Info Terbaru Pengertian dan Analisis Biaya Produksi Jangka Pendek

Di dalam suatu perusahaan, salah satu jenis biaya yang sangat penting adalah . Secara simpel, ini dapat dikatakan sebagai semua pengeluaran yang dilakukan oleh suatu entitas (misalnya perusahaan) untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan -bahan mentah yang akan digunakan untuk menciptakan barang-barang yang diproduksi perusahaan tersebut. sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa macam, salah satunya jangka pendek.

Biaya produksi sendiri merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan ketika perusahaan akan menghasilkan produksi. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan tentu menginginkan yang besar dalam setiap usaha produksinya. Karena itu, diperlukan pemahaman tentang biaya produksi agar suatu perusahaan dapat menghitung biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk menghasilkan output barang.

biaya, produksi, jangka, pendek, rumus, fungsi, output, perubahan, naik, dan, turun, alasan, analisis, panjang, perusahaan, keuntungan, maksimum, faktor, marginal, cost, mc, tvc, tfc, fixed, total, variabel

Lini produksi di

Pengertian Biaya Produksi

Menurut Rizka dan Effendi (2014:2), biaya produksi adalah biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi jadi yang siap untuk dijual. Sementara, Putu dkk (2015:4) menuturkan bahwa biaya produksi adalah biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mengolah bahan baku menjadi jadi yang siap dijual. Biaya produksi adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh pengusaha untuk membuat , baik barang maupun .

Biaya produksi merupakan sebagian keseluruhan faktor produksi yang dikorbankan dalam proses produksi untuk menghasilkan produk. Dalam kegiatan perusahaan, biaya produksi dihitung berdasarkan jumlah produk yang siap dijual. Biaya produksi sering disebut ongkos produksi. Berdasarkan pengertian tersebut, biaya produksi adalah keseluruhan biaya yang dikorbankan untuk menghasilkan produk hingga produk itu sampai di pasar, atau sampai ke tangan .

Unsur Biaya Produksi

  • Biaya bahan baku langsung, bahan baku langsung adalah bahan baku yang merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari produk selesai dan dapat ditelusuri langsung kepada produk selesai. Contoh dari bahan baku langsung adalah kayu dalam pembuatan mebel, kain dalam pembuatan pakaian, karet dalam pembuatan ban, tepung dalam pembuatan kue, minyak mentah dalam pembuatan bensin, kulit dalam pembuatan sepatu, dan lain-lain. 
  • Biaya tenaga kerja langsung, biaya ini merupakan tenaga kerja yang digunakan dalam mengubah atau mengonversi bahan baku menjadi produk selesai dan dapat ditelusuri secara langsung kepada produk selesai. Contoh dari biaya tenaga kerja langsung adalah upah tukang serut dan potong kayu dalam pembuatan mebel, tukang jahit, bordir, pembuatan pola dalam pembuatan pakaian, operator mesin jika menggunakan mesin, dan lain-lain.
  • Biaya overhead pabrik, adalah biaya selain bahan baku langsung dan tenaga kerja langsung, tetapi membantu dalam mengubah bahan menjadi produk selesai. Biaya ini tidak dapat ditelusuri secara langsung hingga produk selesai. Biaya overhead dapat dikelompokkan menjadi elemen bahan tidak langsung (bahan pembantu atau penolong), tenaga kerja tidak langsung, dan biaya tidak langsung lainnya).
  • Biaya variabel, biaya yang totalnya meningkat secara proporsional terhadap peningkatan dalam aktivitas dan menurun secara proporsional terhadap penurunan dalam aktivitas.

    biaya, produksi, jangka, pendek, rumus, fungsi, output, perubahan, naik, dan, turun, alasan, analisis, panjang, perusahaan, keuntungan, maksimum, faktor, marginal, cost, mc, tvc, tfc, fixed, total, variabel

    Karyawan sedang berdiskusi

Definisi Biaya Produksi Jangka Pendek

Biaya produksi sendiri masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis, salah satunya biaya produksi jangka pendek. Ini dapat dikatakan sebagai biaya yang menunjukkan sebagian faktor produksi tidak dapat ditambah jumlahnya, dengan salah satu faktor produksi bersifat tetap dan yang lain berubah. Ditinjau dari hubungannya dengan produksi, biaya ini dibedakan menjadi dua, yakni:

  • Dalam hubungannya dengan tujuan biaya, mencakup biaya langsung dan biaya tidak langsung.
  • Dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan, mencakup biaya tetap total, biaya variabel total, biaya total, biaya tetap rata-rata, biaya variabel rata-rata, dan biaya total rata-rata.

Analisis Biaya Produksi Jangka Pendek

Ketika melakukan analisis biaya produksi jangka pendek, ada tiga yang dihitung, yaitu biaya tetap total (total fixed cost/TFC), dengan f adalah konstan. Kemudian, ada biaya variabel total (total variable cost/TVC), dengan f merupakan output atau Q, serta total cost/TC, yang dapat dihitung dengan menggunakan rumus TC=TFC + TVC.

Selain menghitung biaya-biaya di atas, dalam analisis biaya produksi jangka pendek, ada beberapa jenis biaya lagi yang dihitung, seperti average fixed cost/AFC yang memiliki rumus AFC=TFC/Q. Kemudian, ada average variabel cost/AVC, dengan AVC=TVC/Q, average cost yang dapat dihitung memakai rumus AC=TC/Q atau TFC=TVC/Q, atau AFC+AVC. Terakhir, adalah biaya marjinal atau marginal cost (MC) yang dapat diperoleh melalui hasil penambahan biaya produksi yang digunakan untuk menambah produksi satu unit barang.

biaya, produksi, jangka, pendek, rumus, fungsi, output, perubahan, naik, dan, turun, alasan, analisis, panjang, perusahaan, keuntungan, maksimum, faktor, marginal, cost, mc, tvc, tfc, fixed, total, variabel

Menghitung biaya produksi jangka pendek

Di beberapa titik, memang ada kemungkinan biaya produksi akan mulai meningkat dengan output. Ada tiga alasan untuk perubahan itu, yaitu setidaknya dalam jangka pendek, ruang pabrik dan kapasitas mesin dapat membuat keadaan lebih sulit bagi pekerja untuk melakukan pekerjaan secara efektif; mengelola sebuah perusahaan besar, mungkin menjadi lebih kompleks dan tidak efisien karena jumlah tugas meningkat; dan keuntungan dari membeli dalam jumlah besar mungkin telah menghilang setelah mencapai titik tertentu.

(Panca)

 

Referensi:

Rizka dan Effendi. 2014. Pengaruh Biaya Produksi Variabel dan Efisiensi Operasi terhadap Margin Kontribusi (Studi Kasus pada Sumber Bangunan Palembang). Jurnal Akuntansi S1 STIE MDP hal. 2.

Putu dkk, Dewa. 2015. Pengaruh Jenis Produk, Biaya Promosi dan Biaya Produksi terhadap Volume Penjualan Menurut Perspektif Syariah. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen, Vol. 3 hal. 4.

Widjajanta dkk, Bambang. 2007. Mengasah Kemampuan . Bandung: CV Citra Praya.

Baca juga  Update Harga Cetak Buku (HVS, HSSD, Art Paper)
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Info Terbaru Pengertian dan Analisis Biaya Produksi Jangka Pendek"