Jadwal dan Tarif Penyeberangan Bali-Lombok Terbaru

No comment7074 views

Bagi mereka yang punya anggaran berlebih, setelah berwisata di Bali, tidak ada salahnya untuk melanjutkan liburan ke . Untuk menuju pulau ini, salah satu akses yang bisa dilewati adalah menggunakan jalur laut menumpang kapal ferry. Menghubungkan Pelabuhan Padang Bai dengan Pelabuhan Lembar, tarif penyeberangan saat ini mulai Rp29.000 untuk penumpang tanpa kendaraan hingga Rp6,8 jutaan untuk kendaraan bermotor ukuran besar.

Kapal angkutan penyeberangan Bali - Lombok (sumber: kepoisasi.com)

Kapal angkutan penyeberangan Bali - Lombok (sumber: kepoisasi.com)

Dilansir dari Kompas, penyeberangan dari Bali menuju Lombok menghubungkan Pelabuhan Padang Bai dengan Pelabuhan Lembar. Jarak kedua pelabuhan tersebut sekitar 38 mil laut, melewati Selat Lombok, dengan durasi sekitar 4-6 jam, atau lebih lama dibandingkan penyeberangan dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni dan dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk.

Bagi yang masih asing, Pelabuhan Padang Bai (sering juga ditulis Padangbai) merupakan pelabuhan yang berlokasi di Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, di sisi timur Pulau Bali. Ini adalah pelabuhan feri untuk melakukan pelayaran menuju Pulau Lombok, Nusa Penida, Kepulauan Gili, serta pulau-pulau lainnya di Nusa Tenggara Barat.

Saat ini, Pelabuhan Padang Bai memiliki dua dermaga sehingga hanya mampu memberangkatkan dua kapal dalam sekali perjalanan. Karena itu, di pelabuhan tersebut sering terlihat penumpukan penumpang yang ingin berwisata ke Pulau Lombok. Pelabuhan Padang Bai sendiri bisa melayani hingga 31 trip dalam sehari, tidak hanya menuju Lombok, melainkan juga ke Nusa Penida dan penerimaan kapal pengangkut LPG.

Sementara itu, Pelabuhan Lembar bisa dikatakan sebagai pelabuhan tertua di Nusantara. Menurut Tempo, pelabuhan ini sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda sebagai tempat bongkar dan muat perahu-perahu layar dan tempat berlindung kapal-kapal saat musim barat. Pada mulanya, Pelabuhan Lembar ini terletak di Ampenan, Kota Mataram.

Masih menurut sumber yang sama, Pelabuhan Lembar di Lombok Barat ini merupakan salah satu pintu masuk ke Lombok melalui jalur laut, selain Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur. Pelabuhan ini tepatnya terletak di Desa Labuan Tereng, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, sekitar 20 kilometer dari Kota Mataram.

Pelabuhan Lembar saat ini melayani penyeberangan kapal penumpang (kapal feri) dan kapal barang dari wilayah barat dan utara Lombok, seperti Bali dan Makassar. Pelabuhan ini memiliki tiga dermaga, yaitu dua dermaga kapal penumpang dan satu dermaga kapal barang. Pelabuhan ini sudah dilengkapi dengan loket 24 jam, musala, dan ruang tunggu yang luas untuk kendaraan yang akan menyeberang.

Di samping itu, Pelabuhan Lembar ternyata juga menyediakan penyeberangan dari Lombok menuju Surabaya (Pelabuhan Tanjung Perak). Untuk menuju ibukota Provinsi Jawa Timur tersebut, diperlukan waktu sekitar 21 jam melalui laut. Durasi ini lebih singkat dibandingkan Anda menggunakan jalur darat via Pulau Bali yang bisa memakan waktu hampir 48 jam.

Tarif Penyeberangan Bali-Lombok

Penyeberangan Bali-Lombok - balitribune.co.id

Penyeberangan Bali-Lombok - balitribune.co.id

Golongan Penumpang/KendaraanTarif Penyeberangan (Rp)
Orang Dewasa46.000
Anak-Anak29.000
Golongan I – Sepeda62.000
Golongan II – Sepeda Motor (< 500cc)129.000
Golongan III – Sepeda Motor (>= 500cc)250.000
Golongan IVA – /Sedan (<= 5 m)917.000
Golongan IVB – Mobil Barang (<= 5 m)827.000
Golongan VA – Bus Sedang (<= 7 m)1.780.000
Golongan VB – Sedang (<= 7 m)1.460.000
Golongan VIA – Bus Besar (<= 10 m)3.010.000
Golongan VIB – Truk Besar (<= 10 m)2.398.000
Golongan VII – Truk Trailer (<= 12 m)3.060.000
Golongan VIII – Truk Trailer (<= 16 m)4.538.000
Golongan IX – Truk Trailer (> 16 m)6.830.000

Tarif penyeberangan Bali-Lombok yang menghubungkan Pelabuhan Padang Bai dengan Pelabuhan Lembar di atas kami rangkum dari situs resmi PT ASDP Ferry. Jadwal penyeberangan Bali-Lombok menggunakan kapal feri tersedia setiap hari selama 24 jam. Saat ini pembelian tiket kapal feri ASDP juga sudah bisa dilakukan secara online melalui situs tiket.indonesiaferry.co.id. Bisa juga dibeli dengan kartu uang elektronik dari Brizzi, BNI, e-Money Mandiri, atau BTN di Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

Namun, sebelum memutuskan melakukan perjalanan lewat laut untuk menuju Pulau Lombok dari Bali, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Transportasi bisa menjadi kendala tersendiri ketika Anda traveling ke Pulau Bali, terutama mereka yang tidak membawa kendaraan pribadi. Untuk menuju Pelabuhan Padang Bai, Anda harus cermat mencari kendaraan umum. Kendaraan umum berupa mini bus bisa Anda temukan di Terminal Ubung (Denpasar) dan shuttle bus dari beberapa titik di Pulau Dewata. Harga atau tarif tiket mini bus dari Terminal Ubung ke Pelabuhan Padang Bai sekitar Rp40 ribu sampai Rp60 ribu per orang. Sementara, jika memutuskan menumpang shuttle bus, Anda akan dikenakan tarif Rp60 ribuan per orang apabila berangkat dari Kuta.
  • Kapal feri yang melayani penyeberangan Bali-Lombok memang beroperasi selama 24 jam, dengan keberangkatan sekali setiap satu jam. Namun, kapal feri yang beroperasi tergolong memiliki ukuran tidak terlalu besar, biasanya terdiri dari tiga dek, yaitu untuk parkir kendaraan bermotor di paling bawah, dek untuk penumpang satu lantai di atasnya, kemudian ruangan nakhoda dan dek luar di lantai paling atas. Fasilitas yang disediakan meliputi tempat duduk indoor plus TV, tempat duduk outdoor, kamar mandi, musala, serta warung atau kantin.
  • Layaknya perjalanan menggunakan kapal laut, Anda pun harus mewaspadai ombak ketika menyeberang dari Bali menuju Lombok. Ombak di Selat Lombok seringkali besar, sehingga ada baiknya Anda menyediakan obat anti-mabuk untuk berjaga-jaga, selain mengisi perut sebelum kapal berangkat.

Setelah Anda tiba di Pelabuhan Lembar, sudah tersedia beragam angkutan umum yang bakal mengantarkan Anda menuju Terminal Mandalika di Mataram. Harga tiket angkutan umum ini berkisar Rp15 ribu sampai Rp20 ribu per orang. Jika ingin melanjutkan ke Senggigi, perlu menuju ke Terminal Ampenan terlebih dahulu dengan tarif Rp5.000 per orang.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Info Terbaru Biaya Kirim Uang ke Malaysia via Western Union & Moneygram
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Jadwal dan Tarif Penyeberangan Bali-Lombok Terbaru"