Info Terbaru Harga Jeruk Nipis per Kg

No comment8816 views

Jeruk nipis atau Citrus aurantifolia merupakan sejenis perdu yang mudah dibudidayakan dan memiliki banyak manfaat. Meskipun begitu, harga jeruk nipis per kg di pasaran tidak bisa dibilang murah, karena banyak orang yang mencarinya untuk obat atau minuman. 

Secara karakteristik, pohon jeruk nipis memiliki banyak cabang dan batang berduri dengan tinggi tanaman mencapai 1,5-3,5 meter. jeruk nipis memiliki bentuk bulat telur dengan ujung yang tumpul, berwarna hijau tua, dan berwarna hijau muda pada bagian bawah . Buah jeruk nipis biasanya berdiameter antara 3-5 cm, mengandung banyak air, rasanya masam, dan aromanya sedap.

Ilustrasi: budidaya jeruk nipis

Ilustrasi: budidaya jeruk nipis

Buah jeruk nipis kerap digunakan sebagai dapur, bahan minuman, kosmetik, parfum, hingga bahan obat-obatan. Jeruk nipis pun dianggap sebagai salah satu komoditas yang cukup menguntungkan untuk dibudidayakan karena menyimpan banyak manfaat. Berikut informasi lengkapnya.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

  • Meningkatkan imunitas. Seperti diketahui, jeruk nipis adalah salah satu sumber alami dari vitamin C yang berfungsi untuk menjaga imunitas . Dengan rajin minum air perasan jeruk nipis, kandungan antioksidan berupa flavonoid di dalamnya diyakini dapat membantu meningkatkan imunitas Anda agar senantiasa bugar.
  • Menyeimbangkan pH. Keseimbangan asam basa dalam tubuh atau yang biasa disebut pH merupakan hal yang cukup penting. Apabila kandungan pH dalam tubuh Anda sedang tidak seimbang, biasanya akan memicu datangnya penyakit. Jeruk nipis yang rasanya cenderung asam disebut-sebut dapat menyeimbangkan pH tubuh Anda.
  • Mencegah kanker. Kandungan suatu zat bernama limonoid dalam jeruk nipis berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga bisa menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukemia, kanker lambung, dan kanker usus besar.
  • Membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Jeruk nipis dikenal kaya akan kandungan kalium yang memiliki khasiat untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.
  • Membantu mengobati asam urat. Jeruk nipis juga mengandung asam sitrat yang merupakan zat untuk melarutkan asam urat secara alami.
Ilustrasi: Manfaat Jeruk Nipis (credit: plantandsecrets.altervista.org)

Ilustrasi: Manfaat Jeruk Nipis (credit: plantandsecrets.altervista.org)

  • Menurunkan kolesterol. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam jeruk nipis mengandung banyak flavonoid yang fungsinya sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, termasuk molekul tidak stabil yang berpotensi merusak sel-sel sehat dalam tubuh Anda.
  • Menyehatkan ginjal. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis disebut-sebut bisa mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Meminum air perasan jeruk nipis setiap hari diyakini bisa menyehatkan ginjal dan mencegah terjadinya batu ginjal.
  • Menjaga berat badan tetap ideal. Jeruk nipis diyakini bisa melancarkan metabolisme tubuh, sehingga dapat membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan atau melakukan diet, bisa mencoba meminum air perasan jeruk nipis setiap hari agar berat badan tetap ideal.
  • Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak. Jeruk nipis memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membasmi kuman dan bakteri penyebab sakit gigi atau gusi bengkak.
Ilustrasi: Harga Jeruk Nipis (credit: thekitchn)

Ilustrasi: Harga Jeruk Nipis (credit: thekitchn)

Tahapan Budidaya Jeruk Nipis

  • Persiapan lahan. Untuk menyiapkan lahan bisa dilakukan dengan cara umum, yakni mengolah tanah dan mencangkul tanah hingga halus lalu gali lubang sedalam 50 cm. Beri pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos.
  • Siapkan . tanaman jeruk nipis biasanya berasal dari hasil cangkokan atau hasil stek pohon jeruk nipis yang sudah tumbuh subur. Kemudian tanam jeruk nipis di media tanah yang sudah disiapkan. Penanaman jeruk nipis dilakukan dengan jarak sekitar 6 meter x 6 meter, lantaran tanaman jeruk nipis dapat tumbuh menjadi besar.
  • Setelah tumbuh, lakukan penyulaman apabila tanaman mati. Anda bisa menyulamnya dalam lubang yang sama atau dapat juga diganti dalam lubang yang berbeda.
  • Penyiangan tanaman bisa dilakukan mulai dari awal sampai selesai. Penyiangan dilakukan untuk membersihkan lahan tanaman jeruk nipis dari gulma atau pengganggu.
  • Tahap terakhir dari pemeliharaan sebelum masa adalah proses pemangkasan. Anda bisa memangkas daun atau bagian tanaman yang sakit. Pemangkasan dilakukan agar tanaman jeruk nipis yang sedang Anda budidayakan tidak ikut mati.
  • Lakukan penyiraman sebanyak 1 kali dalam seminggu. Sebaiknya tidak menyiram tanaman sampai air menggenang di dekat tanaman.

Harga Jeruk Nipis 

Dilansir dari Info Pangan Jakarta, meskipun ukurannya kecil dan mungkin terkesan remeh, nyatanya harga buah jeruk nipis cukup mahal. Sebagai contoh, di Induk Kramat Jati, jeruk nipis dijual dengan harga Rp21 ribu per kg. Sementara itu, di pasaran online, harga jeruk nipis per kg relatif lebih mahal mahal, berkisar Rp28 ribuan hingga Rp30 ribuan per kg. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, jeruk nipis dijual dengan harga mulai Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per kg di . Sementara itu, di situs jual beli online, harga jeruk nipis pada tahun sebelumnya berkisar Rp14 ribuan hingga Rp30 ribuan per kg.

Sebagai gambaran, untuk jeruk nipis kelas atau grade A dengan diameter rata-rata 7,6 cm, yang didapat sekitar 6 buah per kg. Kemudian,untuk jeruk nipis kelas B dengan diameter rata-rata 6,7 cm, jumlah jeruk nipis 1 kg sekitar 8 buah. Jeruk nipis kelas C dengan diameter rata-rata 5,9 cm, jumlah yang didapat setiap pembelian 1 kg sekitar 10 buah. Yang terakhir, untuk jeruk nipis kecil kelas D dengan diameter rata-rata 5,8 cm, jumlah buah yang didapat setiap 1 kilogram antara 12-14 buah.

[Update: Almas]

Baca juga  Harga Terbaru Cabe Kering dan Cara Pembuatannya
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Jeruk Nipis per Kg"