Update Harga Amplifier TOA di Pasaran

Amplifier atau disebut dengan penguat merupakan komponen elektronik yang kerap digunakan sebagai penguat daya (atau tenaga secara umum). Anda bisa menggunakannya untuk penguat sinyal suara sejumlah speaker. Ada banyak merk amplifier yang dapat dipilih, termasuk TOA, dan sekarang sudah dapat dibeli di berbagai elektronik atau platform jual beli online dengan harga sesuai tipenya.

Amplifier TOA (sumber: reverb.com)
Amplifier TOA (sumber: reverb.com)

Di dalam audio, amplifier akan mampu menguatkan sinyal suara berbentuk analog dari sumber suara, yakni memperkuat sinyal arus dan tegangan listrik berbentuk sinyal AC dari input menjadi arus listrik AC dan tegangan lebih besar di bagian output. Secara garis besar, terdapat 3 bagian utama yang sangat penting dalam sebuah amplifier. Bagian-bagian tersebut adalah preamp, tone control, dan power amplifier.

Bacaan Lainnya

Pre amp adalah bagian amplifier yang memiliki fungsi menguatkan serta menyamakan sinyal input dan mengarahkannya dari komponen sumber sinyal atau sinyal line level menuju ke power amplifier. Sinyal-sinyal dari input seperti MP3 player, DVD, dan alat lainnya memiliki sifat yang berbeda-beda. Karena itu, pre amp harus mengadaptasinya.

Tone control merupakan bagian dari amplifier yang memiliki fungsi untuk melakukan pengaturan karakteristik frekuensi atau bisa dibilang nada rendah dan nada tinggi. Bagian ini juga berguna untuk mengatur amplitudo sinyal audio. Terdapat dua metode tone control dalam amplifier, yakni metode tone control pasif dan metode tone control aktif. Masing-masing metode pengatur nada tersebut memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Sementara itu, power amplifier atau penguat akhir merupakan inti dari rangkaian power amplifier itu sendiri. Bagian ini memiliki fungsi menguatkan sinyal audio yang akan dikeluarkan melalui gelombang suara pada loudspeaker.

Berdasarkan kelasnya, power amplifier dapat dibedakan menjadi beberapa . Power amplifier kelas A misalnya, dibuat dengan mengatur arus bias yang sesuai di titik tertentu yang ada pada garis bebannya dan titik kerja efektifnya setengah dari tegangan VCC (pin yang harus disambung ke tegangan positif) penguat.[1] Sementara itu, power amplifier kelas B adalah penguat yang bekerja berdasarkan tegangan bias dari sinyal input yang masuk. Power amplifier kelas C, sementara itu, sebenarnya mirip kelas B, tetapi hanya perlu satu transistor untuk bekerja normal.

Ada banyak keuntungan yang akan Anda peroleh ketika menggunakan power amplifier dalam sistem audio. Perangkat tersebut memiliki sifat menguatkan tegangan puncak amplitudo dari sinyal masukan, dapat menghasilkan penguatan tegangan antara sinyal masukan dan keluaran, memiliki impedansi input yang relatif tinggi sehingga sesuai untuk penguat sinyal kecil, adanya isolasi yang tinggi dari output hingga input sehingga meminimalkan efek umpan balik, punya sinyal output sefasa dengan sinyal, memiliki penguatan arus yang tinggi, serta dapat menghasilkan suara yang bagus.

Hingga saat ini, telah ditemukan sejumlah merk dari beberapa produsen amplifier di pasaran, seperti TOA. Amplifier TOA merupakan merk yang cukup populer karena kualitasnya yang baik untuk menghasilkan hasil audio yang jernih dan jelas. Amplifier TOA sendiri memiliki berbagai macam seri, salah satunya adalah ZA-2240. Seri ini merupakan mixer amplifier yang berdaya guna tinggi untuk keperluan tata suara atau latar belakang di sekolah, masjid, ataupun model ruangan berukuran besar. Nah, bagi Anda yang membutuhkan informasi harga amplifier TOA di pasaran, berikut adalah daftar harganya.

Harga Amplifier TOA

Amplifier TOA (sumber: trimatrikbd.com)
Amplifier TOA (sumber: trimatrikbd.com)
Tipe Amplifier TOA Harga
TOA Mixer Amplifier ZA-230W Rp885.000 – Rp950.000
TOA Amplifier Pewie ZX-150i Rp1.350.000 – Rp1.815.000
TOA Mixer Amplifier ZA-2060 Rp1.900.700
TOA Portable Wireless Meeting Amplifier ZW-G10CB-AS Rp2.350.000
TOA Mixer Amplifier ZA-2120 Rp2.700.000
TOA Amplifier ZA-2240 Rp3.700.000
TOA Amplifier ZA-2240D-AS Rp3.894.000
TOA Mixer Amplifier ZA-2128MW Rp5.145.000
TOA Portable Sound System ZW-G810CU Rp6.299.000
TOA VM-2240 Rp16.500.000

Harga amplifier merk TOA di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan audio dan situs jual beli online. Harga amplifier keluaran TOA tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu, harga TOA VM-2240 Rp15,75 jutaan, sedangkan harga TOA Mixer Amplifier ZA-2128MW sekitar Rp4 jutaan.

[1] Hidayat, Rahmat. 2013. Penerapan Audio Amplifier Stereo untuk Beban Bersama dan Bergantian dengan Menggunakan Saklar Ganda sebagai Pengatur Beban. Jurnal Elektro Universitas Negeri Semarang, Vol. 5(2): 96-101.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *