Daftar Harga Spandek Transparan Berbagai Ukuran

Pada saat membangun atau , ada banyak hal yang diperhatikan. Contohnya adalah menentukan yang akan dipakai, desain yang diinginkan, material bangunan di pasaran serta kondisi keuangan dari pemilik rumah.

Ilustrasi: renovasi rumah (sumber: renovasisolo.com)

Dari beberapa pertimbangan, akan bisa diambil keputusan. Ada banyak jenis material bangunan yang dijumpai di pasaran. Apabila Anda sedang ingin merombak , Anda bisa mempertimbangkan spandek. spandek merupakan yang terbuat dari zincalume dengan komposisi material zinc atau seng (Zn) sebanyak 43%, bahan aluminium 55%, dan extra silicon 2%.

Cara membuatnya plat zincalume yang masih berupa lembaran polos dibentuk dengan memakai mesin tekuk baja ringan. Plat tersebut kemudian dibentuk dengan mesin press menjadi beberapa varian, di antaranya atap spandek gelombang kecil dan besar, lengkung, dan kliplok (cliplock).

Varian tersebut pun masih dicustom lagi dengan berbagai varian diantaranya atap spandek warna (coating), spandek lapis pasir, spandek lapis aluminium foil (laminasi) atau lapis peredam yang kedap suara. Ada juga atap spandek varian berbahan plastik atau disebut spandek transparan/plastik (spandek bening).

Atap spandek memiliki keunikan dan dari sisi desain memang lebih terlihat menarik, juga terlihat rapi pada saat sudah terpasang. Atap spandek juga lebih elastis sehingga lebih mudah dibentuk misalnya untuk pembuatan kubah bisa dibentuk dengan mesin.

Baca juga  Update Syarat & Biaya Pemasangan Listrik Baru PLN 1300 Watt

Jika untuk kubah, atap spandek termasuk custom. Untuk pilihan custom tersebut, Anda bisa memesan atau konsultasi dahulu serta mengirimkan gambar desain yang Anda inginkan. Terlebih motif lengkung, sudah pasti tidak bisa dipress ulang.

Di toko bangunan ada banyak sekali pilihan atap spandek yang bisa dibeli. dan warnanya beragam sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli. Hal ini berbeda dengan beberapa tahun lalu, di mana atap spandek masih dijual dalam satu warna sesuai dengan warna aslinya, yakni zincalume silver.

Atap spandek memiliki ketebalan yang bervariasi, mulai dari 0,30 sampai 0,50 mm. Ketebalan atap jenis ini memang tidak setebal atap jenis lainnya yang bisa mencapai 1 mm atau bahkan ada yang mencapai 1 cm.

Ukuran panjang atap spandek juga bervariasi, bahkan bisa dicustom sesuai keinginan dan kebutuhan. Dengan begitu, memudahkan pada proses pemasangan. Konsumen bisa memesan dari ukuran 2, 3, 4, 5, 6, sampai 12 meter.

harga, spandek, transparan, atap, parkir, warna, tebal, lebar, meter, persegi, per, kelebihan, kekurangan, panas, semi, toko, bangunan, jenis, material, bangunan, rumah, glasswool, alumunium, foil

Ilustrasi: pemasangan atap teras menggunakan spandex transparan (sumber: canopymodern.com)

Kendati demikian ketahanan dan kekuatan atap spandek tidak kalah dari jenis lain. Atap jenis ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain ringan, anti pecah, anti patah, tidak mudah keropos, anti rayap, tidak tembus sinar matahari dan tahan lama.

Baca juga  Kandungan Gizi, Manfaat Bagi Kesehatan & Harga Ikan Bandeng Per Kg

Sementara itu, kekurangan atap spandek adalah suara yang bising. Hal ini dikarenakan atap terbuat dari bahan dasar seng, sehingga tipis dan mudah menimbulkan suara apabila terkena sesuatu. Di samping itu, atap spandek juga sedikit panas. Meskipun dapat menahan sinar matahari agar tidak tembus, namun suhu panas bisa menjalar di bawah atap. Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan memasang glass wool dan aluminium foil. Konsekuensinya adalah Anda harus mengeluarkan dana tambahan.

Untuk harga, bisa saja Anda menemui perbedaan harga atap spandek di beberapa tempat. Ada yang menjual per meter mulai dari Rp 59 ribuan, ada pula yang lebih dari itu. Sebagai informasi harga, Anda bisa melihat tabel di bawah ini.

Daftar Harga Atap Spandek Transparan

Nama Produk & Spesifikasi Harga (Rp)
Atap spandek tebal 0,30 meter dan lebar 1 meter 59.000
Atap spandek tebal 0,35 meter dan tebal 1 meter 65.000
Atap spandek 0,40 meter dan lebar 1 meter 70.000
Atap spandek tebal 0,45 meter dan lebar 1 meter 80.000
Atap spandek tebal 0,50 meter dan lebar 1 meter 90.000

Atap spandex transparan (sumber: Bukalapak)

Atap spandek umumnya digunakan untuk pabrik, gudang, ruko, kanopi spandek, sampai ke bangunan rumah. Kegunaan lebih umum biasanya untuk atap kanopi. Dikarenakan sifatnya praktis dan lebih cepat dalam pemasangan atap sebuah bangunan, sehingga lebih hemat tenaga biaya pekerja.

Baca juga  Daftar Harga Gula Pasir 1 Karung dan Kiloan Terbaru

Meskipun hemat, atap spandek sudah umum diketahui bisa menimbulkan panas. Selain menggunakan glasswool dan alumunium foil, Anda juga bisa memakai cara lain, yaitu mengganti atap seng/metal dengan atap uPVC berongga SkyDeck. Penggunaan atap ini bisa sekaligus mengubah visual rumah menjadi lebih futuristik.

Atap uPVC SkyDeck keluaran PT Grahaexcel Plastindo memiliki rongga yang dapat menurunkan suhu ruangan hingga 6 derajat celcius. Atap jenis ini juga membuat kanopi menjadi gaya minimalis. Fungsi atap itu selain menjadikan suhu garasi rumah dingin, juga melindungi mobil. Mulai dari panas matahari, getah pohon, bahkan kotoran burung saat mobil sedang di parkir.

Terkait pilihan warna, Anda bisa menggunakan warna solid white semi transparan. Selain efeknya baik, dari sisi estetika juga rumah terlihat bersih dan nyaman dipandang. Atap uPVC SkyDeck dibanderol dengan harga sekitar Rp 135.000 per meter persegi untuk warna solid dan Rp 185.000 per meter persegi untuk warna semi transparan. Namun, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Dengan memasang atap SkyDeck, Anda tidak perlu lagi memasang alumunium foil dan insulasi suara atau glasswool. Pemasangan juga lebih mudah jika dibandingkan dengan pemasangan atap lainya.

Hal paling penting adalah atap SkyDeck mudah dirawat. Kotoran akan bersih dengan sendirinya pada saat terkena hujan. SkyDeck tersedia di toko-toko bangunan terdekat. Anda juga dapat mengakses melalui www.grahaexcel.com dan www.skydeckroof.com

loading...

Leave a reply "Daftar Harga Spandek Transparan Berbagai Ukuran"