Info Terbaru Harga Kusen UPVC per Meter (Jendela dan Pintu)

Kusen UPVC belakangan sedang naik daun serta menggeser posisi material seperti kayu dan , karena keunggulannya dibanding dengan dua jenis material tersebut. Dengan tampilannya yang kokoh dan artistik, membuat masyarakat lebih memilih kusen UPVC ini. Harga yang terjangkau, inovasi baru yang lebih mudah dalam pemasangan, serta hemat lingkungan, membuat kusen UPVC sudah banyak digunakan untuk bangunan-bangunan di perkotaan.

Ilustrasi Kusen UPVC (sumber: desainjendelamodern.blogspot.com)
Ilustrasi Kusen UPVC (sumber: desainjendelamodern.blogspot.com)

UPVC atau unplasticized polyvinyl chloride sendiri adalah material turunan dari plastik yang mengalami proses tertentu sehingga sifat lentur atau plastiknya dihilangkan. Hasil akhir material tersebut menjadi keras dan kemudian aplikasikan untuk berbagai macam bidang industri, misalnya saja sebagai bahan bangunan untuk pintu dan jendela. Merk kusen UPVC pun ada beragam, mulai dari merk Conch, Rehau, dan sebagainya.

Bacaan Lainnya

Kusen UPVC sebenarnya memiliki bentuk dan kegunaan seperti kusen pintu atau jendela pada umumnya. Namun, yang membedakan kusen UPVC dengan kusen lainnya adalah bahan dasar kusen ini, yaitu polivinil chloride yang diperkuat dengan proses yang dinamakan unplasticized, sehingga hasil akhirnya menjadi bahan yang lebih kuat daripada PVC. Material UPVC selalu diperkuat dengan besi (steel reinforcement) yang ada di dalam setiap profil UPVC, sehingga lebih kokoh dibandingkan kusen dari bahan seperti kayu.

Material UPVC memiliki keunggulan dibanding dengan kusen lainnya, dengan tingkat kekedapannya mampu meminimalkan suara bising dari luar sehingga membuat penghuni rumah merasa nyaman dan tenang di dalam ruangan. Produk ini pun diklaim anti rayap, tahan terhadap segala cuaca, dan masih banyak lagi spesifikasi lainnya yang membuat masyarakat memilih produk kusen berbahan UPVC.

Kelebihan Kusen UPVC

Kusen UPVC Jendela - www.kamaju-upvc.com
Kusen UPVC Jendela – www.kamaju-upvc.com
  • Ramah lingkungan. Proses pembuatan bahan UPVC diklaim sangat menghemat energi dibandingkan dengan bahan lain seperti aluminium dan kayu. Selain ini berarti emisi gas rumah yang dilepaskan jauh lebih sedikit, tetapi tingkat konsumsi hutan juga diperlambat karena jendela UPVC telah dikenal sebagai kayu.
  • Daur ulang. UPVC juga ramah lingkungan karena dapat sepenuhnya didaur ulang dan digunakan kembali untuk produksi profil UPVC
  • Proteksi terhadap api. UPVC memiliki proteksi atau perlindungan terhadap api, bahan profil yang khusus dibuat untuk menghambat menjalarnya api.
  • Bebas perawatan. UPVC tidak memerlukan pengecatan, karena permukaan UPVC yang sangat halus dan tidak berpori, sehingga mudah untuk dibersihkan dan tidak perlu perawatan khusus.
  • Anti rayap. UPVC disebut-sebut tahan terhadap rayap dan tidak mengundang rayap. Tidak seperti bahan alternatif lainnya seperti kayu yang mudah dimakan rayap.
  • Anti debu. Angin yang bertiup ketika musim hujan, khususnya di apartemen, menyebabkan bunyi mirip siulan dan suara berderak di jendela konvensional seperti kayu serta menyebabkan debu dan polutan lainnya untuk merembes masuk ke rumah. Kusen UPVC telah dirancang untuk tahan terhadap angin kencang, bahkan diklaim tahan badai sekalipun untuk memastikan kinerja yang kuat.
  • Multipoint-lock. Dilengkapi dengan sistem penguncian ganda untuk menjamin keamanan dan tidak mungkin dibuka secara paksa dari luar.
  • Rancangan bebas. UPVC bisa dirancang atau didesain sesuai dengan keinginan Anda dan menyesuaikan kondisi opening.
  • Anti bocor. Jendela UPVC dirancang khusus dengan lubang air yang berfungsi mencegah kebocoran air ke sisi dalam rumah. Fungsi ini sangat cocok bagi Indonesia yang sering mengalami musim hujan.
  • Hemat energi. UPVC memiliki Thermal Conductivity yang sangat rendah, dan bentuk profil dengan 3 sekat ruangan (cavities), sehingga dapat menjaga kesejukan di dalam ruangan dan pemakaian listrik untuk AC lebih irit dan efisien.
  • Tahan terhadap cuaca. UPVC diklaim telah teruji untuk cuaca tropis yang ekstrem, dengan umur yang luar biasa menandingi umur bangunan Anda, serta tahan terhadap suhu panas dan sinar UV.
  • Kedap suara. Kusen UPVC menggunakan sistem Welded-joints di setiap sudutnya dan Double Sealed antara daun dan kusen dengan menggunakan EPDM sehingga dapat meredam kebisingan dari luar ruangan.
  • Diperkuat dengan baja galvanis agar memperkokoh serta memberikan keamanan yang dapat diandalkan.
  • Penjepit kaca yang didesain khusus agar bisa menyesuaikan ketebalan kaca, yaitu single glass sampai triple glass dengan berbagai macam jenis kaca.
  • Dilengkapi rongga-rongga udara kecil yang berfungsi memperkuat struktur sekaligus memberi manfaat menghambat suara masuk ke dalam ruangan.
  • Lubang khusus dirancang agar air dapat keluar tanpa hambatan dan mencegah masuknya air ke dalam rumah.

Saat ini, tidak sulit mendapatkan kusen UPVC karena sudah dijual bebas di pasaran. Bahkan, Anda bisa membelinya lewat sejumlah situs jual beli online. Tahun lalu, UPVC frame door & window ditawarkan dengan harga Rp300 ribu per meter, sedangkan harga UPVC leaf window mulai Rp200 ribuan per meter. Lalu, berapa harganya sekarang di pasaran?

Harga Kusen UPVC

Harga Kusen UPVC - anekakusen.co.id
Harga Kusen UPVC – anekakusen.co.id
Jenis Kusen UPVCHarga
UPVC leaf windowRp200.000 per meter
UPVC leaf doorRp230.000 per meter
UPVC frame door & window (pintu dan jendela)Rp245.000 per meter
UPVC frame sliding windowRp250.000 per meter
UPVC frame sliding doorRp255.000 per meter
UPVC leaf window (sliding window)Rp270.000 per meter
UPVC leaf door (sliding door)Rp391.000 per meter
Harga Kusen UPVC - windownesia.co.id
Harga Kusen UPVC – windownesia.co.id

Harga kusen UPVC di atas tidak terikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Salah satu toko di Jakarta menjual kusen UPVC merk CONCH dengan harga mulai Rp170.000 per meter untuk profil UPVC putih, Rp190.000 per meter untuk profil UPVC hitam atau cokelat, dan Rp240.000 per meter untuk profil UPVC dark oak (serat kayu).

Selain itu, tidak sedikit toko yang menawarkan paket kusen beserta jendela atau pintunya dengan harga rata-rata jutaan rupiah. Pintu dan kusen UPVC merk CONCH dengan ukuran 210 x 80 cm misalnya, saat ini dilepas dengan harga Rp3.300.000 (bergaransi 10 tahun), terpantau turun dari tahun sebelumnya yang ditawarkan dengan harga Rp4.088.000. Untuk informasi lebih , Anda dapat menghubungi toko mebel terdekat di daerah Anda. (Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *