Mycoral, terdapat kandungan ketoconazole. Kandungan itu memang umum ditemukan di obat-obat antijamur. Ketoconazole adalah obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit. Misalnya kurap pada kaki, badan, atau lipat paha, panu, dermatitis seboroik, serta ketombe. Obat antijamur ini mampu membunuh jamur penyebab infeksi, sekaligus mencegahnya tumbuh kembali.

Kandungan itu ada di dalam berbagai merek dagang obat antara lain Formyco, Formico Cream, Nizol, Nizoral Cream, Nizoral-SS, Solinfec, Solinfec Cream, okasid, Tokasid Cream, Zoloral Cream, Zoloral-SS. Selain pada obat,kandungan itu juga bisa ditemukan pada produk sampo.

Kandungan ketoconazole memang bisa dikonsumsi, baik oleh orang dewasa maupun anak-anak, apabila sesuai anjuran dokter atau apoteker. Namun, tidak bagi yang sedang menyusui. Untuk yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang mengandung, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi.

Selain wanita hamil, berencana hamil, dan ibu menyusui, penggunaan obat dengan kandungan ketoconazole juga perlu diperhatikan bagi beberapa orang yang mungkin alergi dengan kandungan obat tertentu. Penting bagi pasien untuk menggunakan obat dengan kandungan ketoconazole sesuai jangka waktu yang disarankan oleh dokter guna memastikan jamur penyebab infeksi musnah seluruhnya, serta mencegahnya tumbuh kembali.

Selain tablet, obat dengan kandungan ketoconazole juga tersedia dalam bentuk obat oles, yang hanya boleh digunakan sebagai obat luar. Jangan mengoleskannya pada kulit yang luka, tergores, atau terbakar. Diharapkan berhati-hati jika menderita detak jantung yang tidak teratur (aritmia), alergi terhadap obat antijamur lain, gangguan hati, kadar testosteron yang rendah, gangguan kelenjar adrenal, serta asam lambung yang rendah.

Sebaiknya, hindari konsumsi minuman keras selama menggunakan ketoconazole oral karena dapat meningkatkan risiko gangguan hati. Selama menggunakan ketoconazole, Anda juga sebaiknya memberitahu dokter tentang kondisi atau riwayat kesehatan sebelum menjalani medis apapun. Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

harga, mycoral, kandungan, ketoconazole, obat, oral, krim, kemasan, anjuran, dokter, infeksi, antijamur, 200mg, dewasa, anak-anak, berat, badan, hamil, menyusui, jamur, reaksi, alergi, apotik, di

obat Mycoral tablet (sumber: kalbemed.com)

Lalu, untuk dosis, sebenarnya sudah dibahas, hanya saja itu untuk obat dengan bentuk tablet. Sementara, untuk krim dan sampo ketoconazole, yang disarankan adalah dengan kandungan 2%. Krim ketoconazole umumnya dioleskan sebanyak 1-2 kali sehari pada bagian yang terinfeksi dan sampo ketoconazole dapat digunakan sebanyak 1 kali sehari selama maksimal 5 hari.

Sebaiknya gunakan obat dengan kandungan ketoconazole sesuai anjuran dokter dan jangan lupa untuk membaca keterangan pada kemasan. Jangan berhenti menggunakan obat sebelum jangka waktu yang ditentukan oleh dokter. Walau infeksi terlihat sudah sembuh, jamur tetap berpotensi tumbuh kembali.

[Almasshabur]

Baca juga  Info Cara Pakai & Harga Dulcolax Suppositoria
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Kandungan & Harga Terbaru Obat Mycoral"