Update Harga Bunga Sedap Malam per Tangkai dan per Kilo

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan sedap malam. Selain dipakai untuk berziarah, sedap malam juga kerap dipakai untuk dekorasi atau rangkaian untuk dikirimkan ke orang atau momen spesial. Di sendiri, bunga sedap malam biasanya dijual per tangkai atau per kilo, dengan harga yang relatif terjangkau.

Bunga sedap malam, atau yang nama ilmiahnya disebut Polianthes tuberosa ini, merupakan hijau abadi dari suku Asmat Minyak. unik yang biasanya mekar dan wangi di malam hari ini banyak digunakan untuk baku pembuatan minyak wangi alias parfum. Nama tuberosa sendiri diberikan karena bunga sedap malam ternyata memiliki umbi (tuber). Hingga kini, ada sekitar 12 spesies dari genus Polianthes. sedap malam diperkirakan berasal dari negara Meksiko. Bangsa Aztec mengenal ini dengan nama omixochitl atau ‘bunga tulang’.

Bunga Sedap Malam - www.deherba.com

Bunga Sedap Malam - www.deherba.com

Di India bagian timur, bunga sedap malam disebut dengan nama ratkirani, yang artinya adalah ‘ratu malam’. Sementara itu, di Singapura, bunga sedap malam dinamai xinxiao yang berarti ‘tempat ngengat hinggap’. Adapun di negeri Persia, bunga ini dijuluki maryam, yang merupakan nama umum untuk kalangan anak perempuan.

Selama ini, kita mungkin hanya mengenal bunga sedap malam dalam wujud setangkai bunga yang berukuran cukup panjang atau sudah dalam wujud kuntum-kuntum bunga yang indah dan sudah dilepaskan dari tangkainya. Padahal, tanaman ini tumbuh dari umbi dan kemudian dapat tumbuh hingga tingginya mencapai 45 cm dan menghasilkan rumpun bunga berwarna putih.

Daun sedap malam berbentuk panjang dan berwarna hijau muda yang mengumpul di pangkal batangnya. Secara umum, aroma bunga sedap malam dideskripsikan sebagai wangi yang kompleks, eksotis, manis, dan sangat sesuai dengan ciri khas bunga. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian bunga ini juga digunakan sebagai hiasan pengantin di kebudayaan masyarakat Hawaii.

Karena bunga sedap malam tergolong tanaman yang cukup populer, tidak sulit menemukan bunga ini. Anda bisa membeli bunga sedap malam di berbagai bunga atau florist. Selain itu, bunga sedap malam juga banyak dijajakan di -pasar tradisional, bahkan di warung-warung dekat pemakaman, yang biasanya sudah dicampur dengan bunga-bunga lain seperti mawar dan bunga kenanga.

Jika Anda membeli per tangkai, bunga sedap malam sekarang ditawarkan dengan harga sekitar Rp5.000 hingga Rp7.500 per tangkai. Namun, sangat jarang ditemukan penjual yang menawarkan per tangkai. Jika ada, biasanya dijual dengan model ikat 10 tangkai, dengan harga berkisar Rp60 ribu hingga Rp75 ribuan per ikat. Sementara, jika Anda membeli dalam jumlah banyak, bunga sedap malam saat ini dijual dengan harga berkisar Rp100 ribu hingga Rp200 ribuan per kilogram.

Nah, untuk mereka yang ingin hobi bercocok tanam dan ingin mengembangbiakkan bunga sedap malam, bisa memilih untuk membeli atau umbi. Di pasaran Tanah Air, bunga sedap malam biasanya dibedakan menjadi tiga grade, yakni grade A, grade B, dan grade C, dengan harga yang cukup terjangkau, mulai Rp35 ribuan per kilo untuk Grade A, Rp50 ribuan per kilo untuk Grade B, dan Rp60 ribuan per kilo untuk Grade C.

(Panca)

Baca juga  Daftar Harga Cengkeh Terbaru Tahun 2019 di Berbagai Wilayah
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Harga Bunga Sedap Malam per Tangkai dan per Kilo"