Update Harga Amplifier TOA di Pasaran 2017

No comment 4818 views

Amplifier atau disebut dengan penguat merupakan elektronik yang kerap digunakan sebagai penguat daya (atau tenaga secara umum). Di dalam bidang audio, amplifier akan mampu menguatkan sinyal suara berbentuk analog dari sumber suara, yakni memperkuat sinyal arus dan tegangan berbentuk sinyal AC dari input menjadi arus AC dan tegangan lebih besar di bagian output.

Secara garis besar, terdapat 3 bagian utama yang sangat penting dalam sebuah amplifier. Bagian-bagian tersebut adalah pre amp, tone control, dan power amplifier.

Amplifier TOA - (Sumber: toa.jp)

Amplifier TOA - (Sumber: toa.jp)

Pre Amp adalah bagian amplifier yang memiliki fungsi menguatkan serta menyamakan sinyal input dan mengarahkannya dari komponen sumber sinyal atau sinyal line level menuju ke power amplifier. Sinyal-sinyal dari input seperti MP3 player, DVD, dan lainnya memiliki sifat yang berbeda-beda. Oleh karena itu Pre Amp harus mengadaptasinya.

Tone Control merupakan bagian dari amplifier yang memiliki fungsi untuk melakukan pengaturan karakteristik frekuensi atau bisa dibilang nada rendah dan nada tinggi. Bagian ini juga berfungsi mengatur amplitudo sinyal audio. Terdapat dua metode tone control dalam amplifier, yakni metode tone control pasif dan metode tone control aktif.

Masing-masing metode pengatur nada tersebut memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Bagian tone kontrol ini dapat digunakan untuk mengatur Treble, Bass, Midle, Balance, dan Volume agar suara sesuai dengan yang diinginkan.Sementara Power amplifier atau penguat akhir merupakan inti dari rangkaian power amplifier itu sendiri. Bagian ini memiliki fungsi menguatkan sinyal audio yang akan dikeluarkan melalui gelombang suara pada loudspeaker.

Hingga saat ini, telah banyak ditemukan sejumlah merek dari beberapa ampfiler yang tersedia di , seperti contohnya TOA. Amplifier TOA merupakan salah satu merek yang cukup populer karena kualitasnya yang baik untuk menghasilkan hasil audio yang jernih dan jelas.

Amplifier TOA sendiri memiliki berbagai macam seri, salah satunya adalah model ZA-2240. Seri ini merupakan mixer amplifier yang berdaya guna tinggi untuk keperluan  tata suara atau latar belakang musik di sekolah, masjid, ataupun model ruangan berukuran besar. Nah, bagi Anda yang membutuhkan harga amplifier TOA di pasaran, berikut adalah daftar harganya.

Baca juga  Harga Cartridge Printer Canon PIXMA MP287 (Hitam dan Warna)
Tipe Amplifier TOA Harga (Rp)
TOA Amplifier ZA-2240 Rp4.399.000
TOA Amplifier ZA-2240D-AS Rp4.099.000
TOA Mixer Amplifier ZA-230W Rp643.900
TOA Mixer Amplifier ZA-2128MW Rp3.549.900
TOA Mixer Amplifier ZA-2120 Rp2.199.900
TOA Mixer Amplifier ZA-2060 Rp1.849.000
TOA Portable Wireless Meeting Amplifier ZW-G10CB-AS Rp2.547.000
TOA Portable Sound System ZW-G810CU Rp5.432.000

Secara umum, amplifier memiliki beberapa bagian, yakni input, penguat mula, pengatur nada, pengatur akhir, output, dan sumber arus. Bagian input merupakan bagian yang bertugas menyalurkan sinyal suara yang berasal dari tape recorder, microphone, dan lain sebagainya. Sementara, pada bagian penguat mula digunakan untuk memperkuat sinyal input yang masih lemah.

Sementara itu, pengatur nada atau tone control digunakan untuk menyesuaikan frekuensi tertentu sehingga diperoleh nada yang diinginkan. Dan penguat akhir sendiri berfungsi memperkuat sinyal yang telah diolah pada bagian sebelumnya. Karena fungsinya ini, maka penguat bisa dikatakan sebagai bagian utama suatu amplifier.

Amplifier - (Sumber: ebay.co.uk)

Amplifier - (Sumber: ebay.co.uk)

Model amplifier juga tersedia dalam beberapa model, yang paling sering digunakan adalah OTL, BTL, dan OCL. Output Transformer Less (OTL) ini adalah amplifier yang menggunakan elco sebagai pengganti transformer, sedangkan Bridge Transformer Less (BTL) merupakan rangkaian amplifier OCL yang digabungkan dengan metode jembatan. Sementara untuk Output Capacitor Less atau OCL merupakan rangkaian amplifier yang memiliki skema rangkaian dari trasnsistor (IC) penguat final langsung ke speaker output.

Besarnya pengertian amplifier sering di sebut dengan istilah Gain. Nilai dari gain yang dinyatakan sebagai fungsi penguat frekuensi audio, Gain power amplifier antara 200 kali sampai 100 kali dari signal output. Jadi gain merupakan hasil bagi dari daya di bagian output (Pout) dengan daya di bagian input (Pin) dalam bentuk fungsi frekuensi. gain biasanya memakai decible (dB). Pout adalah Power atau daya pada bagian output, dan Pin adalah daya pada bagian inputnya.

Baca juga  Info Lengkap Daftar Harga & Spesifikasi Alat/Mesin Laminating Terbaru 2017

Dalam bagian pengertian amplifier pada penguatannya audio ini terbagi menjadi dua kelompok bagian penting, yaitu bagian penguat signal tegangan (V) yang kebanyakan menggunakan susunan transistor darlington, dan bagian penguat arus susunannya transistor paralel. Masing masing transistor berdaya besar dan menggunakan sirip pendingin untuk membuang panas ke udara, sehingga pada saat ini banyak yang menggunakan transistor simetris komplementer.

Power amplifier rakitan berfungsi sebagai penguat akhir dan preamplifier menuju ke drive speaker. Pengertian amplifier pada umumnya terbagi menjadi 2, yaitu power amplifier dan integrated amplifier. Power Amplifier adalah penguat akhir yang tidak sertai dengan tone control (volume, bass, treble), sebaliknya integrated amplifier adalah penguat akhir yang telah disertai dengan tone control.

Amplifier memiliki beberapa komponen yang menunjang cara kerjanya, di antaranya adalah kapasitor, diode, resistor, dan transistor. Dan kapasitor adalah komponen yang sangat penting fungsinya, yakni dapat menyimpan dan melepaskan muatan listrik atau energi listrik. Selain itu juga dapat berfungsi sebagai penyaring frekuensi. Kapasitor atau disebut juga dengan kondensator, terdiri dari berbagai macam ukuran dan bentuk tergantung dari kapasitas, tegangan kerja dan faktor lainnya yang berpengaruh.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga AC Split (All Merek)
loading...

Leave a reply "Update Harga Amplifier TOA di Pasaran 2017"