Update Harga Telur Ayam Kampung Saat Ini

Telur adalah salah satu komoditas yang berasal dari hewani dan paling sering dikonsumsi berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Umumnya, dikenal dua jenis telur yang biasa dikonsumsi, yaitu telur ayam negeri dan telur ayam kampung. Di pasaran, harga telur ayam kampung biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan telur ayam ras.

Harga Telur Kampung - sajiansedap.grid.id
Harga Telur Kampung – sajiansedap.grid.id

Jenis Telur Ayam

Ada dua jenis telur ayam yang dijual di pasar, yakni ayam negeri dan kampung. Kedua jenis telur ini memiliki perbedaan yang cukup menonjol. Telur ayam kampung relatif berukuran lebih kecil dan berwarna putih, sedangkan telur ayam negeri punya bentuk lebih besar dan berwarna kecokelatan. Sebagian masyarakat percaya bahwa telur ayam kampung memiliki nutrisi yang lebih baik.

Bacaan Lainnya

Dikatakan oleh sejumlah pakar kesehatan, dengan ukurannya yang lebih kecil, telur ayam kampung memiliki putih telur lebih sedikit, sedangkan kuningnya tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan telur ayam negeri. Ukuran itu menyebabkan telur ayam kampung memiliki protein lebih sedikit. Jadi, telur ayam negeri dianggap lebih unggul dari segi protein dibandingkan dengan telur ayam kampung.

Meski kalah jumlah protein, telur ayam kampung punya keunggulan lain. Dengan pemeliharaan ayam yang diumbar, telur ayam kampung punya kandungan Omega 3 yang lebih tinggi. Jumlah vitamin di kuning telur pun sedikit berbeda. Ini yang menjadikan telur ayam kampung memiliki telur yang lebih pekat. Berbeda dengan telur ayam negeri yang warnanya kuning muda. Telur ayam negeri juga dikatakan memiliki vitamin dan selenium yang lebih sedikit.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, hal yang harus dilakukan adalah modifikasi pangan ayam negeri. Sehingga, jumlah protein telur ayam negeri akan lebih baik dan nutrisi kuning telurnya akan serupa dengan telur ayam kampung. Caranya, pangan ayam negeri bisa diberikan tambahan selenium dan Omega-3 sehingga warna kuning telur menjadi lebih pekat.

Berbeda dengan telur ayam negeri atau ras yang biasanya dikonsumsi dengan cara digoreng maupun direbus, telur ayam kampung biasanya dimakan mentah, atau hanya dicampur dengan sedikit madu murni untuk mendapatkan rasa manis. Dengan mengonsumsi telur ayam kampung mentah tersebut, dianggap mampu meningkatkan stamina maupun sebagai obat sariawan.

Telur ayam kampung sebagai memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan sangat baik untuk dikonsumsi, terlebih bagi anak-anak, terutama kandungan Omega 3-nya. Saat ini, juga banyak ditemukan telur ayam kampung yang menjadi bahan campuran untuk diracik bersamaan dengan jamu tradisional maupun obat kuat. Telur ayam kampung dianggap memiliki manfaat serbaguna yang menjadi bahan tambahan obat jamu ataupun hanya sebagai suplemen peningkat kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

Kandungan protein yang ada dalam telur juga dapat menjadikan badan lebih berstamina dan tidak mudah lelah. Protein diketahui berguna sebagai komponen utama pembentuk otot. Selain itu, kandungan vitamin B1 atau thiamin dalam telur dibutuhkan oleh tubuh dalam manfaatnya untuk transmisi saraf dan produksi energi.

Telur Ayam Kampung - (pasarrakyatbali.com)
Telur Ayam Kampung – (pasarrakyatbali.com)

Harga Telur Ayam Kampung

Jumlah Telur Ayam KampungHarga
Telur Ayam Kampung EceranRp2.000 – Rp3.000 per butir
Telur Ayam Kampung Omega EceranRp3.650 – Rp4.200 per butir
Telur Ayam Kampung 1/2 LusinRp20.000 – Rp25.000 per kotak
Telur Ayam Kampung 10 butirRp28.000 per kotak
Telur Ayam Kampung Omega 10 butirRp31.500 per kotak
Telur Ayam Kampung Organik Selenium 15 butirRp40.500 – Rp45.00 per kotak 0
Telur Ayam Kampung 20 butirRp72.000 per kotak
Telur Ayam Kampung Omega Indofarm Smart Eggs 10 butirRp75.000 – Rp80.000 per kotak

harga telur ayam kampung di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Harga telur ayam kampung tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harganya saat ini terpantau turun. Harga telur ayam kampung eceran misalnya, semula Rp4.500 dan sekarang menjadi Rp2.000 sampai Rp3.000 per butir. Sementara itu, harga 10 butir telur ayam kampung turun dari Rp32 ribu menjadi Rp28 ribu.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *