Update Biaya Fisioterapi di Rumah Sakit dan Klinik Area Jakarta

Efek samping dari konsumsi secara terus-menerus sudah mulai disadari oleh masyarakat luas. Dengan alasan yang sama, terapi fisik juga mulai meningkat peminatnya. Di , klien dapat memanfaatkan layanan fisioterapi ini untuk berbagai masalah yang terkait dengan persarafan, termasuk mengembalikan tubuh setelah terkena penyakit atau mengalami cedera.

Fisioterapi, fisioterapis, cedera, rumah sakit, Jakarta, biaya, klinik, kesehatan, konsultasi, kawasan, alat, program, latihan, penyakit, tarif

Tahap akhir fisioterapi untuk cedera kaki (twitter: @aflac)

Fisioterapi sendiri adalah proses merehabilitasi seseorang agar terhindar dari cacat fisik melalui serangkaian penilaian, diagnosis, perlakuan, dan aktivitas pencegahan. Tujuan dari dilakukannya fisioterapi adalah mengembalikan fungsi tubuh setelah terkena penyakit atau cedera. Jika tubuh menderita penyakit atau cedera permanen, maka fisioterapi dapat diprioritaskan untuk mengurangi dampaknya.

Sementara, menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 778 Tahun 2008 tentang Pedoman Pelayanan Fisioterapi di Sarana Kesehatan, fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan yang ditujukan untuk individu dan atau kelompok dalam upaya mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan modalitas fisik, agen fisik, mekanis, gerak, dan komunikasi. Fisioterapi dapat melatih pasien dengan olahraga , penguluran, dan bermacam-macam teknik dan menggunakan beberapa alat untuk mengatasi masalah yang dihadapi pasien yang tidak dapat diatasi dengan latihan-latihan fisioterapi.

Berdasarkan ruang lingkup pelayanan fisioterapi dan tuntutan kebutuhan masyarakat, terapi ini bisa dibedakan menjadi fisioterapi kesehatan wanita, fisioterapi tumbuh kembang anak, fisioterapi kesehatan dan keselamatan kerja, fisioterapi usia lanjut, fisioterapi olahraga, dan fisioterapi kesehatan masyarakat. Selain itu, ada juga fisioterapi pelayanan medik yang didasari pada spesifikasi problem kesehatan pasien.

Beberapa kondisi pasien yang bisa dibantu dengan fisioterapi berdasarkan sistem tubuh, dibedakan menjadi empat macam.

  • Neurologi; beberapa kondisi terkait neurologi atau sistem saraf adalah stroke, multiple sclerosis, dan penyakit Parkinson. Gangguan saraf akibat penyakit-penyakit tersebut bisa mengganggu fungsi tubuh, seperti susah bicara, susah berjalan, dan menurunnya kinerja tangan.
  • Neuromusculoskeletal; kondisi yang diakibatkan oleh gangguan neuromusculoskeletal atau gangguan otot pada kerangka tubuh antara lain saat ada pinggang belakang, otot, cedera karena olahraga, dan arthritis.
  • Kardiovaskular; gangguan sistem kardiovaskular yang bisa dibantu dengan fisioterapi adalah penyakit jantung kronis dan rehabilitasi pascaserangan jantung. Dengan fisioterapi, kondisi pasien akan lebih berkualitas karena diberikan dukungan fisik dan emosi.
  • Respirasi; asma, penyakit paru obstruktif kronis, dan cystic fibrosis (kista fibrosis) adalah beberapa penyakit terkait sistem pernapasan yang bisa diringankan melalui fisioterapi. Para fisioterapis akan memberikan serangkaian metode mengenai bagaimana cara tubuh bernapas lebih baik dan bagaimana mengontrol gejala-gejala seperti batuk-batuk dan kesulitan bernapas.
Ilustrasi: teknik fisioterapi (sumber: groupon.co.uk)

Ilustrasi: teknik fisioterapi (sumber: groupon.co.uk)

Pengobatan dengan menggunakan metode ini membutuhkan keterlibatan pasien secara aktif dan kedisiplinan. Karena itu, fisioterapis akan melakukan pemeriksaan terhadap penyakit pasien, mendiagnosis, dan membantu pasien memahami permasalahan yang hinggap di tubuh pasien. Fisioterapi juga membutuhkan keseriusan pasien karena metode ini berkaitan dengan gaya hidup, aktivitas, dan kesehatan pasien secara umum. Beberapa metode yang biasa dilakukan dalam proses fisioterapi di antaranya:

  • Program latihan, di antaranya teknik memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot, latihan kardiovaskular, dan peregangan.
  • Teknik elektroterapi yang menggunakan alat dengan daya listrik. Beberapa terapi yang termasuk ini di antaranya ultrasound, terapi laser, terapi diatermi, dan terapi saraf dengan stimulasi elektrik (TEN).
  • Fisioterapi manual, di antaranya pijat, peregangan, dan pelatihan resistensi tubuh, serta mobilisasi dan manipulasi sendi.
  • Selain itu, fisioterapi juga terkadang dapat melakukan koreksi teknik berolahraga yang salah dan membantu menggunakan cara menggunakan alat bantu yang tepat. Beberapa metode lainnya yang biasa dipakai adalah hidroterapi, melatih teknik bernapas yang benar, dan pengobatan akupuntur.

Fisioterapi sendiri memang bisa dilakukan secara mandiri di rumah (home visit) karena terapi ini cenderung fleksibel. Namun, jika Anda ragu-ragu melakukannya di rumah, Anda bisa melakukan fisioterapi di rumah sakit atau klinik kesehatan. Pasalnya, saat ini sudah banyak rumah sakit yang telah menyediakan layanan fisioterapi.

Lalu, berapa kisaran fisioterapi di klinik maupun rumah sakit? melakukan terapi ini sangat bervariasi, tergantung kebijakan /rumah sakit dan alat yang digunakan. Untuk area Jakarta dan sekitarnya, biaya fisioterapi nyeri di klinik berkisar Rp100 ribuan hingga Rp200 ribuan, sedangkan biaya fisioterapi kondisi stroke sekitar Rp150 ribu sampai Rp200 ribu, dan biaya fisioterapi inhalasi mulai Rp100 ribu.

Sementara, untuk biaya fisioterapi di rumah sakit, rata-rata lebih terjangkau dibandingkan di klinik. Di area Jakarta dan sekitarnya, biaya fisioterapi nyeri di rumah sakit mulai Rp45 ribu sampai Rp120 ribuan, biaya fisioterapi kondisi stroke berkisar Rp100 ribu sampai Rp150 ribuan, sedangkan biaya fisioterapi inhalasi mulai Rp50 ribuan.

Biaya Fisioterapi di Klinik dan Rumah Sakit Jakarta

Ilustrasi: teknik fisioterapi (sumber: mlhphysio.co.uk)

Ilustrasi: teknik fisioterapi (sumber: mlhphysio.co.uk)

Nama Klinik atau Rumah SakitKisaran Biaya Fisioterapi
Pusat Home CareMulai Rp150.000
SILOAM Hospital Asri MampangRp99.000 – Rp375.000
SILOAM Hospital Kebon JerukRp300.000 – Rp750.000
RSUP Fatmawati JakartaKonsultasi : Rp40.000 – 50.000
Tiket Pendaftaran : Rp25.000 – Rp30.000
Fisioterapi (2 alat) : Rp40.000
Hidoterapi : Rp98.000
Korset : Rp200.000 – Rp900.000
RSUD Pasar Minggu JakartaKonsultasi Dokter : Rp200.000 – Rp250.000
Foto Rontgen Tulang Belakang : Rp200.000
Fisioterapi (2 alat) : Rp100.000 – Rp130.000
Klinik Budhi PratamaMulai Rp100.000
Klinik Fisioterapi MitraMulai Rp200.000
Rumah Sakit Ibu & Anak BrawijayaMulai Rp400.000
RS Premier JatinegaraMulai Rp110.000
RS St. Carolus SalembaMulai Rp55.000
RS Jantung JakartaMulai Rp100.000
RS Menteng Mitra AfiaMulai Rp23.500
Takenoko Clinic Pondok IndahMulai Rp262.500
Rumah Sakit GandariaMulai Rp115.000
RS Satya NegaraMulai Rp72.500
Jesslyn Medical CenterMulai Rp75.000

Daftar tarif atau biaya fisioterapi di atas kami rangkum dari situs resmi klinik/rumah sakit dan juga sumber-sumber lain di internet. Biaya fisioterapi tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk lebih lengkap, silakan menghubungi langsung rumah sakit dan klinik yang bersangkutan.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Manfaat dan Harga Transpulmin (10 gr & 20 gr)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Fisioterapi di Rumah Sakit dan Klinik Area Jakarta"