Info Prosedur & Biaya Resmi Pemindahan Meteran Listrik PLN

Setiap yang menggunakan listrik dari PLN pasti akan dipasangi listrik atau kWh di titik-titik tertentu suatu bangunan. meteran listrik ini memang seharusnya dipertimbangkan secara cermat di mana letaknya, yang sekiranya tidak akan mengganggu pengembangan bangunan Anda di masa mendatang.

Meteran listrik PLN (sumber: jurnalasia.com)

Pemasangan meteran listrik di spot yang salah mungkin berpotensi untuk mengganggu proses Anda yang hendak melakukan renovasi atau perluasan rumah. Untuk itu, ketika pertama kali membangun rumah atau memasang sambungan listrik baru, pastikan letak kWh meter Anda berada di tempat yang tepat dan juga terlindungi.

Tetapi meski sudah melalui pertimbangan yang matang ternyata Anda tetap merasa butuh dan harus untuk memindah meteran listrik yang ada di rumah, sebenarnya Anda tidak perlu resah. Pasalnya pihak PLN menyediakan layanan pemindahan meteran listrik dengan -biaya tertentu. resmi pemindahan meteran listrik PLN biasanya terdiri dari jasa dan juga material yang diganti.

Setiap permintaan pindah meteran listrik milik PLN baik Prabayar maupun pascabayar harus dilaporkan kepada pihak PLN Rayon terdekat dan nantinya Anda akan dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pemindahan meteran ini hanya bisa disetujui bila pelanggan ingin memindahkan meter dalam bangunan/persil yang sama, misalnya karena pelanggan yang akan melakukan rehab atau renovasi bangunan.

Namun bila pindah meter dari bangunan atau persil A ke bangunan atau persil B (pindah meteran listrik beda alamat) itu tidak diperkenankan, karena SPJBTL bersifat mengikat pada bangunan atau persil A. Oleh karena itu pelanggan disarankan untuk melakukan pemasangan baru pada bangunan atau persil B. Sedangkan kWh meter yang ada pada bangunan atau persil A bila tidak diperlukan akan dibongkar PLN dan berhenti menjadi pelanggan.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan pemindahan meteran listrik atau penggeseran listrik, ada beberapa yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Berikut rinciannya.

Prosedur Permohonan Pemindahan Meteran Listrik

Ilustrasi: proses pemindahan meteran listrrik (youtube: Rumah Solar Jogja)

  1. Pastikan tidak ada tunggakan tagihan listrik (bagi pelanggan meteran listrik pascabayar). Jika ada yang masih menunggak, lakukan pembayaran tagihan bulan berjalan terlebih dahulu.
  2. Hubungan Contact Center PLN 123, sebutkan nama Anda serta sebutkan layanan yang Anda inginkan, dalam hal ini adalah pindah meter.
  3. Sebutkan nomor ID pelanggan, lokasi, nomor KTP, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  4. Pihak customer service PLN akan memberi nomor registrasi layanan dan memberitahukan informasi PLN cabang mana yang akan bertanggung jawab atas pengajuan pindah meter Anda tersebut.
  5. Nantinya akan ada petugas yang melakukan survei ke lapangan dengan datang langsung ke rumah Anda dalam kurun waktu antara 2-3 hari kerja. Survei dilakukan oleh petugas PLN untuk memutuskan apakah layanan pengaduan penggeseran instalasi PLN bisa diberikan atau tidak. Setelah survei, petugas biasanya akan memberi 1 slip berwarna biru yang isinya rincian perkiraan biaya pekerjaan dan material.
  6. Keputusan hasil survei diberitahukan kepada pelanggan dalam bentuk surat jawaban dapat berupa disetujui, tidak disetujui, atau dikonsultasikan. Pada surat jawaban yang disetujui dicantumkan biaya pengaduan atau pemeriksaan instalasi PLN, dan biaya tunggakan khusus untuk bekas pelanggan yang menunggak.
  7. Nantinya keputusan hasil survei dan lembaran biru itu silakan Anda bawa ke PLN cabang yang telah disebutkan sebelumnya. Lampirkan fotokopi KTP dan lakukan pembayaran untuk jasa pemindahan meteran listrik dan juga biaya material. Biaya-biaya yang dibebankan tersebut bisa Anda bayarkan lewat loket keuangan atau kasir PLN, maupun dibayar lewat bank.
  8. Tunggu sekitar 3-10 hari kerja sampai petugas datang lagi untuk menggeser meteran listrik Anda di rumah.

Biaya resmi pemindahan meteran listrik setiap pelanggan bisa saja berbeda-beda. Oleh sebab itu pihak PLN mengirim petugas untuk melakukan survey dan mengecek langsung kondisi di lapangan. Namun berdasarkan pengalaman beberapa pelanggan PLN yang pernah mengajukan permohonan pindah meteran listrik rata-rata dikenai biaya sekitar Rp 500 ribuan. Biaya pindah meteran listrik alias kWh meter bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu dan bersifat relatif besarannya.

Para teknisi PLN (sumber: seputarsukabumi.com)

Oleh sebab itu, apabila Anda berencana untuk menggeser atau memindah meteran listrik di rumah, sebaiknya segera datang ke Kantor PLN terdekat atau bisa menghubungi Contact Center PLN 123 terlebih dahulu. Nantinya pihak PLN akan memberi penjelasan lebih rinci mengenai solusi dari pengaduan Anda tersebut.

Yang perlu diperhatikan, pastikan Anda hanya melakukan pemindahan meteran listrik melalui PLN. Pasalnya setiap meteran listrik yang terpasang di rumah pelanggan adalah hak milik PT PLN. Pemindahan atau pergeseran meteran listrik tanpa sepengetahuan PLN merupakan pelanggaran dan Anda akan dikenai sanksi berupa denda yang nominalnya cukup besar, bisa mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Selain itu, meski sudah ada petugas yang datang untuk survei instalasi meteran listrik ke rumah, sebaiknya jangan melakukan pembayaran dengan petugas tersebut untuk menghindari adanya pungli atau biaya-biaya lain yang tidak perlu. Pelanggan listrik lebih disarankan untuk membayar biaya pemindahan meteran listrik secara resmi melalui kantor cabang PLN yang ditunjuk atau sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

Nah, bagaimana? Tinggal pilih saja kan? Mencoba bersabar mengikuti prosedur sesuai ketentuan PLN atau memindahkan meteran secara sembrono tapi risikonya nanti Anda akan dikenai denda yang nominalnya justru bisa berkali-kali lipat dari biaya yang dibutuhkan untuk pemindahan meteran listrik secara resmi dan legal.

Baca juga  Update Info Terbaru Kisaran Biaya Sewa Jasa Pengacara/Advokat
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Prosedur & Biaya Resmi Pemindahan Meteran Listrik PLN"