Ketentuan dan Harga Terbaru Bagasi AirAsia Rute Domestik & Internasional

Dalam setiap penerbangan, entah itu rute domestik (dalam negeri) maupun internasional (luar negeri), setiap memiliki aturan dan jatah yang berbeda-beda mengenai barang bawaan dalam pesawat, tak terkecuali dengan maskapai berbiaya murah atau low cost carrier seperti AirAsia. AirAsia pada dasarnya menetapkan jatah bagasi gratis untuk tiap penumpang rute domestik sebesar 15 kg. Namun, ada sederet ketentuan lain bagi Anda yang ingin terbang bersama maskapai ini.

harga, bagasi, baggage, extra, ekstra, excess, free, gratis, air asia, airasia, maskapai, pesawat, rute, penerbangan, domestik, internasional, dalam, negeri, luar, 2018, 2019, 2017, daftar, beli, cara, cek, melalui, traveloka, setelah, tiket, 25 kg, 15, malaysia, kabin, ke, tracking

Ilustrasi: penumpang pesawat

Ketentuan Bagasi AirAsia

Semua penumpang (kecuali bayi) diperbolehkan membawa 2 bagasi kabin ke dalam pesawat yang terdiri dari:

  • 1 bagasi kabin: tidak boleh melebihi ukuran 56 cm (T) X 36 cm (L) X 23 cm (P) serta semua bagian seperti pegangan , roda, dan kantong tepinya harus muat dalam ruang penyimpanan di atas kepala di kabin pesawat.
  • 1 tas laptop atau 1 tas tangan atau 1 tas kecil: tidak boleh melebihi ukuran 40 cm (T) X 30 cm (L) X 10 cm (P) serta harus muat di bawah kursi di depan Anda. Berat kedua tas/koper dan tas kecil ini tidak boleh melebihi 7 kg.

Perlu diingat bahwa jatah bagasi kabin tersebut hanya berlaku untuk penumpang dewasa. Bayi berumur kurang dari 2 tahun tidak mendapat jatah bagasi kabin. Anak-anak berumur 2 tahun ke atas akan mendapat jatah bagasi kabin yang sama seperti yang disebutkan di atas. Saat bepergian dengan bayi atau anak-anak, kereta bayi tidak boleh masuk ke dalam pesawat tetapi dapat didaftarkan tanpa biaya. Segala jenis tempat duduk bayi juga harus didaftarkan dan akan termasuk ke dalam jatah bagasi terdaftar yang telah Anda beli.

Sebagai informasi, maskapai AirAsia memberlakukan bagasi terdaftar gratis atau free baggage hingga 15 kilogram. Namun, Anda sebagai penumpang boleh menambah jatah bagasi terdaftar dari 20 kg menjadi 25 kg atau lebih dengan cara membeli jatah bagasi tambahan secara atau di . Anda bisa lebih menghemat jika membuat pra-pesan atau pemesanan sebelumnya untuk bagasi Anda secara online sebelum berangkat ke .

Pembelian bagasi ini bisa dilakukan lewat fitur Pembelian Saya di situs resmi AirAsia, Live Chat, atau melalui Call Center AirAsia, atau bahkan konter check-in bandara paling lambat 4 jam sebelum waktu keberangkatan terjadwal. Setiap penumpang bisa membeli hingga 40 kg per arah, per penumpang. Jika Anda membawa bagasi terdaftar seberat 40 kg atau lebih, maka disarankan agar berat setiap bagasi terdaftar tidak lebih dari 32 kg.

Setiap penumpang yang membawa lebih dari jatah bagasi perorangan, akan dikenakan biaya kelebihan bagasi (excess baggage) dengan harga yang berlaku pada hari keberangkatan. Biaya kelebihan bagasi dihitung dan dibayar dalam mata uang negara keberangkatan. Menggabungkan atau berbagi jatah bagasi hanya diperbolehkan untuk mereka yang terdaftar dalam jadwal (nomor pembelian) yang sama dan mendaftarkan bagasi/check-in bersama.

Namun, jika Anda melakukan penerbangan internasional atau ke luar negeri, maka Anda harus mematuhi peraturan internasional mengenai pengangkutan cairan, aerosol, dan gel (LAGs) sebagai berikut.

  • Barang LAG seperti minuman, krim, parfum, penyembur (spray), gel dan pasta gigi harus berada dalam wadah dengan ukuran maksimal 100 ml.
  • Semua wadah LAG harus muat dalam tas plastik transparan yang dapat ditutup kembali.
  • Anda hanya boleh membawa satu plastik transparan yang dapat ditutup kembali dengan volume tidak lebih dari satu liter dan besarnya tidak lebih dari 20 cm x 20 cm.

Itulah ketentuan bagasi AirAsia yang harus Anda pahami jika ingin menumpang maskapai ini. Selain itu, ada ketentuan lain mengenai biaya bagasi AirAsia domestik dan luar negeri yang berbeda. Biaya bagasi AirAsia domestik dan luar negeri memiliki perbedaan dari segi berat bagasi yang Anda butuhkan. 

Pada tahun 2019 lalu, bagasi AirAsia untuk penerbangan domestik dipatok gratis hingga Rp384 ribuan, sedangkan untuk penerbangan luar negeri dipatok mulai Rp210 ribuan hingga Rp703 ribuan. Berikut kami sajikan harga bagasi AirAsia domestik dan internasional tahun ini.

Harga Bagasi AirAsia Domestik

Bagasi maskapai Air Asia (sumber: airasia.com)

Bagasi maskapai Air Asia (sumber: airasia.com)

Saat Pemesanan Awal

Berat BagasiTarif per Pax/per Sektor
15 kgGratis
20 kgRp88.000
25 kgRp105.600
30 kgRp176.000
40 kgRp308.000

Setelah Pemesanan Awal

Berat BagasiTarif per Pax/per Sektor
15 kgGratis
20 kgRp101.200
25 kgRp121.440
30 kgRp202.400
40 kgRp354.200

Keterangan:

  • Kompensasi untuk bagasi yang hilang akan diberi maksimal Rp4.000.000
  • Biaya Pemrosesan (debit langsung) tidak dapat dikembalikan dan dibebankan per penumpang, per pemesanan untuk pembayaran yang dilakukan melalui UnionPay, Alipay, WeChat, CCAvenue, Rupay, India Wallet, LINE Pay, NAPAS, dan PayPal. Lainnya akan dikenakan biaya per pemesanan.
  • Biaya Pemrosesan (kredit, debit, kartu kredit) tidak dapat dikembalikan dan dibebankan saat pembayaran dilakukan dengan kartu kredit debit atau biaya per tamu per pada saat pembelian.
  • Harap dicatat bahwa pengembalian pajak bandara dapat dikenai Biaya Pemrosesan (kredit, debit, kartu biaya) (jika berlaku). Biaya Pemrosesan Pengembalian Uang dibebaskan untuk pengembalian uang yang dilakukan di Korea Won untuk pemesanan yang dilakukan di Korea.
  • Biaya layanan pemesanan berlaku untuk semua pemesanan yang dilakukan melalui Call Center, Kantor Penjualan, Konter Penjualan Bandara, booth AirAsia Carrefour Indonesia dan ATSC’s.

Harga Bagasi AirAsia Internasional (Jakarta-Kuala Lumpur, Malaysia)

Koper penumpang pesawat Air Asia (sumber: economytraveller.com)

Koper penumpang pesawat Air Asia (sumber: economytraveller.com)

Saat Pemesanan Awal

Berat BagasiTarif per Pax/per Sektor
20 kgRp195.000
25 kgRp223.000
30 kgRp427.000
40 kgRp621.000

Setelah Pemesanan Awal

Berat BagasiTarif per Pax/per Sektor
20 kgRp225.000
25 kgRp257.000
30 kgRp491.000
40 kgRp714.000

Perlu diketahui bahwa informasi harga bagasi AirAsia bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Apabila Anda ingin mengetahui tarif atau harga bagasi AirAsia untuk rute lainnya, Anda dapat mengakses situs resmi www.airasia.com atau menghubungi call center AirAsia Indonesia di nomor telepon (021) 2927 0999 atau 0804 1333 333.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Terbaru Biaya Administrasi Reschedule Tiket Penerbangan Pesawat Lion Air
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Ketentuan dan Harga Terbaru Bagasi AirAsia Rute Domestik & Internasional"