Harga Salep untuk Wasir (Semua Merk) Terupdate

Hemoroid atau yang dikenal dengan nama wasir/ambeien merupakan kondisi peradangan dan melebarnya pembuluh darah vena di sekitar anus yang berasal dari pleksus hemoroidalis.[1] Penyakit ini bisa disembuhkan dengan obat topikal atau salep yang dijual di apotek. Harga salep wasir tentunya bervariasi, tergantung merek dan kemasannya.

Ilustrasi Sakit Wasir (sumber: arz.hr)
Ilustrasi Sakit Wasir (sumber: arz.hr)

Jenis Wasir

Ambeien merupakan penyakit yang umum dan bisa menyerang segala usia, tetapi lebih sering terjadi pada usia 50 tahunan atau lebih. Penyakit ini tidak selalu menimbulkan keluhan, tetapi dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di sekitar anus, apalagi jika Anda sedang duduk.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari Alodokter, hemoroid diklasifikasikan menjadi dua, yakni internal dan eksternal. Wasir internal terjadi di bagian dalam anus dan tidak terlihat dari luar. Biasanya ini tidak menunjukkan gejala atau rasa nyeri. Sementara itu, ambeien eksternal terjadi di luar rektum dan biasanya menimbulkan gejala atau rasa nyeri. Pembengkakan yang terjadi pada hemoroid eksternal juga menyebabkan benjolan, sehingga membuat pasien merasa tidak nyaman.

Berdasarkan tingkat keparahannya, wasir dikelompokkan menjadi empat tingkat. Pada derajat satu, wasir pasien akan mengalami pembengkakan kecil di dalam dinding anus dan tidak terlihat di luar rektum. Pada derajat dua, pembengkakan lebih besar akan terjadi dan menonjol di luar rektum saat BAB dan akan kembali mengecil atau masuk ke dalam setelah BAB.

Pada derajat tiga yang lebih kronis, terdapat satu atau beberapa benjolan kecil yang menggantung dari rektum, tetapi bisa didorong masuk kembali. Sementara itu, wasir yang paling kronis ada di derajat empat. Pada tahap ini, terdapat benjolan besar yang menggantung dari anus dan tidak bisa didorong kembali. Jika sudah pada tahap ini, mau tidak mau harus dilakukan pengobatan khusus dan biasanya dokter akan menyarankan operasi kecil.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab atau pemicu gejala wasir, seperti terlalu sering mengejan, sembelit atau konstipasi parah, dan kebiasaan duduk terlalu lama. Selain itu, pola makan tidak sehat juga memiliki risiko tinggi terhadap ambeien. Sebaiknya Anda selalu makan teratur dan melakukan diet sehat. Makanlah bahan makanan yang banyak mengandung serat dan air, sehingga Anda terhindar dari konstipasi atau sembelit sebagai akar masalah ambeien. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang mengandung serat dan vitamin untuk membantu mengurangi risiko terkena wasir

Ilustrasi: penyakit ambeien/wasir (sumber: chirurg-wien.com)
Ilustrasi: penyakit ambeien/wasir (sumber: chirurg-wien.com)

Cara Mengobati Wasir

Meskipun penyakit ambeien tidak berbahaya, tetapi Anda harus segera mengobatinya jika sudah merasakan gejalanya, antara lain gatal di area anus, pendarahan setelah BAB, dan keluarnya lendir setelah BAB. Jika ini tidak segera diatasi, selain menimbulkan rasa tidak nyaman, juga bisa menimbulkan infeksi di sekitar anus.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati ambeien, seperti mengonsumsi obat dari dokter, banyak dan rutin minum air putih, mengonsumsi vitamin, mengonsumsi obat pencahar, dan menerapkan pola makan sehat. Selain itu, beberapa orang memilih menggunakan salep ambeien yang dinilai efektif dan praktis.

Cara memakai salep wasir juga tidak sulit, karena Anda hanya perlu mengoleskan produk ini ke permukaan kulit yang bengkak secara rutin. Dosis setiap produk tentunya tidak sama. Biasanya, dosis dan cara pakai obat topikal seperti ini sudah tertera di bagian kemasannya. Sebagai referensi merk dan harga salep wasir di pasaran, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Salep Wasir

Ilustrasi: memakai salep (sumber: tirto)
Ilustrasi: memakai salep (sumber: tirto)
Merk/Varian Salep Wasir Harga
Huatuo Salep Wasir Rp27.000
Xiong Dan Zi Chuang Gao Rp50.000
Pilasir/PienTze Huang Rp61.000
Himalaya Pilex Ointment Salep Rp64.000
Mayinglong Rp65.000
Dictamni Rp70.000
Salep Salwa Rp100.000
Borraginol Ointment 15 gr Rp100.656
Haemocaine Ointment 15 gr Rp120.515
ZhichuangCihua Gao Wastrol Rp121.500
Faktu Ointment Rp142.876
Ambejoss Rp275.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga salep wasir saat ini di pasaran terpantau fluktuatif. Misalnya, Huatuo Salep Wasir yang semula dijual seharga Rp29 ribu, tahun 2022 turun menjadi Rp25 ribu, kemudian tahun 2023 naik jadi Rp27 ribu. Berbeda dengan harga Pilasir/PienTze Huang yang justru naik dari Rp39.500 menjadi Rp46.500, dan sekarang naik lagi menjadi Rp61 ribu.

Daftar harga salep wasir di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs apotek online dan situs e-commerce. Harga obat topikal untuk hemoroid ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Obat Oles untuk Wasir Selain Salep

  • Witch hazel: sebutan lain bagi tanaman Hamamelisvirginiana, sejenis semak asli Amerika Utara. Daun dan kulit kayu tanaman semak tersebut sering dibuat menjadi salep, toner, atau teh.
  • Krim campuran gliserin dan garam epsom: kedua campuran ini menjadi pengganti obat salep alternatif untuk ambeien.
  • Gel lidah buaya: gel ini bersifat antiradang yang dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit.

Apabila Anda sudah mencoba berbagai macam obat salep maupun obat dari bahan alami, tetapi kondisi ambeien tidak kunjung membaik, Anda disarankan segera melakukan pemeriksaan dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih tepat, salah satunya operasi pengangkatan wasir. Operasi ini biasanya menggunakan metode laser.

[Update: Dian]

[1]Maulana, RifadlyYusril&DanangSamudroWicaksono. 2020. Efek Antiinflamasi Ekstrak Tanaman

Pagoda terhadap Hemoroid. Jurnal Penelitian Profesional Universitas Lampung, Vol. 2(2):

131-138.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *