Update Harga Ikan Black Ghost dalam Berbagai Ukuran

Jenis ikan hias tawar yang sangat beragam mungkin membuat beberapa penghobi akuarium agak kebingungan. Salah satu hal yang banyak dipertimbangkan dalam membangun sebuah aquarium air tawar adalah pilihan ikan yang hendak dipelihara. Jika Anda mencari tank mate yang sifatnya tidak agresif atau mengganggu ikan lainnya, maka jenis ikan hias seperti black ghost bisa jadi pilihan. ikan black ghost juga tidak terlalu mahal, tetapi memiliki pesonanya tersendiri.

Ikan black ghost (sumber: mediamaya.net)
Ikan black ghost (sumber: mediamaya.net)

Black ghost termasuk salah satu jenis ikan hias yang cukup digemari. Hal ini terbukti hampir di setiap toko ikan hias menjual black ghost. Keunikannya terletak pada cara berenangnya yang cukup variatif dengan sirip ekornya yang selalu berkibar-kibar layaknya bendera/umbul-umbul.[1]

Bacaan Lainnya

Sekujur ikan black ghost berwarna hitam kelam. Sirip perut berjuntai meliuk-liuk. Sirip ekor mengeras seperti lidi dan terdapat lingkaran berwarna dengan jumlah kadang-kadang 1, 2, atau 3. Bentuk tubuhnya tampak seperti daun pisang.[2]

Ikan black ghost merupakan ikan air tawar yang telah dapat dibudidayakan di Indonesia adalah spesies Apteronotusalbifront, dengan ciri utama yaitu berwarna biru ke arah ungu tua hingga kehitaman dan terkadang terlihat hitam pekat, bentuk tubuh pipih, sirip dada dan perut menyatu hingga pangkal ekor, pada bagian kepala terdapat garis putih hingga punggung, pada bagian ekor juga terdapat garis putih hingga punggung, dan garis putih berbentuk cincin.

Konon ikan ini mendapat julukan sebagai ikan hantu atau ikan setan, namun julukan ini sebenarnya kurang tepat karena penampilan ikan hias ini mempunyai ciri fisik lain di antaranya adalah terdapat beberapa goresan atau garis putih dari kepala hingga ke .[3] Dalam black ghost yang sehat, hobiis perlu mengenali beberapa ciri sebagai berikut.

Ciri-ciri Ikan Black Ghost Sehat

  • Memiliki bentuk tubuh yang normal dengan sirip bagian bawah tidak robek, bengkok, atau cacat. Tubuh didominasi oleh warna hitam mengilap dan hanya pada bagian ekor serta kepalanya saja yang terdapat sedikit warna putih.
  • Kondisi black ghost yang sehat sudah bisa diketahui sejak masih berukuran kecil (2-4 inci), yakni dilihat dari gerakannya yang sangat lincah dan gesit ketika berenang ke dasar dan permukaan air. Namun, bila black ghost selalu berenang di permukaan air dengan napas yang tidak teratur serta terlihat lemah, sebaiknya tidak dipilih karena dikhawatirkan ikan dalam kondisi sakit.
  • Seperti kebanyakan ciri ikan lainnya, black ghost yang sehat juga memiliki nafsu makan yang baik dan akan terlihat lahap ketika menyantap pakan yang diberikan.[4]

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ikan black ghost di rumah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu harga ikan black ghost di pasaran saat ini.

Ikan black ghost (sumber: idntimes)
Ikan black ghost (sumber: idntimes)

Harga Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost Harga (Rp)
Ikan black ghost ukuran 3-4 cm 6.500
Ikan black ghost ukuran 2 inch (5 cm) 15.000
Ikan black ghost ukuran 8 cm 33.000
Ikan black ghost size sedang 10 cm 50.000
Ikan black ghost ukuran 11 cm 75.000
Ikan black ghost size 14-15 cm 120.000
Ikan black ghost big size 20-22 cm 250.000
Ikan black ghost super big size ukuran 25 cm 300.000

Informasi harga ikan black ghost di atas dirangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual-beli online. Harap Anda ketahui bahwa harga ikan black ghost dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Namun, sampai tahun 2023 harga ikan black ghost rupanya masih relatif stabil. Kemudian, untuk ikan black ghost size 14-15 cm harganya turun dari Rp150 ribu jadi Rp120 ribu per ekor.

Selain itu, harga ikan black ghost yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual. Apabila Anda ingin memiliki ikan black ghost, Anda bisa membelinya di para pembudidaya ikan black ghost atau pasar ikan hias terdekat yang ada di kota Anda.

[Update: Dian]

[1]Yuni, U. 2009. 200 Tips Merawat Ikan Hias di Rumah. Jakarta: Penebar Swadaya, hlm 27.

[2]Bachtiar, Y. 2004. Budi Daya Ikan Hias Air Tawar untuk Ekspor. Jakarta: AgroMedia Pustaka, hlm 85.

[3]Rozi, F dkk. 2017. Pemberian Pakan Alami Yang Berbeda Pada Ikan Black Ghost (Apteronotusalbifront). Berkala Perikanan Terubuk. 45(2): 19-29.

[4]Yuni, U. Op, cit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *