Update Daftar Harga Spandek Transparan Bening per Meter & per Lembar

Apabila Anda sedang ingin merombak atap rumah Anda, Anda bisa mempertimbangkan atap spandek. Atap spandek merupakan atap yang terbuat dari zincalume dengan komposisi zinc atau seng (Zn) sebanyak 43%, bahan aluminium 55%, dan extra silicon 2%. Ada beragam tipe atap spandek, seperti transparan dan pasir, dengan harga yang relatif terjangkau.

Spandek bening (sumber: indotrading.com)Spandek bening (sumber: indotrading.com)
Spandek bening (sumber: indotrading.com)

Untuk membuat atap spandek, awalnya plat zincalume yang masih berupa lembaran polos dibentuk dengan memakai mesin tekuk baja ringan. Plat tersebut kemudian dibentuk lagi dengan mesin press menjadi beberapa varian, di antaranya atap spandek gelombang kecil dan besar, lengkung, dan kliplok (cliplock).

Bacaan Lainnya

tersebut pun masih dapat di-custom lagi dalam berbagai tipe di antaranya atap spandek warna (coating), spandek lapis pasir, dan spandek lapis aluminium foil (laminasi) atau lapis peredam yang kedap suara. Ada juga atap spandek varian berbahan atau sering disebut dengan spandek transparan/plastik (spandek bening).

Atap spandek memiliki keunikan dan dari sisi desain memang lebih terlihat menarik, juga terlihat rapi pada saat sudah terpasang. Atap spandek juga lebih elastis sehingga lebih mudah dibentuk, misalnya untuk pembuatan kubah bisa dibentuk dengan mesin. Jika untuk kubah, atap spandek termasuk custom. Untuk pilihan custom tersebut, Anda bisa memesan atau konsultasi dahulu serta mengirimkan gambar desain yang Anda inginkan.

Baca juga  Info Terbaru Harga Koper Delsey Original (Hard Case & Soft Case)

Di toko bangunan, sudah ada banyak sekali pilihan atap spandek yang bisa dibeli sesuai kebutuhan. Ukuran dan warnanya beragam sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli. Hal ini berbeda dengan beberapa tahun lalu, ketika atap spandek masih dijual dalam satu warna sesuai dengan warna aslinya, yakni zincalume silver.

Selain warna, atap spandek pun memiliki ketebalan yang bervariasi, mulai dari 0,30 mm sampai 0,50 mm. Ketebalan atap jenis ini memang tidak setebal atap jenis lainnya yang bisa mencapai 1 mm atau bahkan ada yang mencapai 1 cm. Ukuran panjang atap spandek juga bervariasi, bahkan bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan, yang akhirnya memudahkan proses pemasangan. Konsumen bisa memesan dari ukuran 2 m, 3 m, 4 m, 5 m, 6 m, sampai 12 meter.

Atap jenis ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain ringan, tahan pecah, tahan patah, tidak mudah keropos, tahan terhadap serangan rayap, tidak tembus sinar matahari, dan tahan lama. Sementara itu, kekurangan atap spandek adalah suara yang bising. Hal ini dikarenakan atap terbuat dari bahan dasar seng, sehingga tipis dan mudah menimbulkan suara apabila terkena sesuatu.

Baca juga  Info Terbaru Harga Cling Pembersih Kaca di Alfamart, Indomaret, dan Situs E-Commerce

Di samping itu, atap spandek juga sedikit panas. Meskipun dapat menahan sinar matahari agar tidak tembus, namun suhu panas bisa menjalar di bawah atap. Untungnya, Anda masih bisa mengatasi hal tersebut dengan memasang glasswool dan aluminium foil. Konsekuensinya adalah Anda harus mengeluarkan dana tambahan.

Jika Anda tertarik menggunakan ini untuk kebutuhan atap hunian Anda, tidak sulit mendapatkan atap spandek. Anda bisa membelinya di berbagai toko bahan bangunan, bahkan situs jual online. Harga atap spandek bervariasi, tergantung ukuran serta jenisnya. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga atap spandek transparan.

Harga Spandek Transparan

Merk/Ukuran Spandek Transparan Harga
Spandek Transparan 1 m x 3 m x 1,2 mm Rp100.000 – Rp140.000 per meter
Spandek Transparan 1 m x 4 m x 0,8 mm Rp488.000 per lembar
Spandek Transparan 1 m x 6 m x 0,8 mm Rp900.000 per lembar
Spandek Transparan 77 cm x 5 m x 1 mm   Rp450.000 per lembar
Spandek Transparan 1 m x 4 m x 1 mm Rp480.000 – Rp540.000 per lembar
TRIMDECK G-Net Spandek Transparan 4 m Rp432.000 per lembar

Harga atap spandek transparan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bangunan dan situs jual beli dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya terpantau fluktuatif. Spandek transparan 1 m x 6 m x 0,8 mm misalnya, awalnya dijual Rp1,287 juta per lembar, sekarang turun menjadi Rp900 ribuan per lembar. Sementara itu, harga TRIMDECK G-Net spandek transparan 4 m yang semula Rp356 ribu per lembar, naik menjadi Rp432 ribuan per lembar.

Pasang Spandek Transparan Bening - www.olx.co.id
Pasang Spandek Transparan Bening – www.olx.co.id

Karena spandek transparan dapat menimbulkan suara yang bising, Anda dapat beralih ke atap spandek pasir. Ini adalah atap yang terbuat dari aluminium dan seng yang dilapisi dengan pasir pada lapisan atasnya. Dengan komposisi tersebut, spandek pasir diklaim sebagai atap yang tidak akan menimbulkan suara berisik ketika air hujan turun di atasnya.

Baca juga  Update Daftar Harga Kayu Rasamala dalam Berbagai Ukuran dan untuk Aquascape

Saat ini, spandek pasir telah banyak diaplikasikan sebagai penutup bangunan atau gedung, dinding gudang, garasi, kanopi, atap rumah, dan lain-lain. Selain tidak berisik ketika hujan turun, spandek pasir juga diklaim memiliki daya tahan terhadap api, tahan terhadap gempa, ringan, kuat, tahan lama, tahan terhadap korosi atau anti-karat, anti-rayap, ramah lingkungan, serta tahan terhadap angin kencang.

Atap spandek pasir sendiri juga biasa disebut dengan zincalume atau ecotrim. Atap ini umumnya tersedia dalam model gelombang dan hadir dengan ketebalan mulai 0,3 mm hingga 0,5 mm. Di pasaran, spandek pasir sering dijual per meter, dengan lebar 700 cm sampai 1 meter dan panjang bervariasi, mulai 3 meter, 3,5 meter, 4 meter, 5 meter, 5,5 meter, hingga 6 meter.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.