Biaya Operasi Amandel (Tonsilektomi)

No comment1480 views

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan penyakit terkait amandel. Ini adalah salah satu penyakit yang sering menyerang anak-anak, juga orang dewasa meski jarang, sehingga menyebabkan pada tenggorokan dan demam. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ini adalah dengan melakukan operasi pengangkatan amandel, dengan yang memang tidak bisa dikatakan murah.

Biaya, amandel, risiko, operasi, pengangkatan, infeksi, radang, tenggorok, bakteri, virus, rumah sakit, dokter, obat, pasien, metode, jaringan

Ilustrasi: dokter melihat kondisi amandel

Fungsi Amandel

Dikutip dari Intisari, amandel dalam bahasa medis disebut dengan tonsil. Ini adalah salah satu benteng pertahanan tubuh manusia, terutama ketika masih dalam fase kanak-kanak, karena daya tahan tubuh relatif lemah pada usia tersebut. ini memiliki jumlah sepasang, yang berada di rongga tenggorok, di kiri dan kanan belakang rongga mulut. Berada di garda paling depan, amandel bertugas untuk menangkal kuman yang masuk dari mulut.

Masih menurut sumber yang sama, selain amandel, di rongga tenggorok sebenarnya masih ada lagi benteng pertahanan tubuh lainnya, yang bernama adenoid. Letak organ ini di langit-langit atas rongga tenggorok, di dekat saluran ke hidung. Fungsi adenoid sendiri serupa dengan amandel, sebagai penangkal kuman yang masuk dari udara yang masuk ke saluran napas.

Gangguan Radang Amandel

Ketika keadaan normal, sebenarnya di rongga mulut dan tenggorok terdapat banyak sekali kumat. Meski demikian, kuman-kuman itu tidak sampai membuat si anak sakit asalkan daya tahan tubuhnya dalam kondisi baik. Sebaliknya, saat daya tahan tubuh menurun, kuman-kuman itu bisa menjadi ganas dan menyebabkan infeksi. Karena daya tahan tubuh anak-anak belum sekuat orang dewasa, mereka lebih mudah kena infeksi.

Baca juga  Harga Inpepsa Syrup (100 ml & 200 ml)

Menurut Alodokter.com, penyebab radang amandel atau tonsilitis biasanya adalah virus, dan selebihnya disebabkan oleh . Mereka yang menderita tonsilitis pada umumnya akan mengalami sakit kepala, demam, nyeri tenggorokan saat menelan, sakit telinga, dan batuk. biasanya akan pulih dalam tiga hingga empat hari.

Biaya, amandel, risiko, operasi, pengangkatan, infeksi, radang, tenggorok, bakteri, virus, rumah sakit, dokter, obat, pasien, metode, jaringan

Ilustrasi: wanita menderita gangguan amandel

Menurut panduan kesehatan Mayo Clinic, radang amandel paling banyak disebabkan oleh virus. Urutan kedua adalah bakteri. Dari deretan bakteri, yang paling sering menyebabkan infeksi adalah Streptococcus beta-haemolyticus grup A. Jika biang keladinya virus, hanya memerlukan pereda nyeri, penurun panas, dan . Infeksi akan sembuh dengan sendirinya setelah daya tahan tubuhnya membaik.

Meski sebagian besar kasus tonsilitis tidak tergolong serius, namun tetap disarankan untuk menemui dokter jika Anda atau anak Anda mengalami gejala yang berlangsung lebih dari empat hari dan tidak kunjung sembuh. Dalam mendiagnosis radang amandel ini, dokter akan mengawali dengan pemeriksaan tenggorokan sekaligus mengajukan pertanyaan perihal gejala-gejala yang Anda rasakan.

Jika tonsilitis disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya gejala dapat berupa pembengkakan kelenjar getah bening di bagian tenggorokan, munculnya bintik-bintik nanah di sekitar amandel, dan/atau demam. Sementara, jika radang amandel disebabkan oleh infeksi virus, gejala-gejala yang muncul dinilai lebih ringan dari infeksi bakteri, dan sering disertai gejala batuk dan pilek.

Baca juga  Update Info Terbaru Biaya Cuci Darah (Hemodialisis) di Rumah Sakit

Radang Amandel

Sebagian besar kasus radang amandel akan sembuh dalam waktu sekitar satu minggu. Tidak ada obat khusus untuk menangani gangguan ini. Obat biasanya akan diberikan untuk meringankan gejala, seperti ibuprofen dan parasetamol sebagai pereda rasa sakit. Jika tonsilitis disebabkan oleh bakteri, maka antibiotik bisa digunakan. Untuk mempercepat pemulihan, pasien akan diminta untuk cukup istirahat dan minum banyak cairan.

Pengertian dan Prosedur Operasi Amandel

Operasi amandel merupakan jenis operasi yang umum dilakukan pada anak-anak, maupun orang dewasa. Dikenal juga dengan nama tonsilektomi, operasi bedah ini bertujuan untuk mengobati radang amandel atau peradangan kronis pada amandel. Tonsilektomi atau pengangkatan amandel sendiri, seperti dilansir Hellosehat.com, dapat dilakukan dengan dua metode.

Biaya, amandel, risiko, operasi, pengangkatan, infeksi, radang, tenggorok, bakteri, virus, rumah sakit, dokter, obat, pasien, metode, jaringan

Ilustrasi: operasi amandel

Metode yang lebih sering digunakan adalah diseksi diatermi bipolar, karena metode ini dapat mengurangi risiko pendarahan. Metode ini dilakukan dengan menggunakan forcep elektris guna menutup pembuluh darah yang ada di antara amandel dan otot di sekitarnya. Kemudian, amandel akan diangkat satu per satu. Metode ini digunakan ntuk mengeluarkan amandel secara total, untuk memastikan tidak ada jaringan amandel yang tertinggal satupun.

Sementara, metode lainnya adalah dengan menggunakan metode intrakapsular. Cara ini menggunakan probe elektrik untuk memecah dan menghancurkan protein di jaringan amandel. Probe tersebut mengandung larutan garam yang dipanaskan dengan arus listrik, sehingga dapat menghancurkan kelenjar yang terdapat di lapisan amandel. Metode ini sendiri diklaim tidak terlalu berisiko merusak otok dan pembuluh darah di sekitar amandel.

Baca juga  Update Harga Jamu & Obat Kuat Lelaki di Apotik

Jika tonsilitis berulang, operasi pengangkatan amandel mungkin akan disarankan. Anda juga akan disarankan melakukan pengangkatan amandel ketika amandel membengkak dan membuat sulit bernapas pada malam hari. Penyebab lainnya operasi amandel adalah infeksi pada amandel dan membentuk kantung nanah, antibiotik gagal mengatasi bakteri, dan adanya tumor pada amandel (jarang terjadi).

Biaya Operasi Amandel

Layaknya pengobatan pada umumnya, biaya operasi amandel bervariasi, tergantung jenis operasi yang dilakukan, lama rawat inap/rawat jalan, obat-obatan yang diperlukan, serta kebijakan rumah sakit. Di Kasih Ibu Hospital misalnya, tersedia paket operasi amandel dengan pilihan cicilan 12 x Rp1.050.000, 6 x Rp2.100.000, dan 3 x Rp4.2.000.000. Jika ditaksir rata-rata, biaya paket operasi amandel di tempat ini sebesar Rp12 jutaan.

Sementara, biaya operasi amandel di Rumah Sakit Premier Surabaya mulai Rp3,7 jutaan, biaya di Rumah Sakit Medirossa Cikarang berkisar Rp4,25 jutaan, biaya di Rumah Sakit Sumber Waras mulai Rp7,5 jutaan, dan biaya di RS Pertamina Cirebon mulai Rp7,9 jutaan. Untuk tempat yang lebih mahal, ada RS Siloam TB Simatupang dengan biaya Rp15 jutaan dan RS Siloam Kebon Jeruk dengan biaya ditaksir Rp20 jutaan.

Yang perlu diingat, seperti tindakan medis lainnya, operasi pengangkatan amandel harus dilakukan dengan menimbang risiko dan manfaatnya. Patokan orang tua harus membawa anak ke dokter adalah kalau radang sudah disertai demam dan nyeri tenggorok, terutama saat menelan. Dua gejala ini adalah pertanda bahwa radang disebabkan oleh infeksi.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Biaya Operasi Amandel (Tonsilektomi)"