Manfaat dan Update Harga Bunga Sedap Malam (1 Tangkai & 1 Kilo)

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan bunga sedap malam. Selain dipakai untuk berziarah, bunga sedap malam juga kerap dipakai untuk dekorasi atau rangkaian bunga untuk dikirimkan ke orang atau momen spesial. Di sendiri, bunga sedap malam biasanya dijual per tangkai atau per kilo, dengan harga yang relatif terjangkau.

Bunga sedap malam (sumber: okezone.com)
Bunga sedap malam (sumber: okezone.com)

Ciri Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam, atau yang nama ilmiahnya disebut Polianthes tuberosa ini, merupakan tumbuhan hijau abadi dari suku Asmat Minyak. Tumbuhan unik yang biasanya mekar dan wangi di malam hari ini banyak digunakan untuk bahan baku pembuatan minyak wangi alias parfum. Nama tuberosa sendiri diberikan karena tanaman bunga sedap malam ternyata memiliki umbi (tuber). Hingga kini, ada sekitar 12 spesies dari genus Polianthes. Tanaman sedap malam diperkirakan berasal dari negara Meksiko. Bangsa Aztec mengenal tanaman ini dengan nama omixochitl atau ‘bunga tulang’.

Bacaan Lainnya

Di India bagian timur, bunga sedap malam disebut dengan nama ratkirani, yang artinya adalah ‘ratu malam’. Sementara itu, di Singapura, bunga sedap malam dinamai xin xiao yang berarti ‘tempat ngengat hinggap’. Adapun di negeri Persia, bunga ini dijuluki maryam, yang merupakan nama umum untuk kalangan anak perempuan.

Baca juga  Info Harga Vicks Vaporub (Baby Balsam) untuk Bayi

Selama ini, Anda mungkin hanya mengenal bunga sedap malam dalam wujud setangkai bunga yang berukuran cukup panjang atau sudah dalam wujud kuntum-kuntum bunga yang indah dan sudah dilepaskan dari tangkainya. Padahal, tanaman ini tumbuh dari umbi dan kemudian dapat tumbuh hingga tingginya mencapai 45 cm dan menghasilkan rumpun bunga berwarna putih.

Daun sedap malam berbentuk panjang dan berwarna hijau muda yang mengumpul di pangkal batangnya. Secara umum, aroma bunga sedap malam dideskripsikan sebagai wangi yang kompleks, eksotis, manis, dan sangat sesuai dengan ciri khas bunga. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian bunga ini juga digunakan sebagai hiasan pengantin di kebudayaan masyarakat Hawaii.

Manfaat Bunga Sedap Malam untuk Kesehatan

  • Menghilangkan bau badan. Selain kerap digunakan sebagai bahan baku parfum, minyak atsiri sedap malam juga bisa menghilangkan bau badan jika digunakan sebagai deodoran.
  • Meredakan stres dan kecemasan. Aroma yang menenangkan dan berbagai komponen kimiawi yang terkandung di dalam minyak bunga sedap malam memiliki efek relaksasi pada otak, saraf, dan otot.
  • Mengurangi peradangan. Minyak atsiri dari bunga ini dapat membantu meredakan peradangan, terutama yang berkaitan dengan sistem saraf dan sistem pernapasan. Namun, untuk mendapatkan efek menenangkan ini, Anda harus menggunakannya dalam tingkat pengenceran yang relatif tinggi.
  • Memperlancar sirkulasi darah. Minyak atsiri sedap malam dapat membantu menstimulasi dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan efek menghangatkan.
  • Menjaga kesehatan kulit. Anda dapat menggunakan bunga sedap malam dan air hangat sebagai minyak pijat. Kedua komponen ini diklaim membantu mengunci kelembapan kulit dan meremajakan kulit.
Baca juga  Harga Pupuk KNO3 Merah dan Putih (Semua Kemasan)

Karena bunga sedap malam tergolong tanaman yang cukup populer, tidak sulit menemukan bunga ini. Anda bisa membeli bunga sedap malam di berbagai toko bunga atau florist. Selain itu, bunga sedap malam juga banyak dijajakan di pasar-pasar tradisional, bahkan di warung-warung dekat pemakaman, yang biasanya sudah dicampur dengan bunga-bunga lain seperti mawar dan bunga kenanga.

Manfaat Bunga Sedap Malam - (Karya: danishkhan)
Manfaat Bunga Sedap Malam – (Karya: danishkhan)

Harga Bunga Sedap Malam

Bunga Sedap Malam Harga
Bunga Sedap Malam 1 tangkai  Rp5.900 – Rp12.000
Bunga Sedap Malam 10 ikat Rp89.000
Bunga Sedap Malam 1 ikat besar (100 tangkai) Rp120.000 – Rp150.000
Bunga Sedap Malam 1 kg Rp140.000 – Rp186.000 

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga bunga sedap malam di saat ini cenderung naik. Misalnya, bunga sedap malam 10 ikat yang semula dijual seharga Rp71.500, naik menjadi Rp89.000. Begitu pula harga bunga sedap malam 1 kg yang naik dari Rp120 ribu menjadi Rp140 ribu.

Harga Bibit Bunga Sedap Malam

Bibit Bunga Sedap Malam Harga
Bibit Bunga Sedap Malam 30 cm 1 Paket  Rp19.000
Bibit Bunga Sedap Malam Grade A Rp48.000
Bibit Bunga Sedap Malam Grade B Kiloan Rp80.000
Baca juga  Cara Pakai & Update Harga Salep Esperson Cream (5 gr dan 15 gr)

Hingga saat ini, harga bibit bunga sedap malam grade B kiloan tidak mengalami perubahan. Namun, untuk bibit bunga sedap malam grade A, harganya sedikit naik dari Rp40 ribu menjadi Rp48 ribu per batang. Perlu diingat, harga sedap malam di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.