Update Harga Bagasi Jetstar (Kabin dan Terdaftar)

Jetstar merupakan salah satu maskapai bertarif murah yang berbasis di Australia. Layaknya maskapai penerbangan pada umumnya, Jetstar juga menerapkan ketentuan bagasi bagi penumpang yang akan bepergian. Jika melebihi batasan yang ditetapkan, maka penumpang akan dikenakan biaya atau harga sesuai kapasitas tambahan bagasi.

Penerbangan Pesawat Jetstar - simple.wikipedia.org
Penerbangan Pesawat Jetstar – simple.wikipedia.org

Tiket Starter maskapai Jetstar mencakup alokasi bagasi sebanyak dua barang yang bisa dijinjing, dengan berat gabungan maksimal 7 kg. Barang utama untuk bagasi jinjing harus muat di tempat penyimpanan di atas dan tidak melebihi ukuran 56 cm x 36 cm x 23 cm. Untuk lebih jelas, berikut ulasan lengkap ketentuan bagasi jinjing Jetstar.

Bacaan Lainnya

Ketentuan Bagasi Jinjing/Kabin Jetstar

Penumpang pesawat terbang dengan koper bawaannya
Penumpang pesawat terbang dengan koper bawaannya
  • Barang utama untuk bagasi jinjing harus muat di tempat penyimpanan di atas dan tidak melebihi ukuran 56 cm x 36 cm x 23 cm.
  • Untuk barang-barang kecil, bagasi kabin termasuk barang-barang seperti tas atau tas laptop tipis, yang harus muat di bawah kursi.
  • Untuk penumpang yang ingin memasukkan barang dengan berat total 10 kg, bisa membeli tambahan bagasi 3 kg (jika tersedia) atau Paket FlexiBiz. Namun, pembatasan ukuran dan total jumlah barang masih berlaku.
  • Untuk Kelas Bisnis, alokasi bagasi jinjing Jetstar mencakup dua barang utama dan satu barang kecil dengan berat total 14 kg.
  • Penumpang diwajibkan menaruh barang utama di tempat penyimpanan di atas, sedangkan barang kecil bisa diletakkan di bawah kursi depan.
  • Secara acak, pihak maskapai akan memeriksa bagasi jinjing di pintu keberangkatan. Jika bagasi jinjing penumpang melebihi batasan berat, ukuran, atau total jumlah barang, maka otomatis akan dipindahkan ke tempat penyimpanan dan diberlakukan biaya kelebihan bagasi.
  • Baterai lithium cadangan harus dikemas di dalam bagasi jinjing.
  • Bayi di bawah usia dua tahun yang bepergian di pangkuan penumpang tidak memiliki alokasi bagasi jinjing sendiri, tetapi ada beberapa tambahan alokasi bagasi terdaftar.
  • Obat-obatan yang penting harus diberi label dengan informasi identifikasi. Staf bandara dapat meminta bukti kebutuhan medis, sedangkan jarum suntik hipodermis harus dilaporkan.
  • Jika alat bantu penumpang disetujui untuk digunakan di dalam pesawat, kru maskapai akan membawanya sebagai tambahan atas alokasi bagasi jinjing penumpang tanpa biaya.

Ketentuan Bagasi Terdaftar Jetstar

Ketentuan, bagasi, kabin, penumpang, biaya, harga, kelebihan, paket, Jetstar, maskapai, penerbangan, domestik, bandara, terdaftar, barang, koper
Penumpang pesawat menunggu kopernya
  • Calon penumpang dapat membeli bagasi terdaftar dari kapasitas 15 kg hingga 40 kg.
  • Paling murah untuk membeli bagasi terdaftar secara daring atau online saat calon penumpang memesan tiket penerbangan.
  • Biaya bagasi terdaftar akan lebih mahal jika penumpang menambahkan secara daring atau online nanti, dan akan lebih mahal lagi jika menambahkan bagasi di bandara.
  • Tidak boleh ada satu koper atau barang yang berbobot lebih dari 32 kg. Tetapi, penumpang memiliki alokasi bagasi terdaftar sebesar 35 kg atau 30 kg. Bagasi penumpang harus dipisah menjadi sekurangnya dua koper, dengan berat satu koper tidak boleh melebihi dari 32 kg.
  • Jika ada satu koper atau barang yang lebih berat dari 32 kg, maka harus dikirim sebagai kargo.
  • Batas berat 32 kg ini tidak berlaku untuk kursi roda atau skuter listrik, yang dapat dibawa sebagai bagasi terdaftar tanpa memandang berat dan tidak dikenakan biaya penanganan atau tambahan berat bagasi.
  • Semua koper atau barang yang satu sisinya lebih dari satu meter (1.000 mm, 39 inch), termasuk roda, gagang, dan kemasannya adalah barang berukuran besar. Berlaku biaya penanganan barang berukuran besar.
  • Panjang maksimum barang berukuran besar tergantung pada jenis pesawat. Anda dapat menemukan jenis pesawat yang akan digunakan pada saat Anda memesan, di halaman Pilih penerbangan, dengan membuka tautan detil dalam daftar penerbangan.
  • Bagasi terdaftar tidak termasuk dalam tiket Ekonomi Starter.
  • Jika Anda belum menambahkan bagasi dan Anda tiba di bandara dengan bagasi terdaftar, maka akan dikenakan biaya. Anda akan dikenakan biaya hingga 15 kg bagasi per penumpang, dan setelah itu untuk setiap kilogram tambahan akan terkena harga per kilogram.
  • Jika Anda telah menambahkan bagasi terdaftar ke dalam pemesanan tetapi datang dengan membawa bagasi lebih berat dari alokasi, maka akan dikenakan biaya untuk kelebihan bagasi.

Mengenai harga atau biaya, Jetstar mematok harga bagasi berdasarkan penerbangan masing-masing penumpang. Selain itu, kebijakan biaya bagasi untuk penerbangan di masing-masing negara berbeda. Nah, agar tidak penasaran, berikut kami sajikan informasi terbaru harga bagasi Jetstar yang kami kutip dari situs resminya.

Harga Kelebihan 7 Kg Bagasi Jetstar

Penerbangan Tarif Tambahan di Konter Check In Bandara Tarif Tambahan di Pintu Keberangkatan Bandara
Domestik Australia dan Selandia Baru AUD 50/NZD 50 AUD 65/NZD 65
Domestik Jepang JPY 4.000 JPY 4.500
Internasional Jetstar Asia (tidak termasuk ke Australia) SGD 65/USD 50 SGD 60/USD 70
Internasional Jetstar Japan JPY 5.500 JPY 6.500
Australia-Selandia Baru dan Selandia Baru-Kepulauan Cook NA AUD 75/NZD 75
Internasional Jetstar Airways (tidak termasuk Australia-Selandia Baru dan ke/dari Vietnam) dan Jetstar Asia ke/dari Australia AUD 75 AUD 100

Informasi harga kelebihan bagasi Jetstar di atas kami rangkum langsung dari situs resmi maskapai yang bersangkutan. Hingga saat ini, tarif kelebihan bagasi Jetstar tersebut relatif stabil. Untuk membeli kelebihan 7 kg bagasi jinjing di bandara, Anda dapat memeriksa ketersediaan dan melakukan pembayaran di meja layanan Jetstar.

Ilustrasi Bagasi Pesawat (sumber: vox.com)
Ilustrasi Bagasi Pesawat (sumber: vox.com)

Harga Bagasi Jetstar Lebih dari 15 Kg

Penerbangan Harga Bagasi per Kg
Domestik Australia AUD 15
Domestik Selandia Baru NZD 15
Domestik Jepang JPY 800
Internasional Asia dari Singapura SGD 20
Internasional Asia dari Indonesia IDR 150.000
Internasional Asia dari Jepang JPY 1.500
Internasional Asia dari Vietnam VND 320.000
Internasional Asia dari Thailand THB 600
Internasional Asia dari Malaysia MYR 50
Internasional Asia dari Hong Kong SAR, China HKD 120
Internasional Asia dari Taiwan, China TWD 600
Internasional Asia dari Filipina PHP 650
Internasional Asia dari China CNY 100
Internasional dari Singapura SGD 25
Internasional dari Australia AUD 25
Internasional dari Selandia Baru NZD 25
Internasional dari Jepang JPY 1.500
Internasional dari Indonesia IDR 200.000
Internasional dari Amerika Serikat USD 25

Perlu diketahui penerbangan lanjutan internasional Jetstar akan terhubung dengan penerbangan maskapai partnernya. Jika Anda transfer antar penerbangan domestik atau antara penerbangan internasional dan domestik, maka diwajibkan mengambil bagasi terlebih dahulu. Kemudian check-in dan memasukkan kembali bagasi Anda.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *