Harga Terkini Dispenser Galon Bawah Sharp (All Tipe)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bernama dispenser. Nah, selain model konvensional dengan posisi galon di atas, kini ada beberapa produsen yang merilis dispenser dengan posisi galon di bawah, salah satunya Sharp. Dikatakan punya banyak dibandingkan model biasa, dispenser galon bawah keluaran Sharp ini ditawarkan dengan berkisar Rp2 jutaan.

Dispenser Sharp (sumber: tribunnews.com)

Dispenser Sharp (sumber: tribunnews.com)

Dispenser bisa dikatakan sebagai alat yang digunakan untuk menyajikan air minum dengan suhu biasa (dispenser keramik atau porselen) atau panas/dingin. Sementara, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, dispenser memiliki beragam arti, antara lain penjual, penyaji, penyemprot, serta peranti yang secara otomatis dapat memanaskan dan mendinginkan air yang siap diminum.

Umumnya, alat ini memiliki sistem pemanas yang disebut heater sebagai utama pemanas, dan kompresor pendingin sebagai penjalan mesin pendingin. Di bagian atas dispenser, terdapat tabung yang dibuat dari materi stainless steel. Selanjutnya, air panas akan mengalir keluar melalui salah satu kran, biasanya berwarna merah, karena air panas dalam tabung menghasilkan suatu tekanan. Lalu, air dingin akan mengalir dari salah satu kran, biasanya berwarna biru, didasari oleh proses gravitasi.

Berdasarkan sumber airnya, dispenser ini dapat dibedakan menjadi dua , yaitu:

  • Plumbed-in dispenser, yaitu jenis dispenser dengan air yang langsung disalurkan dari pipa PDAM sehingga tidak memerlukan galon air. Dispenser ini di samping berfungsi seperti dispenser biasa yang menghasilkan air panas atau dingin, lebih menitikberatkan pada proses pemurnian airnya. Tahap pertama air dari pipa di-filter dan kemudian disterilkan. Setelah itu, disalurkan ke tangki penampungan untuk dipanaskan atau didinginkan. Jadi, dispenser jenis ini sangat lengkap dan rumit, karena mengandung alat pemurnian dan pensterilan air serta alat pemanas atau pendinginan air. Dilihat dari banyaknya komponen atau alat di dalam dispenser ini, tentulah harganya jauh lebih mahal. Namun, keuntungannya adalah konsumen tidak lagi direpotkan oleh urusan galon.
  • Bottled dispenser, ini adalah jenis yang banyak kita jumpai dan sudah menjadi bagian peralatan rumah tangga. Dari namanya, dispenser ini membutuhkan galon air sebagai sumber airnya. Tidak seperti plumbed-in dispenser, dispenser jenis ini hanya mengandung alat untuk pemanasan atau pendinginan air saja karena air yang masuk ke dispenser dianggap sudah siap untuk dikonsumsi dan tidak lagi diperlukan alat untuk pemurnian dan pensterilan air. Keuntungan dispenser jenis ini di samping lebih murah, juga karena portable yang dapat dipindah-pindah sesuai keinginan, serta perawatannya lebih mudah dan bisa dikerjakan sendiri oleh ibu rumah tangga.
Dispenser Sharp (sumber: carousell.com)

Dispenser Sharp (sumber: carousell.com)

Sementara, menurut situs resmi Sharp, dispenser dapat dibagi menjadi beberapa model, antara lain:

  • Dispenser Reguler, adalah dispenser yang tidak menggunakan sistem pemanas maupun sistem pendingin. Dispenser ini hanya bisa digunakan untuk mengalirkan air dari galon.
  • Dispenser Normal and Hot, adalah dispenser yang menggunakan sistem pemanas, namun tidak mempunyai sistem pendingin. Dispenser jenis ini dapat digunakan hanya sebatas untuk memanaskan air dan mengambil air normal (tidak dingin dan tidak panas).
  • Dispenser Extra Hot dan Hot, adalah dispenser yang dapat dipakai untuk memanaskan dan mendidihkan air. Ideal untuk ditempatkan di dalam kantor dan ruang meeting, karena para pekerja kerap menyeduh minuman panas seperti kopi dan semacamnya.
  • Dispenser Cold and Hot, adalah dispenser yang dapat digunakan untuk memanaskan maupun mendinginkan air dan merupakan jenis dispenser yang paling sering digunakan oleh masyarakat.

Di dalam dispenser, air akan mengalir dengan siklus galon – tabung penampung – tabung pemanas – kran – gelas. Proses pemanasan terjadi ketika air masuk ke dalam tabung pemanas. Tabung pemanas yang terbuat dari logam, memiliki sensor suhu, dan dikelilingi oleh elemen pemanas di sekitar tabungnya.

Sensor suhu akan membuat pemanas bekerja. Suhu tinggi dari elemen pemanas membuat air menjadi panas seperti Anda memasak air dengan teko. Setelah suhu air mencapai panas maksimal, sensor suhu akan memutuskan arus listrik pada tabung elemen pemanas. Jika lampu indikator mati atau standby (di beberapa dispenser akan berganti warna menjadi hijau), berarti air sudah mencapai panas maksimal dan siap digunakan.

Selain model konvensional dengan galon atau tabung di atas, banyak juga perusahaan yang meluncurkan dispenser dengan galon di bawah. Menurut pihak Sharp, dengan dispenser ini, botol galon yang Anda biasa lihat diletakkan di bagian atas, sekarang berpindah tempat. Galon dimasukkan di bagian bawah dispenser dengan posisi normal (tidak dibalik). Dengan dispenser galon bawah, Anda bisa banyak menghemat tenaga karena Anda tidak perlu lagi mengangkat botol air yang berat. Anda pun bisa dengan mudah mengganti galon air minum tanpa harus khawatir air tercecer, karena cukup meletakkan galon di bagian bawah dispenser dan air segera dapat dinikmati.

Lalu, bagaimana dengan keamanannya terhadap gangguan anak kecil? Tidak perlu khawatir karena Sharp telah memiliki fitur lock sehingga orang tua tidak perlu khawatir anak-anak mereka akan terluka karena bermain-main dengan dispenser.

Harga Dispenser Galon Bawah Sharp

Dispenser Sharp galon bawah (sumber: id.sharp)

Dispenser Sharp galon bawah (sumber: id.sharp)

Tipe DispenserHarga (Rp)
Sharp SWD72EHL-BK2.810.000
Sharp SWD66EHL-BP2.530.000
Sharp SWD80EHL-BK2.910.000
Sharp SWD73EHL-BK3.190.000
Sharp SWD75EHL-SL3.500.000
Sharp SWD78EHL-SL3.640.000

Harga dispenser galon bawah Sharp di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Harga dispenser galon bawah Sharp tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing toko dan wilayah. Untuk informasi lebih lengkap, silakan mengunjungi toko alat elektronik terdekat di domisili Anda.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Harga Canon EOS 1D (Baru dan Bekas)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Terkini Dispenser Galon Bawah Sharp (All Tipe)"