Update Harga Kastengel 1/2 Kg (500 Gram)

No comment12965 views

Di , memang ada beragam tradisi unik yang biasa dilakukan orang saat menjelang bulan puasa Ramadan atau Lebaran. Selain membeli baju baru, masyarakat Indonesia juga bersiap untuk membuat atau membeli beragam kue-kue kering khas Lebaran. Dari sekian banyak pilihan, kue-kue kering semacam kastengel, nastar, hingga putri salju menjadi menu yang hampir selalu ada di momen Lebaran. Rasa yang enak dan harga yang terjangkau membuat kue-kue ini menjadi favorit.

Kue kastengel (sumber: hallojawa.com)

Kue kastengel (sumber: hallojawa.com)

Kastengel menjadi salah satu varian kue kering yang banyak dicari karena rasanya yang memang benar-benar gurih dan lezat. Bagi Anda para penyuka keju, pasti paham betul jika kastengel memiliki rasa gurih yang membuatnya berbeda dari kue-kue kering kebanyakan. Bagaimana tidak? Selain adonannya yang dipadukan keju, permukaan kastengel biasanya juga masih ditaburi keju yang cukup melimpah. Tak heran bila kastengel menjadi pemuas hasrat para penyuka keju.

Bentuk kue kastengel sendiri biasanya dibentuk panjang-panjang berukuran sekitar 3 cm dengan ketebalan yang cukup bervariasi. Namun umumnya, kastengel memang sengaja dicetak cukup tebal supaya kerenyahan dan kegurihannya cukup terasa. Adonannya memang hampir sama seperti nastar, bedanya nastar minim penggunaan keju dan nastar dilengkapi dengan selai di bagian tengahnya.

Bahan adonan kastengel cukup mudah ditemukan. Jika Anda ingin mencoba membuat kue kastengel sendiri di rumah, Anda harus siap-siap membeli tepung terigu, keju, telur, dan tentunya margarin. Bahan-bahan tersebut adalah bahan pokok yang bisa menunjang kelezatan kue kastengel buatan Anda. Biasanya, bahan-bahan untuk membuat kue kastengel bisa didapat di toko bahan kue, supermarket, atau pusat perbelanjaan lainnya. Daripada penasaran, yuk simak resep kue kastengel berikut ini.

Resep Kastengel

Bahan untuk Membuat Kastengel

  • 300 gram tepung terigu protein rendah
  • 150 gram keju edam, parut
  • 15 gram roombutter
  • 3 butir kuning telur

Bahan untuk Olesan Kastengel

  • 75 gram keju cheddar, parut
  • 2 butir kuning telur
Kue kastengel matang di atas loyang (sumber: popbela.com)

Kue kastengel matang di atas loyang (sumber: popbela.com)

Cara Membuat Kastengel

  • Kocok roombutter dan margarin hingga lembut dengan menggunakan , kemudian tambahkan 3 kuning telur satu per satu ke dalam adonan tersebut sambil dikocok sampai merata.
  • Campurkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil adonan tetap diaduk sampai merata. Kemudian, masukkan parutan keju edam, aduk lagi sampai rata dan kalis.
  • Siapkan cetakan kastengel, giling adonan kastengel dan cetak kastengel sesuai selera Anda. Setelah itu, letakkan adonan kastengel yang telah dicetak di atas loyang yang telah diolesi dengan margarin terlebih dahulu.
  • Olesi bagian atas adonan kastengel menggunakan kuas dengan kuning telur yang telah dikocok. Lalu, taburi atasnya dengan parutan keju cheddar.
  • Panggang adonan kastengel tersebut ke dalam oven dengan suhu sekitar 150 derajat Celcius selama 30 menit atau sampai warnanya kuning kecokelatan. Angkat, lalu biarkan hingga dingin.
  • Kastengel siap dimasukkan ke dalam toples atau wadah tertutup untuk disajikan.

Selain menggunakan oven, Anda juga bisa membuat kastengel dengan memakai magic com. Caranya hampir sama, jika pada cara di atas kastengel diletakkan di atas loyang, maka untuk teknik yang satu ini, Anda tinggal menyusunnya ke dalam wadah magic com yang telah diolesi mentega atau telah dialasi dengan kertas kue yang juga sudah diolesi mentega.

Berbeda memasak dengan oven, pada magic com, Anda setidaknya harus memasak kastengel dalam tiga kali posisi cook hingga berubah menjadi warm. Yang perlu diperhatikan adalah, Anda harus rajin-rajin mengecek kondisi bawah kue kastengel yang sedang dimasak dalam magic com sebab biasanya bagian bawahnya mudah sekali gosong. Cukup merepotkan memang, tetapi cara yang satu ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tak memiliki oven.

Jika Anda tak memiliki peralatan yang memadai atau tidak memiliki bakat di dunia memasak, Anda bisa membeli kastengel yang sudah jadi di sejumlah toko kue. Membeli kue kastengel yang sudah jadi justru lebih praktis karena Anda tak perlu menghabiskan waktu dan membuang energi untuk mengolah adonan yang sempurna di dapur. Pada dasarnya, cara membuat kastengel cukup mudah, namun dibutuhkan keterampilan khusus agar mampu menghasilkan kastengel yang benar-benar gurih dan lezat.

Kue kastengel (sumber: remas.nu)

Kue kastengel (sumber: remas.nu)

Biasanya, harga kue kastengel tersebut ditentukan dari bahan-bahan yang digunakan. Apabila menggunakan bahan-bahan premium impor, maka harganya tentu saja akan semakin mahal. Namun umumnya, penjual akan memakai bahan-bahan seperti keju edam dan Wijsman yang memang dikenal bisa membuat kue kering apa saja menjadi lebih nikmat dan gurih rasanya.

Anda bisa membeli kue kastengel atau kue kering lainnya di sejumlah toko kue maupun toko roti yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Bahkan, juga ada penjual dadakan yang bermunculan saat bazaar Ramadan. Jika kesulitan menemukan penjual kue kastengel di sekitar Anda, Anda juga bisa memesan secara online di sejumlah situs e-commerce.

Biasanya dikemas dalam wadah toples bening yang cantik dan layak disuguhkan untuk tamu atau sanak saudara yang sedang bersilaturahmi ke rumah, harga kastengel bermacam-macam. Setiap toko kue menjual kue kastengel dalam kemasan yang bervariasi, mulai dari ukuran 1/4 kg (250 gram), 1/2 kg (500 gram), hingga yang paling besar ukuran 1 kg.

Harga Kastengel 500 Gram

Varian KastengelHarga
Kastengel 500 Gram Keju KlasikRp40.000 – Rp95.000
Kastengel 500 Gram Special WijsmanRp117.000 – Rp150.000

Harga kastengel di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual online. Dibandingkan tahun 2020 kemarin, harganya sebenarnya tidak banyak berubah. Tahun lalu, kastengel keju klasik ditawarkan dengan harga sekitar Rp57 ribu sampai Rp95 ribuan per 500 gram. Sementara, kastengel Wijsman tahun lalu dijual di kisaran harga Rp135 ribu hingga Rp175 ribuan per toples. 

Baca juga  Info Terbaru Sejarah Bolu Napoleon Medan dan Harga di Pasaran
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Harga Kastengel 1/2 Kg (500 Gram)"