1 Sika Grout 215 Berapa M3 dan Harganya Saat Ini

Ketika membangun suatu rumah atau bangunan yang memakai struktur , terkadang muncul retakan yang cukup mengganggu. Retakan tersebut biasanya bisa ditanggulangi dengan teknik grouting. Dalam pengerjaan grouting ini, tentunya diperlukan semen grouting siap pakai untuk menghemat waktu. Nah, dari sekian banyak merk semen grouting yang beredar, sejumlah tukang memakai Sika Grout 215 karena diklaim kuat dan punya harga masuk akal. Dengan 1 sak Sika Grout 215 berkapasitas 25 kg, maka Anda memerlukan setidaknya 77 sak untuk membuat 1 m3 adukan grouting.

Proses grouting beton (sumber: mc-bauchemie.com)
Proses grouting beton (sumber: mc-bauchemie.com)

Apa Itu Grouting?

Grouting merupakan pekerjaan memasukkan bahan yang masih dalam keadaan cair untuk tanah dengan cara tekanan, sehingga bahan tersebut akan mengisi semua retak-retak dan lubang-lubang yang ada. Setelah beberapa saat, bahan tersebut akan mengeras dan menjadi satu kesatuan dengan tanah yang ada. Selain itu, grouting adalah suatu proses ketika suatu cairan campuran antara semen dan air diinjeksikan dengan tekanan ke dalam rongga, pori, rekahan, dan retakan batuan, selanjutnya cairan tersebut dalam waktu tertentu akan menjadi padat secara fisika maupun kimiawi.

Bacaan Lainnya

Teknologi grouting bukanlah hal baru, karena kabarnya sudah ada sejak tahun 1800-an dan bahkan sebelumnya. Grouting mulanya hanya digunakan untuk mengontrol aliran air, tetapi sekarang telah meluas dan aplikasinya tidak terbatas, termasuk untuk mengurangi aliran atau rembesan air, meningkatkan daya dukung tanah/batuan, pemadatan (mengisi rongga dan celah/rekahan pada tanah/batuan), hingga untuk memperbaiki kerusakan struktur.

Pekerjaan grouting merupakan salah satu cara dalam perbaikan pondasi (foundation treatment) pada bendungan air. Grouting juga menjadi metode yang diandalkan untuk mengisi rongga struktur beton yang keropos dan penambahan coran akibat pengecoran tidak sempurna, mortar fillet (pinggulan sudut) untuk pondasi mesin, sebagai dudukan mesin, dudukan bearing pondasi jembatan, pembuatan beton pracetak, penutup retak yang besar, dan sebagainya.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Stabilitas dengan cara grouting digunakan untuk memperbaiki tanah dasar yang terdiri dari tanah kohesif dan ekspansif. Bahan stabilizer terbuat dari adonan semen dan cairan kapur, atau bahan kimia. Penggunaan bahan kimia harus melalui pengawasan sesuai standar teknis agar tidak mencemari air tanah. Dalam memilih bahan grouting harus memperhatikan tujuan dari perbaikan tanah, meliputi untuk menghentikan rembesan air pada bendung, mencegah deformasi tanah di sekeliling pondasi untuk memperkuat bangunan-bangunan lama, memperbesar kekuatan daya dukung tanah.[1]

informasi, info, harga, sika grout 215, sikagrout, 2018, 2019, kegunaan, 2017, cara, menghitung, kebutuhan, grouting, nat, 214-11, new, mengisi, memperbaiki, celah, retak, retakan, beton, dinding, rumah
Sika Grout 215 (instagram: @santosowarehouse)

Review Sika Grout 215

Dalam pengerjaan grouting ini, tentunya yang dibutuhkan adalah semen grouting siap pakai yang mempunyai karakteristik tidak susut dan dapat mengalir sangat baik serta memenuhi persyaratan standar corps of engineering CDR C-621 dan ASTM C-1107. Meski pilihan merk material grouting cukup banyak, beberapa orang cukup menyukai brand Sika Grout 215.

Ini adalah semen grouting siap pakai yang mempunyai karakteristik tidak menyusut dengan waktu kerja yang sesuai untuk temperature lokal, dapat mengalir sangat baik, serta memenuhi persyaratan standar Corps of Engineer CRD C-621 dan ASTM C-1107. Sika Grout-215 kerap digunakan sebagai bahan grouting untuk lubang atau celah pada, angkur, baut, pondasi mesin/ plat kolom, landasan tumpuan jembatan, bagian beton pracetak, rongga-rongga cetakan dan untuk perbaikan.[2]

Produk ini memiliki beberapa fungsi, yakni untuk aplikasi angkur, fondasi mesin atau alas plat, sebagai dudukan Bearing Pad jembatan, beton pracetak, aplikasi dry pack, pengisian celah, rongga, dan penghentian sementara, perbaikan beton dengan metode grouting, serta untuk struktur kelautan.

Sika Grout 215 mempunyai beberapa karakter dan kelebihan, antara lain mudah digunakan karena Anda hanya perlu menambahkan air. Selain itu, memiliki karakteristik mudah mengalir, tingkat konsistensinya bisa diatur sesuai selera dan kebutuhan, kekuatan awal sangat cepat, tahan terhadap benturan dan getaran, tahan terhadap penyusutan, memiliki kekuatan tekan yang tinggi, tidak menyebabkan korosi, serta tidak beracun.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Cara Pemakaian Sika Grout 215

Ilustrasi Adonan Semen Basah (sumber: rkmortar.com)
Ilustrasi Adonan Semen Basah (sumber: rkmortar.com)
  • Hapus kotoran, minyak, lemak, bahan longgar, dan bahan penghambat ikatan lainnya.
  • Jangkar baut untuk grouting harus dibersihkan terlebih dahulu dari lemak atau minyak dengan pelarut yang sesuai.
  • Beton harus kuat dan dibuat kasar permukaannya untuk memudahkan adhesi .
  • Sebelum menuangkan, permukaan harus dibasahi sampai benar-benar basah.
  • Untuk nat yang dapat dituangkan, buat bentuk agar mempertahankan nat tanpa kebocoran. Bentuknya harus dikombinasikan atau dilapisi bond-breaker agar lebih mudah dihapus. Bentuknya harus cukup tinggi untuk menampung kepala nat.
  • Ukuran jumlah air tergantung pada konsistensi yang dibutuhkan, ke dalam bejana pencampuran. Tambahkan perlahan isi Sika Grout 215 ketika pencampuran. Campur secara terus-menerus selama 3 menit agar materialnya menjadi rata dan mencapai konsistensi yang dikehendaki. Anda bisa mencampur adonan menggunakan bor dengan kecepatan rendah (400-600 rpm) yang memiliki mixing paddle atau mortar mixer dengan ukuran yang tepat.
  • Dalam 25 menit setelah proses pencampuran atau mixing, tempatkan nat ke dalam bentuk dari satu sisi untuk menghindari adanya air yang terjebak. Jangan bergetar. Gunakan kepala nat yang sesuai berukuran 150-200 mm dan pertahankan kepala nat setiap saat untuk memastikan aliran yang kontinyu. Sentuhan yang lembut atau menarik simpul kawat dari satu sisi bisa membantu kelancaran aliran mortar dalam kondisi kerja yang sulit.
  • Biasanya, 1 pack Sika Grout 215 dapat dicampur dengan 4 liter air (16%), lalu dituangkan ke lubang angkur atau Anda bisa juga menggunakan alat grout pump untuk memudahkan aplikasi produksi. Pemakaian Sika Grout sekitar 1.920 kg dapat digunakan untuk per 1 meter kubik (m3) mortar. Anda bisa menghitung sendiri berapa kira-kira kebutuhan Sika Grout 215 yang Anda perlukan untuk proses grouting.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan Sika Grout 215, yakni ketebalan aplikasi minimum yang disarankan adalah 10 mm. Sementara, rekomendasi ketebalan Sika Grout 215 dalam sekali tuang adalah 20 mm sampai 100 mm. Apabila ketebalannya melebihi 100 mm, prosedur khusus harus dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan suhu, yakni menggunakan air es yang ditambahkan dalam campuran produk (maksimal 40% dari berat bubuk) untuk mengurangi kenaikan suhu. Yang perlu Anda ketahui, variasi semen dapat menyebabkan perbedaan warna mortar.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas
Ilustrasi: grouting lantai beton (sumber: tfo.com)
Ilustrasi: grouting lantai beton (sumber: tfo.com)

Harga Sika Grout 215

Sika Grout 215 New saat ini tersedia dalam kemasan karung berkapasitas 25 kg. Di salah satu toko bahan bangunan, material tersebut dijual dengan harga Rp119 ribuan per sak. Sementara itu, di beberapa situs jual beli online, 1 sak Sika Grout 215 New sekarang ditawarkan dengan harga Rp98.500 sampai Rp169.000. Sebagai , tahun lalu produk ini dilepas dengan harga Rp93 ribu sampai Rp165 ribuan per sak.

Perlu diingat bahwa harga Sika Grout 215 bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga produk yang berlaku di setiap tempat juga bisa saja berbeda-beda, tergantung penawaran pihak penjual.  Apabila Anda sedang mencari produk Sika Grout 215, Anda bisa membelinya di toko-toko bangunan terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Namun, jika kesulitan untuk menemukannya, tak ada salahnya membeli Sika Grout 215 secara online melalui sejumlah marketplace.

Seperti disinggung di atas, 1 sak Sika Grout 215 memiliki berat 25 kg. Nah, apabila Anda akan membuat 1 m3 adukan grouting, Anda membutuhkan setidaknya 77 sak Sika Grout 215. Pasalnya, 1 m3 adukan grouting rata-rata menghabiskan 1.920 kg material semen grouting. Jadi, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp7,5 jutaan untuk membuat 1 m3 adukan grouting dengan menggunakan Sika Grout 215. (Panca)

[1] Putri, A. M. & Yusuf A. 2020. Mekanika Tanah I. Jakarta: Yayasan Kita Menulis, hlm 71.

[2] Suwarto & Wasino. 2012. Kajian Kuat Cabut Tulangan pada Beton yang Diperkuat Sika Grout-215. Jurnal Wahana Teknik Sipil, Vol. 17(1): 41-53.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *