Jenis dan Info Terbaru Harga Tembaga per Kg

No comment30154 views

Tembaga termasuk konduktor panas dan listrik yang baik. Karena itu, ini kerap dimanfaatkan sebagai bahan kabel hingga . Tembaga memiliki tampilan yang menjadikannya begitu unik, yakni permukaan yang berwarna jingga kemerahan. Tembaga murni sifatnya halus dan cenderung lunak. Di samping itu, tembaga memiliki tingkat korosi yang sangat cepat.

Bongkah tembaga mentah (sumber: techexplorist.com)

Bongkah tembaga mentah (sumber: techexplorist.com)

Logam satu ini bukan hanya dijual dalam kondisi masih baru. Tembaga bekas komponen AC atau kabel pun biasanya masih memiliki nilai yang menjadikannya layak untuk dijual ke pengepul barang-barang bekas atau besi tua. Namun, antara satu tembaga dengan tembaga lainnya bisa saja berbeda-beda, sesuai dengan kelas atau tembaga itu sendiri. Agar lebih memahami, berikut ini ulasan -jenis tembaga yang ada di pasaran.

Jenis Tembaga

Tembaga Super (TS)

Tembaga Super atau yang di kalangan pengepul dijuluki TS adalah jenis tembaga kelas 1 yang biasanya dijual dengan harga tertinggi atau paling mahal. Tembaga Super memiliki ciri-ciri berupa terkecil minimal sebesar ijuk sapu lidi, kemudian warnanya mengilap seperti baru. Tembaga yang super biasanya tidak ada yang berwarna hitam, kotor, atau sejenisnya. Tembaga Super umumnya berasal dari tembaga kabel tegangan tinggi yang telah dikupas kulitnya, tetapi metode pengelupasan kulitnya bukan dengan cara dibakar, sehingga warnanya pun masih terjaga layaknya tembaga yang benar-benar baru.

Tembaga BC

Tembaga BC atau Bare Copper adalah jenis tembaga kelas 2 dengan harga di bawah Tembaga Super. Selisih harga antara Tembaga BC dengan TS biasanya terpaut sekitar 4-5%. Ciri-ciri Tembaga BC memang sepintas sama seperti Tembaga Super, pasalnya kedua jenis tembaga ini memiliki bentuk dan ukuran yang sama. Yang membedakan adalah warnanya. Tembaga BC cenderung tidak mengilap dan agak kuyu, lebam, atau menghitam.

Warna yang kurang bagus itu disebabkan Tembaga BC didapat dari tembaga jenis TS, dengan proses pengelupasan kulit kabelnya dilakukan dengan cara dibakar. Namun, proses pembakaran kulit kabel tembaga tersebut bersih dari abu sisa pembakaran. Selain yang bentuknya menyerupai lidi, ada pula Tembaga BC yang berbentuk tebal hingga yang bentuknya menyerupai pipa atau batangan.

Kawat kabel tembaga

Kawat kabel tembaga

Tembaga Biasa (TB)

Tembaga Biasa atau yang kerap disebut TB adalah jenis tembaga kelas 3 yang harganya di bawah BC dan terpaut sekitar 10-15% dari harga Tembaga Super (TS). Suatu tembaga diklasifikasikan ke dalam TB apabila berwujud tembaga lilitan besar atau kecil yang berasal dari dinamo penggerak, generator, maupun trafo. Walaupun ukurannya sebesar lidi, tembaga tersebut akan tetap dikategorikan Tembaga Biasa (TB), terlebih jika tembaga tersebut ukurannya di bawah BC atau berupa tembaga serabut yang ukuran menyerupai atau sebesar rambut. Tembaga Biasa ciri-cirinya tidak kotor dan tidak terdapat abu sisa pembakaran.

Tembaga Bakar

Posisi Tembaga Bakar dari segi harga berada di bawah Tembaga Biasa. Jika dibandingkan dengan Tembaga Super (TS), harga Tembaga Bakar selisih sekitar 10-20% lebih . Secara fisik, sebenarnya Tembaga Bakar hampir sama seperti Tembaga Biasa. Bedanya, sesuai dengan namanya, Tembaga Bakar didapat dari proses pengelupasan kulit kabel tembaga dengan cara dibakar. Proses pembakaran tersebut menjadikan tampilan Tembaga Bakar kurang sempurna, sebab sisa pembakaran kulit terkadang masih tertinggal dan wujudnya cenderung hitam, kotor, dan masih meninggalkan sisa abu bekas pembakaran kulit kabel tembaga.

Tembaga Dalung/Dandang

Tembaga Dalung/Dandang atau yang juga kerap disingkat dengan nama TD adalah jenis tembaga kelas 5 yang levelnya di bawah Tembaga Biasa. Apabila dibandingkan dengan Tembaga Super yang merupakan tembaga kelas 1, harga Tembaga Dandang terpaut jauh lebih murah sekitar 20-30%. Sesuai dengan namanya, Tembaga Dandang adalah tembaga yang terbuat dari dandang tembaga bekas.

Tembaga (sumber: roskill.com)

Tembaga (sumber: roskill.com)

Harga Tembaga

Harga tembaga biasanya ditentukan dari jenis dan kualitasnya, apakah tembaga yang benar-benar baru atau bekas. Tahun lalu, untuk tembaga murni kondisi baru dalam wujud butiran, dijual dengan harga yang cukup mahal, mencapai Rp610 ribu per 1 kilogram, tidak jauh berbeda dengan tahun ini. Sementara, harga tembaga bekas digolongkan menjadi 3, yakni tembaga rongsokan jenis TS harganya Rp53 ribuan per kg, rongsok tembaga jenis BC harganya Rp50 ribuan per kg, dan rongsok tembaga jenis TB dijual harga Rp42 ribuan per kg. Sebagai perbandingan, berikut harga tembaga rongsokan terbaru di pasaran.

Harga Tembaga Rongsokan

Jenis TembagaHarga
Tembaga TSRp82.000 per kg
Tembaga BakarRp61.000 per kg
Tembaga BCRp50.000 per kg
Tembaga TBRp45.000 per kg

Jika menilik dari lingkup yang lebih luas, harga tembaga baru biasanya dipengaruhi oleh kurs dolar AS. Saat artikel ini diterbitkan, harga tembaga di London Metal Exchange (LME) naik 0,7% menjadi 6.859 dolar AS per tahun pada September 2020. Tahun sebelumnya, harga logam tersebut berkisar 5.802 dolar AS per kg.

Pada tahun ini, harga tembaga bisa melesat menuju level tertinggi dalam dua tahun lantaran dolar AS cenderung mengalami pelemahan, selain prospek ekonomi yang positif mendorong sentimen. Data menunjukkan bahwa ekonomi beberapa kekuatan dunia, seperti China, mulai bangkit menjelang akhir tahun setelah sebelumnya harus terpuruk gara-gara wabah virus corona. 

Sebelumnya, faktor yang dominan pada tahun lalu adalah isu perang dagang sehingga permintaan terhadap logam satu ini agak berkurang karena perlambatan ekonomi. Menurut sejumlah analis atau ekonom, faktor perang dagang menjadi sentimen utama penyebab koreksi harga tembaga. Perselisihan dalam perang dagang ini dinilai akan terus menekan harga tembaga.

Baca juga  Harga Kompor Gas Tanam (Semua Merk dan Spesifikasinya)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Jenis dan Info Terbaru Harga Tembaga per Kg"