Cara Ternak dan Harga DOC Ayam KUB

No comment656 views

Karena punya kualitas daging yang baik, DOC ayam KUB (Kampung Unggulan Badan Litbang Pertanian) bisa dikembangkan menjadi .[1] Inilah alasan kenapa banyak peternak yang mengincarnya meskipun harga DOC ayam KUB tidak semurah DOC ayam petelur biasa.

Ayam KUB (sumber: gatra.com)

Ayam KUB (sumber: gatra.com)

Keunggulan lain ayam KUB adalah sifat mengeram rendah, sehingga menjadi indukan penghasil DOC (female line) yang banyak.[2] Tentunya ini menjadi keuntungan mereka yang ingin berbisnis telur ayam sekaligus DOC. Meskipun begitu, ternak DOC ayam KUB tidak bisa sembarangan dan berikut rinciannya.

Cara Ternak Ayam KUB

  • Untuk memperoleh indukan dan keturunan dengan produktivitas tinggi, Anda harus memilih indukan betina dan jantan dengan tepat. Pilihlah indukan yang dan tidak cacat.
  • Khusus untuk pejantan, pilih yang mampu bergerak lincah, memiliki postur badan yang tegak, bermata bening, berbulu halus, berbulu mengilap, sisik teratur, memiliki kaki dan kuku bersih, dan memiliki nafsu kawin yang tinggi. Selain itu, pilih indukan jantan yang sudah berusia 1-2,5 tahun atau yang sudah bertaji.
  • Untuk sistem kawin IB pejantan yang dipakai, mempunyai hubungan yang jauh dengan induk yang akan diinseminasi. Sementara, untuk sistem kawin IB, pilihlah pejantan yang sudah terlatih diambil semennya.
  • Khusus untuk indukan betina, pilih yang memiliki tingkat tinggi dan minimal sudah mengalami periode peneluran pertama pada usia tujuh hingga delapan bulan. Pilih juga induk yang sedang bertelur.
  • Jumlah indukan jantan dan betina yang akan Anda masukkan ke dalam kandang pistal berjumlah 1:6. Anda juga bisa memasukkan indukan dalam jumlah yang besar, yakni 2:12.
  • Saat mengandangkan ayam, perhatikan usianya dan kelompokkan berdasarkan umurnya. DOC KUB berusia nol hingga enam minggu adalah starter, DOC KUB usia enam hingga 12 minggu termasuk grower, DOC KUB usia 12-16 minggu dikelompokkan dalam kandang developer, dan KUB dewasa usia 18-68 minggu dikelompokkan menjadi layer atau roster.
  • Ada tiga bentuk kandang yang bisa Anda pilih dalam budidaya ayam KUB, yakni kandang postal, kandang battery, dan kandang berpagar. Pastikan Anda membuat kandang ayam yang nyaman dan aman untuk DOC KUB.
  • Untuk ayam periode starter, dapat ditempatkan sebanyak 30 ekor dengan luas 100 cm x 100 cm x 40 cm.
  • Ayam periode grower bisa dimasukkan sebanyak 15 ekor ke dalam kandang ukuran 100 cm x 100 cm x 60 cm.
  • Lalu, ayam berusia layer dianjurkan ditempatkan pada kandang model postal atau litter dengan ukuran kandang 1 m x 1 m x 1 m dengan jumlah satu ekor jantan dan enam ekor betina.
  • Anda juga boleh memasukkan ayam golongan layer pada kandang battery ukuran 1,4 m x 40 cm x 35 cm untuk satu ekor jantan dan tiga ekor betina.
  • Sistem pemeliharaan ayam kampung petelur dianjurkan dengan sistem intensif atau ternak selalu dikandangkan. Ini mempermudah Anda dalam melakukan manajemen pemeliharaan, seperti pengaturan pemberian pakan, waktu , dan mempermudah cara panen telur.
  • Berikan pakan ayam lebih dari dua campuran. Untuk pakan ayam KUB, Anda bisa memberikan dedak , jagung, bungkil kelapa, bungkil inti sawit, tepung singkong, menir, tepung ikan, ikan rucah, ikan asin, tepung daun lamtoro, dedak jagung, polar, sagu, tepung keong, tepung kapur, bungkil kacang tanah, bungkil kedelai, dan jamu ternak fermentasi.
  • Pencegahan penyakit bisa dilakukan dengan cara biosekuriti pada ternak dan lingkungan ternak, vaksinasi, dan pemberian vitamin.
  • Setelah ayam berusia roster atau layer, Anda sudah mulai bisa memanen telurnya setiap hari. Jika ayam mengalami penurunan produktivitas atau sudah tidak bertelur lagi, Anda bisa menjadikannya sebagai ayam pedaging.
DOC ayam KUB (sumber: shopee)

DOC ayam KUB (sumber: shopee)

Sebelum melakukan budidaya ayam KUB seperti di atas, pastikan Anda mengetahui harga DOC ayam KUB seperti berikut.

Baca juga  Update Harga Paket Cream Pemutih Wajah Glow Glowing

Harga DOC Ayam KUB

Varian DOC Ayam KUBHarga
DOC Ayam KUB 100 ekorRp850.000 per box
DOC Ayam KUB Umur 1 MingguRp8.750 per ekor
DOC Ayam KUB Umur 2 MingguRp19.500 per ekor
DOC Ayam KUB Usia 2 Minggu 5 ekorRp97.500
DOC Ayam KUB Usia 3 MingguRp24.500 per ekor
DOC Ayam KUB Usia 3 Minggu 10 ekorRp245.000

Harga DOC ayam KUB di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga DOC ayam KUB tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Hidayah, R., I. Ambarsari, Subiharta. 2019. Kajian Sifat , Fisik dan Sensori Daging Ayam KUB di Jawa Tengah. Jurnal Peternakan Indonesia, Vol. 21(2): 93-101.

[2] Hayanti, Sari Yanti. 2014. Petunjuk Teknis Budidaya Ayam Kampung Unggul (KUB) Badan Litbang Pertanian di Provinsi Jambi. Jambi: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi.

Baca juga  Update Harga 1 Dus (Pack) Minuman Yakult
author

Leave a reply "Cara Ternak dan Harga DOC Ayam KUB"