Info Jenis dan Harga Grill Box Speaker di Pasaran

terdiri dari beragam komponen yang rumit hingga bisa menghasilkan suara yang sempurna. Dari sekian banyak komponen pembangunnya, Anda mungkin sudah sering melihat bagian grill box . Bagian terluar dari ini sepintas tampak sepele, tapi rupanya grill box menyimpan banyak peranan.

Speaker grill (sumber: techhive.com)

Speaker grill (sumber: techhive.com)

Speaker grille atau yang sering juga disebut speaker grill biasanya ditemukan di depan banyak loudspeaker industrial, dan terdiri dari grill yang keras atau lunak yang dipasang langsung di atas permukaan driver speaker. Tujuan utama pemasangan grill speaker adalah untuk melindungi elemen driver dan internal speaker serta komponen-komponen audio lainnya dari benda asing sambil tetap membiarkan suara tersalurkan dengan jelas.

Akan tetapi, karena berada langsung di jalur driver speaker, grille berhubungan dengan suara yang dihasilkan dari speaker itu sendiri. Kombinasi yang cocok antara perlindungan dan kualitas suara harus dirancang berdasarkan aplikasi speaker.

Speaker grill biasanya bisa berupa frame yang ditutup oleh kain microfiber maupun pelat . Lantas seberapa besar pengaruh antara grill speaker dengan kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker? Grill speaker sebagian kecil berpengaruh pada kualitas suara speaker karena grill berfungsi untuk menyaring suara treble dan bass, sehingga suara yang dihasilkan speaker bisa terdengar lebih baik.

Untuk mengetahui apakah speaker grill dapat berpengaruh pada kualitas suara, Anda bisa mencoba membuktikan dengan cara tahan tangan Anda sekitar 8 inci dari mulut, lalu tiuplah, dan lakukan hal yang sama sementara letakkan grill speaker di antara mulut dan tangan Anda. Dengarkan perbedaannya.

Baca juga  Harga Kertas Saring 1 Pack di Pasaran

Suara sama seperti pergerakan udara, jika seperti itu grill speakernya tentu akan memengaruhi pergerakan udara, grill harus memberikan efek pada suara untuk beberapa derajat, bahkan jika hanya dengan menyebarkan titiknya.

Dari segi penampilan, grill juga dapat membuat speaker terlihat lebih rapi dan menyerupai bentuk speaker pada umumnya. Tetapi ada juga yang beranggapan bahwa speaker dengan posisi grill yang terbuka justru akan membuat suaranya terdengar lebih ‘lepas’. Meski demikian, jika meninjau dari segi keamanan, pemasangan grill justru akan melindungi driver speaker Anda dari kerusakan yang diakibatkan oleh benturan, sentuhan tangan, atau sebagainya.

Jenis Grill Speaker

Soft Grilles

Soft grill dapat terbuat dari berbagai kain yang cocok, tenun, jahitan, busa, bahan pelapis kain, atau bahan serupa lainnya. Secara umum, soft grill dapat memberikan sedikit resistensi pada driver speaker karena bahan tersebut bebas bergerak secara serempak dengan gelombang suara. Karena grill mampu menyerap getaran ini, soft grill umumnya kurang rentan terhadap derakan, kecuali pada tingkat tekanan suara yang sangat tinggi. Soft grill menawarkan perlindungan dari benda-benda kecil dan ringan, mungkin tahan air sampai tingkat tertentu, tetapi bisa rentan terhadap sobekan, atau bahkan bisa merenggang hingga mencapai driver.

Speaker dengan soft grill (sumber: gearpatrol.com)

Speaker dengan soft grill (sumber: gearpatrol.com)

Hard Grilles

Hard grill dapat dibuat dari banyak jenis bahan konstruksi, termasuk logam, , atau plastik. Beberapa hard grill dibuat dari papan atau bahan dengan lubang yang dibor atau dipotong supaya suara dapat tetap tersalurkan, sementara yang lain dibuat dengan potongan-potongan material tipis yang saling berpasangan atau dengan jarak yang sama secara paralel.

Baca juga  Daftar Harga Plafon Eternit Non-Asbes dalam Berbagai Ukuran

Karena material hard grill tidak bisa bebas bergerak dengan suara layaknya soft grill, tingkat output speaker harus dipertimbangkan ketika merancang grill. Grill dengan lebih banyak lubang akan memungkinkan lebih banyak suara untuk lewat, tetapi akan menawarkan lebih sedikit perlindungan dari benda-benda kecil. Speaker dengan terlalu banyak bahan di depan driver akan mulai mendistorsi pada tingkat tekanan suara yang lebih tinggi, dan dalam kondisi yang parah dapat merusak speaker, sehingga dapat menghasilkan suara berderak yang tidak diinginkan.

Speaker dengan hard grill (sumber: Bukalapak)

Speaker dengan hard grill (sumber: Bukalapak)

Daftar Grill Box Speaker

Jenis Grill Box SpeakerHarga
Grill box speaker motif wajik bahan besi lebar 1,2 meterRp 90.000
Grill speaker besi kotak 28 x 48 cm line array 1 x 10 inchRp 90.000
Grill Jaring Box Speaker import 10 inch (50 x 32 x 4 cm) motif honeycomb warna hitamRp 120.000
Grill speaker besi kotak 33 x 60 cm line array 1 x 12 inchRp 125.000
Grill ram box speaker model RCF 35 x 58 Hitam motif bulatRp 140.000
Grill box speaker/plat lubang bulat 1 x 2 meter, tebal 0,8 mm, diameter lubang 6 mmRp 215.000
Grill besar box speaker bahan besi tebal ukuran 84 cm x 47 cmRp 250.000
Grill box speaker 2 x 15 inci motif oval ukuran 120 x 47 x 2,5 cmRp 375.000
Grill ram box speaker plat motif segiempat tebal 1,1 mm, ukuran 540 x 1180 mmRp 500.000

daftar harga grill box speaker di atas didapatkan dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu diingat bahwa harga grill box speaker bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga grill box speaker yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung penawaran pihak penjual.

Baca juga  Info Biaya Grooming atau Memandikan Kucing

Apabila Anda sedang mencari pelat atau grill box speaker yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa mencarinya di toko-toko perlengkapan audio. Namun jika kesulitan untuk menemukannya, Anda juga dapat membeli grill box speaker secara online melalui sejumlah situs e-commerce yang ada di Indonesia. Jangan lupa pula untuk memperhitungkan ongkos kirim (ongkir) barang, sebab biasanya grill box speaker berukuran besar dan ringan, sehingga ongkos pengirimannya relatif mahal.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Jenis dan Harga Grill Box Speaker di Pasaran"