Info Kisaran Harga Hamster Roborovski Terbaru

Sebagian orang awam tentu mengira bahwa hamster termasuk tikus karena memiliki bentuk yang hampir sama. Walaupun masih dalam kelompok pengerat seperti tikus dan kelinci, hamster memiliki morfologi yang berbeda. Nah, dari sekian banyak jenis hamster, roborovski termasuk paling dicari di beberapa pet shop. Anda dapat membawa pulang hamster roborovski dengan harga relatif terjangkau.

Hamster roborovski (flickr: Sunny Photography)
Hamster roborovski (flickr: Sunny Photography)

Hamster memiliki ukuran tubuh relatif kecil. Hamster dewasa memiliki panjang hanya sekitar 7 sampai 10 cm dengan tubuh yang kuat dan lentur. Sementara, untuk hamster jenis tertentu, panjangnya dapat mencapai 18 hingga 20 cm. Jenis hamster yang populer dipelihara oleh masyarakat Indonesia meliputi hamster Campbell (Phodopus campbelli), hamster Winter White (Phodopus sungorus), hamster Syrian (Mesocricetus auratus), dan hamster Roborovski (Phodopus roborovskii).

Bacaan Lainnya

Karakter Hamster Roborovski

untuk hamster roborovski (Phodopus roborovskii), jenis ini konon pertama kali ditemukan oleh Letnan Roborovski dan Koslor pada tahun 1894 silam. Hamster roborovski berasal dari Mongolia dan beberapa wilayah China bagian utara sehingga sering pula disebut hamster mongol. Di habitat aslinya, hamster ini tinggal di dalam lubang-lubang yang cukup dalam. Sekitar tahun 1960-1970-an, hamster roborovski diboyong ke Rusia, Inggris, dan Amerika oleh kebun binatang dan klub penggemar hamster di negara-negara tersebut.

Baca juga  Update Harga Udang Pancet per Kg (All Size)

Saat ini, popularitas hamster ini sebanding dengan hamster Campbell, bahkan sangat diminati oleh para kolektor hamster. Pasalnya, hamster yang satu ini memiliki karakter tidak terlalu agresif atau protektif, sehingga tidak suka menggigit. Dengan karakter tersebut, jenis ini akan cocok bagi para pemula yang baru mencoba memelihara hamster. Selain itu, hamster roborovski dapat ditempatkan secara massal dalam satu kandang dan Anda tak perlu khawatir karena satu sama lain tak akan menyakiti.

Soal gerakan, hamster roborovski dinilai sangat lincah dan gesit. Tidak heran jika roborovski kebetulan lepas, akan sangat sulit ditangkap dan Anda akan membutuhkan tenaga dan waktu ekstra untuk menangkapnya. Fakta lainnya yakni perkembangan hamster roborovski ternyata relatif sulit. Umumnya, hamster ini memiliki dua jenis di antaranya, normal dan white face.

Ciri Fisik Hamster Roborovski

Di antara semua jenis hamster, hamster ini memiliki tubuh yang paling mungil. Betapa tidak, panjang tubuh hamster roborovski dewasa hanya sekitar 5 sampai 7 cm. Bobotnya juga terbilang sangat ringan antara 15 hingga 26 gram. Sementara itu, umurnya dapat mencapai empat tahun jika dirawat dengan baik.

Baca juga  Info Update Harga Crayon Greebel di Pasaran

hamster roborovski terlihat sedikit berbeda dibandingkan hamster jenis lainnya karena memiliki bulu-bulu di bagian wajah yang cukup lebat. Bulu di atas kepala hingga punggung juga tampak lebih lebat dibandingkan bagian tubuh lainnya. Bulu di bagian ini didominasi oleh warna cokelat, yakni cokelat tua di bagian dalam dan cokelat muda di bagian luar. Keunikan hamster roborovski terletak pada susunan bulu di bagian kepala yang agak gimbal, sehingga sepintas mirip singa jantan.[1] Hamster roborovski begitu mudah didapatkan di pasaran, baik di peternak maupun pet shop.

Hamster Roborovski (sumber: wallpaper.dog)
Hamster Roborovski (sumber: wallpaper.dog)

Harga Hamster Roborovski

Jenis Hamster Roborovski Kisaran Harga
Hamster Roborovski normal (brown face) Rp47.500 ekor
Hamster Roborovski white face Rp53.900 ekor
Hamster Roborovski white face husky Rp55.000 ekor
Hamster Roborovski indukan Rp72.000 sepasang

Harga hamster roborovski di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda ingat bahwa harga hamster roborovski tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Baca juga  Info Terbaru Harga Ayam Kalkun (Anakan dan Dewasa)

Sebagai perbandingan, tahun 2020, hamster roborovski brown face dijual dengan harga mulai Rp30 ribuan ekor, sedangkan harga hamster roborovski white face husky mulai Rp77 ribuan per ekor. Harga hamster roborovski brown face berubah menjadi Rp35.000 – Rp69.000 per ekor untuk varian brown face di tahun 2021, berubah lagi menjadi Rp47.500 per ekor di tahun 2022. Sementara itu, hamster roborovski white face husky harganya berubah menjadi Rp50.000 per ekor di tahun 2021, naik menjadi Rp55.000 per ekor di tahun 2022.

Perlu diketahui, masa hidup hamster roborovski terbilang pendek, hanya sekitar 2 sampai 4 tahun. Untuk itu, Anda harus merawat hamster ini dengan baik, terutama dalam hal kebersihan. Pasalnya, hamster merupakan yang menyukai kebersihan. Hal tersebut terlihat dari kebiasaannya yang jarang dimiliki hewan lain seperti membuang air dan kotoran tidak di sembarang tempat, serta kerap berguling-guling di atas pasir untuk membersihkan tubuhnya.

[Update: Almas] 

[1] Sadgala, Yulindra. 2010. Merawat Hamster: Si Imut yang Menggemaskan. Jakarta: AgroMedia, hlm. 25.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *