Jenis dan Harga Visa Korea

No comment282 views

Seiring dengan popularitas K-pop, banyak warga Indonesia yang ingin berkunjung ke Korea Selatan, terutama kaum muda. Nah, apabila Anda juga berencana liburan ke Negeri Ginseng, salah satu persyaratan yang wajib Anda miliki adalah visa. Dapat diajukan melalui Korea Visa Application Center (KVAC) yang berlokasi di Jakarta, harga yang harus dibayarkan bervariasi, tergantung tipe visa yang hendak dipakai.

Ilustrasi: visa Korea Selatan (sumber: pinterest)

Ilustrasi: visa Korea Selatan (sumber: pinterest)

Sejak pertengahan 2000-an silam, Korea mulai melanda Indonesia. Berawal dari serial televisi, atau sering disebut drama Korea (drakor), publik Tanah Air juga menggemari musik Korea melalui grup K-pop, kuliner, hingga pakaian khas negara tersebut. Budaya Korea yang berkembang begitu pesat ini, dan diterima publik, akhirnya melahirkan fenomena yang lazim disebut Korean Wave atau Hallyu.[1]

Meski baru booming akhir-akhir ini, istilah Hallyu sendiri sebenarnya mulai diperkenalkan pada dekade 1990-an, yang kala itu digunakan pertama kali oleh Beijing Youth Daily, sebuah media Tiongkok yang memberitakan kesuksesan yang diraih grup K-Pop dalam konser di Beijing pada November 1999.[2] Sejak saat itu, sebutan Hallyu kemudian digunakan untuk menggambarkan popularitas kebudayaan Negeri Ginseng di luar negeri.

Karena penggemar Korea di dalam negeri sangat banyak, akhirnya tidak sedikit yang berkeinginan untuk pergi langsung ke negara tersebut. Nah, apabila Anda juga berencana demikian, ada sejumlah persyaratan yang wajib Anda penuhi, salah satunya visa. Lalu, apa saja syarat mengurus visa ke Korea dan berapa biaya yang perlu dibayarkan?

Baca juga  Info Terkini Harga Cetak Foto Fujifilm (Berbagai Ukuran)

Syarat Pengajuan Visa Korea

  • Paspor asli dan masih berlaku.
  • Fotokopi paspor (berupa stempel negara yang pernah dikunjungi dan identitas diri).
  • Fotokopi KTP, Akta Lahir, dan Kartu Keluarga.
  • Fotokopi Surat Nikah (jika sudah menikah).
  • Surat keterangan kerja dari perusahaan (dalam bahasa inggris).
  • Surat rekomendasi kampus atau untuk pelajar (dalam bahasa Inggris).
  • Dua lembar pas foto 4 x 6 background putih.
  • Rekening koran asli selama 3 bulan terakhir (cap/legalisir bank).
  • Surat referensi bank.
  • Bukti pemotongan pajak SPT PPh 21.
  • Isi formulir pendaftaran visa yang dapat diunduh di situs resmi KVAC.

Persyaratan Tambahan Visa Korea

Ilustrasi: prosedur pengajuan visa Korea (sumber: traveloka)

Ilustrasi: prosedur pengajuan visa Korea (sumber: traveloka)

  • Untuk yang bepergian sendiri, harus menyertakan surat izin suami yang ditandatangani di atas materai 6000 beserta fotokopi KTP suami dan bukti rekening koran suami.
  • Bagi anak yang bepergian tanpa orang tua, harus menyertakan surat izin orang tua yang ditandatangani diatas materai 6000 beserta fotokopi KTP kedua orang tua dan bukti rekening koran orang tua.
  • Bagi pemohon yang ingin melakukan perjalanan bisnis, harus menyertakan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan.
  • Bagi seseorang yang bekerja atau tinggal di luar negeri, sertakan surat sponsor dan slip gaji yang sudah di-cap oleh Kedubes Indonesia di negara tersebut.
  • Untuk pemohon yang memiliki nama berbeda di KK dan KTP, harus melampirkan surat PM1 dari Kelurahan, yang bertujuan untuk memastikan bahwa nama di KK dan KTP adalah orang yang sama.
Baca juga  Info Cara Memesan dan Tarif GrabExpress Terbaru

Harga Visa Korea

Jenis Visa KoreaBiaya VisaBiaya Administrasi KVAC
Single Visa (kurang dari 90 hari)Rp584.000Rp196.000
Single Visa (lebih dari 91 hari)Rp876.000Rp196.000
Double VisaRp1.022.000Rp196.000
Multiple VisaRp1.314.000Rp196.000
Grup VisaRp219.000Rp120.000
  • Single Visa kurang dari 90 hari ditujukan untuk wisata, bisnis atau meeting, menghadiri acara, seminar atau workshop, menghadiri , atau mengunjungi kerabat.
  • Single visa lebih dari 91 hari ditujukan untuk pekerja, belajar di luar negeri, mendampingi kerabat, dan lain-lain.
  • Double Visa ditujukan untuk dua kunjungan dalam 6 bulan (masa tinggal kurang dari 90 hari).
  • Multiple Visa mencakup 5 tahun bebas kunjungan ke Korea (masa tinggal 30 hari) atau 10 tahun bebas kunjungan ke Korea (masa tinggal 90 hari).
  • Grup Visa dapat diajukan oleh grup wisatawan berjumlah minimal 5 orang dan maksimal 50 orang dengan jadwal keberangkatan dan kepulangan yang sama (Pendaftaran Grup Visa hanya dapat diajukan oleh travel agent yang terdaftar di Kedutaan Republik Korea di Indonesia).
  • Selain biaya aplikasi visa, pemohon dapat membayar biaya tambahan untuk menggunakan tambahan seperti cetak foto, fotokopi dan percetakan, kurir, dan lain-lain.
Baca juga  Info Terkini Biaya Ganti Warna Motor di STNK

Pengajuan visa dapat dilakukan langsung di Kantor KVAC di Lotte Shopping Avenue Ciputra World 1 Unit 5F-05A Lantai 5, Jalan Prof. Dr. Satrio No. 1, RT 18 RW 4, Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. Jam operasional pada hari kerja Senin hingga Jumat mulai pukul 11.00 hingga 15.00 WIB. Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi nomor telepon (021) 3950 4000, nomor WhatsApp +62811 121 4001, atau email di alamat [email protected]

[1] Simbar, Frulyndese K. 2016. Fenomena Konsumsi Budaya Korea pada Anak Muda di Kota Manado. Jurnal Holistik, Tahun X(18): 1-20.

[2] Eun, Seok Lee. 2000. A Study of the Popular Korean Wave in . K.A.L.F (Literature and Films) Fall/Winter, hlm. 33.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Jenis dan Harga Visa Korea"