Brand Chiki tentunya sudah melekat di benak sebagian besar masyarakat Indonesia. Snack alias makanan ringan produksi Indofood ini memiliki rasa yang gurih dan cocok untuk dikonsumsi kapan saja, khususnya ketika senggang. Varian snack seperti Chiki Ball biasanya dijual 1 dus dan eceran dengan harga yang relatif terjangkau.
Selain mie instan, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) juga merintis produk makanan olahan lainnya, yaitu snack foods sejak tahun 1983, yang memproduksi Chiki Snack dan kini dikenal sebagai salah satu merek kuat di pasar snack foods Indonesia.[1]
Chiki Ball merupakan makanan ringan yang terbuat dari jagung pilihan dengan kualitas terbaik dari Indofood.Chiki Balls diklaim cocok untuk segala jenis kegiatan bersama teman-teman dan keluarga. Anda bisa mewujudkan kegembiraan saat berkumpul dengan menyediakan Chiki Balls sebagai makanan pendamping. Chiki Balls tersedia dalam beberapa varian rasa, seperti keju, ayam, coklat.
Komposisi Chiki Balls Semua Varian
- Chiki Balls Snack Curious Choco rasa cokelat: Jagung, minyak olein kelapa sawit, beras, bumbu, cokelat bubuk, beras, kakao bubuk, perisa sintetik cokelat, perisa sintetik pasta cokelat.
- Chiki Balls Snack Cheeky Chicken rasa kaldu ayam: Jagung, minyak olein kelapa sawit, beras, bumbu, garam, gula, penguat rasa mononatrium glutamat, dinatriumguanilat dan dinatriuminosinat, minyak dan lemak nabati, antioksidan asam askorbat, kedelai, minyak bawang.
- Chiki Balls Snack Crafty Cheese rasa keju: Jagung, minyak olein kelapa sawit, beras, bumbu, garam, gula, keju bubuk, penguat rasa mononatrium glutamat, dinatriumguanilat dan dinatriuminosinat, pewarna makanan.
Kandungan Nutrisi Chiki Balls
- Chiki Balls Snack Curious Choco rasa cokelat: Energi total 50kkal, energi dari lemak 25kkal. %AKG Lemak total 2.5g, lemak jenuh 1g, protein 1g, karbohidrat total 7g, gula 2g, natrium 5mg.
- Chiki Balls Snack Cheeky Chicken rasa kaldu ayam: Energi total 50kkal, energi dari lemak 20kkal. %AKG Lemak total 2.5g, lemak jenuh 1g, protein 1g, karbohidrat total 7g, gula 0g, natrium 55mg.
- Chiki Balls Snack Crafty Cheese rasa keju: Energi total 50kkal, energi dari lemak 20kkal. %AKG Lemak total 2.5g, lemak jenuh 1g, protein 1g, karbohidrat total 6g, gula 0g, natrium 80mg.
Harga Chiki Ball Eceran
Varian Chiki Balls | Harga Ecer (Rp) |
Chiki Balls Snack Chocolate 55 gram | 6.500 |
Chiki Balls Snack Cheese 55gr | 6.500 |
Chiki Balls Snack Chicken 55g | 6.500 |
Chiki Balls Snack Chocolate 200 gr | 22.600 |
Chiki Balls Snack Cheese 200gr | 22.600 |
Chiki Balls Snack Chicken 200 g | 22.600 |
Informasi harga Chiki Balls eceran di atas dirangkum langsung dari situs resmi Indomaret. Harga Chiki Balls di Alfamart untuk ukuran 55 gram juga tidak jauh berbeda, dipatok Rp6.600 per bungkus.
Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga Chiki Balls tahun 2022 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, Chiki Balls Snack Chicken 200 g di Indomaret yang dibanderol Rp21.900 tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp22.600 tahun 2022. Sebagai perbandingan, berikut ini harga Chiki Ball 1 dus di pasaran.
Harga Chiki Ball 1 Dus
Varian Chiki Balls | Harga per Karton (Rp) |
Chiki Balls Snack Ayam 10 gr 1 karton isi 60 bungkus | 68.000 |
Chiki Balls Snack Keju 10gr 1 kardus isi 60 bungkus | 68.000 |
Chiki Balls Snack Coklat 10 gr 1 kardus isi 60 bungkus | 68.000 |
Chiki Balls Snack Ayam 200 gr 1 karton isi 12 bungkus | 204.000 |
Chiki Balls Snack Keju 200gr 1 kardus isi 12 bungkus | 204.000 |
Chiki Balls Snack Coklat 200 gr 1 kardus isi 12 bungkus | 240.000 |
Informasi harga Chiki Balls 1 dus di atas diperoleh dari official store Indofood Snack di Tokopedia. Perlu Anda ingat bahwa harga Chiki Ball 1 dus dan eceran dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga Chiki Balls 1 dus di tahun 2022 juga mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Chiki Balls Snack Ayam 10 gr 1 karton isi 60 bungkus yang dibanderol Rp57.000 tahun 2021, naik menjadi Rp68.000 tahun 2022. Selain itu, harga Chiki Balls 1 dus dan eceran yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung promo dan penawaran dari pihak penjual.
[Update: Almas]
[1] Taufik, HK. 2009. KOMPAS 100 Corporate Marketing Cases. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 148.