Harga Jendela UPVC per Meter dan Utuh

Dalam suatu bangunan, entah itu rumah atau gedung perkantoran, ventilasi merupakan hal yang sangat penting karena menjadi tempat masuk dan keluarnya udara. Ventilasi sendiri setidaknya dapat berupa ventilasi alami, ventilasi buatan (melibatkan mesin seperti AC), dan ventilasi semi-buatan.[1] Dari sekian banyak jenis ventilasi, jendela tetap menjadi tipe yang dan digunakan di banyak rumah. Selain dari kayu dan besi, ternyata ada juga jendela yang berbahan dasar UPVC. Menawarkan kesan simpel, harga jendela UPVC biasanya tergantung tipe dan ukurannya.

Kusen jendela UPVC (sumber: thewindowmart.com)
jendela UPVC (sumber: thewindowmart.com)

Fungsi Jendela

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan jendela. Jendela dapat dikatakan sebagai elemen yang sengaja ditempatkan untuk memenuhi kebutuhan akan view, pencahayaan, dan penghawaan alami dalam rumah tinggal.[2] Dalam aplikasi secara umum, jendela dapat dibedakan menjadi dua, yakni jendela hidup atau dapat dibuka-tutup dan jendela mati atau tidak dapat dibuka-tutup.

Bacaan Lainnya

Seperti disinggung di atas, jendela berfungsi utama sebagai fasilitas untuk sirkulasi udara dari dalam ke luar atau sebaliknya. Selain itu, jendela juga dapat digunakan sebagai media masuknya matahari ke dalam ruangan, yang berguna membunuh kuman atau bakteri tertentu. Seiring perkembangan zaman, jendela juga dapat diaplikasikan sebagai dekorasi rumah, menambah nilai estetika suatu hunian.

Baca juga  Specs dan Info Terbaru Harga Selis New Balis, Motor Listrik Roda Tiga

Keunggulan Jendela UPVC

Umumnya, jendela, dalam hal ini jendela, terbuat dari material kayu atau logam. Namun, seiring waktu, sekarang telah hadir jendela yang terbuat dari bahan UPVC atau unplasticized polyvinyl chloride. Jendela berbahan UPVC ini diklaim punya banyak kelebihan, termasuk tahan terhadap korosi, tahan terhadap serangan rayap, dan tahan terhadap perubahan cuaca.

UPVC sendiri adalah material turunan dari plastik yang mengalami proses tertentu sehingga sifat lentur atau plastiknya dihilangkan. Hasil akhir material tersebut menjadi keras dan kemudian aplikasikan untuk berbagai macam industri, misalnya saja sebagai bahan bangunan untuk pintu dan jendela.

Menurut sebuah penelitian, UPVC dan aluminium adalah material yang baik untuk kusen pada jendela rumah susun.[3] Walaupun harganya memang sedikit mahal, masa penggunaan kusen dengan material-material ini diklaim dapat mencapai usia ratusan tahun. Dengan pembuatan secara massal, penekanan harga kusen aluminium atau UPVC dapat menjadi argumentasi dipilihnya bahan-bahan tersebut.

Material UPVC memiliki keunggulan dibandingkan dengan bahan lainnya, dengan tingkat kekedapannya diklaim mampu meminimalkan suara bising dari luar sehingga membuat penghuni rumah merasa nyaman dan tenang di dalam ruangan. Produk ini pun diklaim tahan terhadap rayap, tahan terhadap segala cuaca, dan masih banyak lagi lainnya yang membuat masyarakat perlahan memilih produk berbahan UPVC.

Baca juga  Info Harga Selimut Bonita 160x200 (Premier dan Paulina)

Jika Anda tertarik mengaplikasikan jendela UPVC untuk hunian Anda, tidak sulit mendapatkan material ini. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di banyak bahan bangunan atau toko khusus perabot rumah tangga. Bahkan tidak sedikit yang menawarkan jendela UPVC lewat situs jual beli online. Lalu, berapa harga material tersebut untuk saat ini?

Kusen jendela UPVC (sumber: aluplast.net)
Kusen jendela UPVC (sumber: aluplast.net)

Harga Jendela UPVC

Ukuran Jendela UPVC Harga
Jendela UPVC Boven 60 x 40 cm Rp281.250 – Rp648.000
Venta Jendela UPVC Boven Awning 60 x 40 cm Rp823.555
Venta Jendela UPVC Slide L 100 x 120 cm Rp1.149.000
Jendela UPVC Swing 60 x 70 cm Rp1.169.000
Venta Jendela UPVC Double Sliding 100 x 120 cm Rp1.443.900
Jendela UPVC Single Casement 60 x 150 cm Rp1.600.000
Jendela UPVC Double Sliding 100 x 120 cm Rp1.650.000
Venta Jendela UPVC Window Awning 40 x 150 cm Rp1.710.000
Venta Jendela UPVC Sliding 100 x 140 cm Rp2.166.095
Venta Jendela UPVC Blind Window Casement 60 x 150 cm Rp2.517.500
Venta Jendela UPVC Double Awning 100 x 140 cm Rp3.012.735
Baca juga  Jenis dan Update Harga Flare Asap (Bomb Smoke)

Selain dijual dalam bentuk jadi, banyak juga yang menawarkan jendela UPVC dengan ukuran per meter. Harganya bervariasi, biasanya tergantung model jendela. Nah, agar Anda tidak penasaran, berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga jendela UPVC per meter di pasaran dalam negeri.

Jendela UPVC (sumber: aiswindows.com)
Jendela UPVC (sumber: aiswindows.com)

Harga Jendela UPVC per Meter

Jenis Jendela UPVC Harga
UPVC Frame Sliding Window Rp230.000 per meter
UPVC Leaf Window Rp250.000 per meter

Informasi harga jendela UPVC di atas kami rangkum dari banyak sumber, termasuk pembuatan jendela maupun berbagai platform jual beli online. Perlu Anda ingat bahwa harga jendela UPVC tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing penjual bisa saja berbeda meski produk yang ditawarkan sama.

[1] Satwiko, Prasasto. 2004. Fisika Bangunan I. Yogyakarta: Penerbit Andi.

[2] Rizani, Mohammad Debby. 2009. Desain Jendela untuk Menahan Kebisingan pada Rumah Tinggal . Jurnal Teknik UNISFAT, Vol. 4(2): 84-89.

[3] Daryanto dan Firza Utama S. 2012. Jendela Hemat Energi pada Fasade Rumah Susun di Jakarta. ComTech, Vol. 3(1): 1-7.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.