Update Harga Cat DenaDrop Acrylic Emulsion Paint

No comment3625 views

Dalam sebuah atau hunian, cat tembok adalah salah satu komponen penting yang bisa menunjang keindahan dan kenyamanan tempat tinggal Anda. Memiliki cat tembok yang warnanya cemerlang, tidak mudah pudar, serta tahan lama tentunya akan membuat Anda lebih betah tinggal di . Sayangnya, selama ini banyak orang yang menyepelekan cat tembok dan memutuskan untuk membeli cat yang harganya sekadar murah dan bisa melapisi tembok tanpa mempedulikan kualitasnya.

Ilustrasi: mengecat tembok

Ilustrasi: mengecat tembok

Padahal, pemilihan cat tembok ini berhubungan dengan sesuatu yang sifatnya jangka panjang atau dalam jangka waktu yang lama. Tentunya Anda tidak mau kan menghamburkan uang untuk sesuatu yang justru sia-sia karena Anda salah langkah dalam membeli cat? Nah, jika ingin lebih cermat memilih cat tembok, Anda bisa menyimak sederet tips berikut ini.

Cara Memilih Cat Tembok yang Tepat

Apabila Anda berencana untuk mengecat bagian interior seperti ruang keluarga, ruang tamu, hingga , hal utama yang harus Anda perhatikan adalah terkait adanya merkuri atau zat timbal dalam komponen dasar pembuat cat. Cat tembok yang baik seharusnya bebas dari bahan-bahan timbal berbahaya yang dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Menurut World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia, paparan merkuri pada tubuh manusia dapat memicu terjadinya berbagai gangguan. Penyakit yang mungkin timbul antara lain gangguan pernapasan, kerusakan pembuluh darah, penurunan kecerdasan otak anak, Alzheimer, kanker, gangguan saraf, hingga penyakit jantung.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui kandungan bahan kimia buruk dalam cat adalah dengan mengukur kadar Volatile Organic Compound (VOC) alias kandungan senyawa organik di dalamnya. Senyawa ini biasanya berwujud gas yang dihasilkan dari bahan cair atau padat. Indikasi tingginya kadar VOC dari cat bisa Anda cek dari bau menyengat yang tercium ketika tembok baru selesai dicat.

Bau yang menyengat tersebut biasanya sulit hilang walaupun permukaan tembok yang telah dicat telah mengering. Bahkan, kabarnya konsentrasi VOC bisa meningkat sekitar 2-5 kali lipat saat berada di dalam ruangan dibandingkan ketika berada di luar ruangan. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih cat yang bebas dari merkuri atau timbal.

Ilustrasi: memilih warna cat

Ilustrasi: memilih warna cat

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemilihan cat adalah dari cat itu sendiri. Memang, sebagian cat tembok biasanya menawarkan katalog warna yang beragam, akan tetapi tak semua produk memiliki daya tahan warna cat yang awet dalam jangka waktu lama. Pasalnya, masing-masing merk tentunya memiliki dan daya tahan tersendiri.

Memilih cat tembok bukan hanya soal murah saja, tetapi kualitasnya pun harus dipertimbangkan. Tembok yang memiliki warna cemerlang dan tidak memudar tentunya akan membuat hunian Anda menjadi lebih sedap dipandang. Jika Anda memutuskan untuk membeli cat murahan yang kualitasnya buruk, biasanya cat itu akan cepat pudar, bahkan mengelupas lapisannya. Sehingga, total yang harus Anda lakukan untuk melakukan pengecatan ulang dengan cat yang berkualitas buruk justru nantinya menjadi lebih mahal dibandingkan mengecat tembok sekali dengan produk cat yang berkualitas.

Kualitas dari suatu cat juga bisa Anda ketahui dari bahan resin yang terkandung di dalamnya. Cat berkualitas dengan bahan resin terbaik biasanya memiliki daya sebar dan daya tutup yang bagus dan merata. Di samping itu, cat tembok dengan bahan resin yang baik biasanya juga mampu melekat dengan sempurna pada dinding, sehingga tak mudah memudar atau mengelupas.

Review dan Cat DenaDrop

Jika Anda bingung menentukan mana produk cat yang bagus, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk memilih cat DenaDrop. DenaDrop Acrylic Emulsion Paint sendiri adalah salah satu cat tembok murah namun memiliki kualitas yang cukup bagus. DenaDrop menyediakan cat tembok 18 kg dengan harga yang relatif terjangkau, yakni berkisar antara Rp400 ribuan hingga Rp450 ribuan per pail untuk warna metro white atau putih salju, tidak jauh berbeda dari tahun 2019 lalu.

Cat Denadrop kemasan kaleng (sumber: bukalapak)

Cat Denadrop kemasan kaleng (sumber: bukalapak)

Sekadar informasi, acrylic emulsion paint atau cat akrilik merupakan cat bersolvent air atau berbahan dasar air (water based) yang proses pembuatannya lebih sederhana dibandingkan cat solvent base (non-air). Karena zaman dan teknologi saat ini sudah semakin maju, ada beberapa cat tembok water based yang diklaim dapat digunakan untuk mengecat berbagai permukaan media seperti kayu dan besi, walaupun kekuatannya terkadang masih kalah dengan cat-cat solvent based. Oleh sebab itu, cat acrylic emulsion seperti merk DenaDrop atau merek-merek lainnya biasanya lebih direkomendasikan untuk diaplikasikan di dalam ruangan (interior).

Produk cat DenaDrop sudah dijual di toko-toko bangunan kecil maupun besar. Apabila Anda kesulitan menemukan cat DenaDrop di sekitar tempat tinggal Anda, Anda juga bisa membelinya secara online. Namun, perlu diperhitungkan pula jika pembelian secara online, konsumen akan dikenai ongkos kirim (ongkir). Jika ingin membeli cat secara online, sebaiknya pergunakanlah jasa kargo agar pengirimannya lebih murah.

Saat hendak mengaplikasikan cat DenaDrop untuk tembok hunian Anda, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu permukaan tembok Anda dari kotoran yang menempel, baik debu, lumut, jamur, atau bekas cat lama yang sudah terkelupas. Kemudian, Anda juga harus memperhatikan terlebih dahulu aturan atau petunjuk penggunaan yang biasanya tertera pada kemasan cat. Banyak orang yang selama ini kerap mengabaikan petunjuk tersebut. Padahal, dengan mengikuti cara penggunaan cat yang dianjurkan oleh pabrik, maka Anda memperoleh kesempatan untuk mendapatkan hasil pengecatan yang sempurna dan tahan lama.

[Update: Panca]

Baca juga  Info Terkini Harga Armaflex Batangan di Pasaran
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Harga Cat DenaDrop Acrylic Emulsion Paint"