Info Jenis & Harga Terbaru Kain Polyester per Meter

Polyester adalah salah satu bahan yang berasal dari proses kimiawi. Istilah polyester sendiri merujuk pada 2 kata, yakni polymer yang berarti plastik dan ester yang merupakan hasil pencampuran minyak bumi, alkohol, dan asam karboksilat. Bahan ini banyak digunakan sebagai kaos, kemeja, gaun, jas, jaket, baju olahraga, hingga untuk perabot rumah tangga seperti kain pada furniture, isolasi listrik, peralatan komputer, tali untuk penguat ban, dan masih banyak lagi. Kain polyester jenisnya ada bermacam-macam. Berikut ulasan lengkap seputar jenis, kelebihan, kekurangan, dan kain polyester di pasaran.

Keterangan bahan polyester pada label pakaian (sumber: wevatextile.com)

Keterangan bahan polyester pada label (sumber: wevatextile.com)

Jenis Kain Polyester

  • Polyethylene Terephthalate alias PET adalah jenis serat yang paling populer dari polyester yang digunakan untuk bahan pembuatan kain. Dalam memproduksi PET polyester, ethylene glycol dicampurkan dengan asam tereftalat atau metil ester dengan katalis antimon. Jenis serat ini memiliki keuntungan utama berupa bahannya yang bisa didaur ulang serta cukup menghemat waktu dalam proses produksinya.
  • PCDT polyester memakai kombinasi kimia yang disebut poly-1, 4-cyclohexylene-dimethylene terephthalate. Jenis kain PCDT polyester mungkin tidak sepopuler PET, namun tetap digunakan sebagai jenis polyester lantaran memiliki kelebihan dari segi ketahanan dan tingkat elastisitas kain yang lebih baik. PCDT polyester dikenal cocok untuk produksi yang lebih berat seperti pembuatan tirai dan juga aksesoris furnitur.
  • Benang juga bisa digunakan untuk menciptakan kain polyester. Contoh benang yang digunakan untuk membuat kain polyester yaitu benang filamen, benang pintal, dan benang bertekstur yang diolah melalui proses khusus hingga menciptakan kain polyester dengan terbaik. Benang ini melalui proses yang sedemikian rupa dan menghasilkan kain polyester. Nah, kain polyester tersebut mampu terlihat mirip dengan kain yang berasal dari bahan alami. Tapi tetap saja, kain polyester ini berasal dari bahan kimia.

Kelebihan Kain Polyester

  • Beberapa jenis kain mungkin terasa begitu merepotkan karena meski sudah disetrika berkali-kali, ternyata masih saja terlihat kusut atau berkerut, sehingga kurang sedap dilihat. Nah, Anda tidak akan menemukan itu pada bahan polyester. Bahan satu ini kabarnya tidak mudah kusut walaupun sudah ditekuk-tekuk atau dipakai seharian. Di samping itu, bahan polyester pun tidak mudah menyusut atau melar.
  • Kelebihan lainnya dari kain polyester adalah sifatnya yang tahan lama serta lebih tahan terhadap bakteri, sehingga Anda dapat menggunakan kain ini untuk jangka waktu yang cukup lama tanpa perlu khawatir akan rusak.

Yang membuat kain polyester lebih unggul dari bahan lainnya adalah karakteristiknya yang lebih cepat kering saat dicuci. Pakaian atau dari bahan polyester tak perlu terlalu lama dijemur karena bisa mengering dengan relatif cepat meski hanya diangin-anginkan begitu saja. Kain satu ini pun memiliki karakter tahan air alias waterproof, sehingga banyak perlengkapan outdoor seperti tenda hingga busana outdoor yang menggunakan polyester sebagai bahan utamanya. Bahan polyester pun disebut-sebut cocok dipakai di daerah yang dingin karena sifatnya yang mudah menyerap panas.

informasi, info, harga, kain, polyester, per, meter, permeter, motif, polos, 2016, 2017, 2018, 2019, viscose, tessa, polino, berapa, jual, beli, dimana, murah, termurah, roll, 1, kg, kilo, kilogram, kiloan, gulungan, kelebihan, kekurangan

Kain polyester mudah melar & lentur (sumber: textileschool.com)

Kelemahan Kain Polyester

  • Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, polyester adalah kain yang mengandung plastik. Oleh sebab itu, kain polyester relatif mudah terbakar. Jadi, sebaiknya jangan meletakkan bahan polyester di dekat api. Beberapa busana yang terbuat dari polyester pun tidak disarankan untuk disetrika, karena akan mudah terbakar dan juga lebih mudah menyusut. Jika ingin mencuci kain polyester pun sebaiknya tidak mencucinya menggunakan air panas.
  • Tekstur kain polyester diketahui cukup rapat. Kelemahan satu ini membuat bahan polyester mudah lembap dan sulit menyerap keringat berlebih. Beberapa orang menganggap bahan polyester kurang nyaman bila digunakan sebagai pakaian, terutama ketika cuaca sedang panas. Terlebih karena di dalamnya mengandung bahan kimia, beberapa orang dengan sensitif kemungkinan bisa mengalami iritasi saat mengenakan kain polyester.

Guna meminimalkan beberapa kekurangan dari kain polyester ini, biasanya penggunaan polyester bisa dipadukan dengan bahan lainnya seperti , sehingga disebut kain polyester (polycotton). Bahan serat polyester bisa mempertahankan bentuk dari kain itu sendiri sekaligus membantu agar kain tidak gampang kusut atau terkena noda, sedangkan memiliki daya serap terhadap keringat yang lebih baik, sehingga lebih nyaman ketika dikenakan.

Harga Kain Polyester

Seperti halnya kain lain, polyester biasanya dijual eceran atau meteran (per 1 meter) atau gulungan (1 roll). Harga kain polyester tebal per meter berkisar mulai Rp12.000, kemudian ada polyester microfiber yang dijual seharga Rp32.500 per meter, hingga kain polyester hyget polos putih yang diklaim bertekstur halus dibanderol seharga Rp95.000 per kilogram (kg).

Informasi harga kain polyester per meter tersebut didapatkan dari berbagai sumber yang ada di internet. Namun, perlu diingat bahwa harga kain polyester bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Pada tahun 2019 lalu, kain polyester biasa dijual dengan harga Rp11.900 per meter, kain polyester microfiber dijual Rp29.500 per meter, dan kain polyester hyget polos Rp58.500 per kg.

Apabila Anda membutuhkan kain polyester, Anda bisa mencarinya di sejumlah toko kain terdekat. Namun, bila Anda kesulitan menemukan kain polyester di toko-toko kain yang ada di sekitar tempat tinggal Anda, Anda juga dapat membeli kain polyester secara online melalui sejumlah situs e-commerce yang ada di Indonesia.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Update Terkini Jenis & Harga Bedak Jafra
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Jenis & Harga Terbaru Kain Polyester per Meter"