Info Terbaru Harga Berbagai Merek Susu Formula untuk Bayi Prematur

Sebaik-baiknya untuk adalah air susu (ASI). Entah apapun kondisinya, para yang baru saja melahirkan bayinya selalu direkomendasikan untuk memberikan ASI eksklusif hingga 6 bulan lamanya. Meski sudah banyak produk susu-susu formula yang diklaim bagus dan kandungan nutrisinya lengkap, masih belum ada sufor yang benar-benar dapat menyamai segala kebaikan yang terdapat dalam ASI.

Ilustrasi: pemberian ASI untuk bayi prematur (sumber: drrina.id)

Ilustrasi: pemberian ASI untuk bayi prematur (sumber: drrina.id)

Pada beberapa kondisi, terkadang ada ibu yang terpaksa harus melahirkan lebih cepat dari waktunya atau yang lebih umum dikenal dengan sebutan melahirkan secara prematur. Kelahiran cukup bulan atau aterm biasanya berkisar antara usia kehamilan 37-42 minggu. Walaupun lahir sebelum waktunya, bayi prematur ternyata tumbuh dan berkembang melalui tahap yang sama seperti bayi lahir normal. Akan tetapi untuk mengukur perkembangan pada bayi prematur disesuaikan dengan usia koreksi atau usia kapan seharusnya bayi dilahirkan.

Dilansir dari Alodokter, bayi prematur akan mengejar pertumbuhannya dalam 2 tahun pertama kehidupannya. Oleh sebab itu dibutuhkan khusus untuk bayi yang lahir prematur selama 2 tahun pertama kehidupannya.

Apabila produksi ASI Anda lancar dan melimpah, maka sebaiknya Anda memberikan ASI eksklusif pada bayi Anda. Pasalnya ASI merupakan terbaik untuk , terutama bayi usia 0-6 bulan. Jika tidak terdapat kontraindikasi pemberian ASI seperti infeksi pada payudara atau HIV/AIDS, maka Anda akan tetap disarankan untuk memberikan ASI pada bayi Anda.

Pada bayi usia 0-6 bulan dianjurkan untuk mendapatkan kecukupan kebutuhan nutrisi melalui ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupannya. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama tersebut tidak perlu disisipi dengan makanan tambahan apapun, sebab nutrisi yang terkandung dalam ASI telah mencukupi kebutuhan untuk 6 bulan pertama kehidupan buah hati Anda.

Pemberian ASI pada bayi prematur sendiri kabarnya sedikit berbeda dari bayi yang lahir secara normal. Bayi prematur biasanya memiliki bobot atau ukuran lebih kecil dibandingkan bayi normal. Maka dari itu, Anda umumnya disarankan memberi ASI dengan cara menggunakan sendok kecil sebanyak beberapa kali dalam sehari. Sebab bayi prematur mayoritas belum mempunyai refleks mengisap yang baik, namun sudah mempunyai refleks untuk menelan.

Harga, Lactamam, di, apotek, apotik, K24, Kimia Farma, perangsang, perlancar, memperlancar, produksi, ASI, bayi, anak, teknik, pijat, cara, penunjang, ibu, menyusui, kandungan, vitamin, menstimulasi, tablet, kemasan, suplemen, pijatan, cara kerja, dosis, penelitian, kategori, obat, konsultasi, dokter, resep, strip, merek,

Ilustrasi: ibu bayinya (sumber: medium.com)

Selain menggunakan sendok secara perlahan, Anda juga bisa menyusui bayi secara langsung melalui puting payudara dengan cara mengarahkan puting pada mulut bayi. Walaupun membutuhkan waktu yan cukup lama, apabila bayi terus dilatih maka ia pelan-pelan akan belajar mengisap ASI secara langsung. Di samping itu, menyusui bayi secara langsung juga akan menumbuhkan kelekatan secara emosi antara ibu dan bayinya.

Akan tetapi pada kondisi tertentu, termasuk ketika melahirkan bayi secara prematur, biasanya tingkat produksi ASI pada beberapa ibu mungkin tidak sebanyak ibu-ibu yang melahirkan sesuai dengan kelahiran cukup bulan. Oleh sebab itu, pada kondisi yang terdesak semacam ini biasanya bayi yang lahir prematur terpaksa diperbolehkan untuk mengonsumsi susu formula.

Berbeda dari ASI, kandungan gizi pada susu formula merek apapun menurut salah seorang dokter anak, dr. Atika ternyata tidak memiliki perbedaan yang terlalu mencolok. Susu-susu formula dengan jenis susu yang sama, misalnya sesama susu formula berbahan dasar susu sapi atau berbahan dasar soya biasanya kandungan nutrisinya pun hampir sama. Setidaknya ada beberapa merek susu formula di Indonesia yang sengaja diproduksi khusus untuk bayi prematur.

Dibandingkan susu-susu formula pada umumnya, susu formula untuk bayi prematur atau bayi berat badan lahir rendah biasanya dijual dengan harga yang relatif lebih mahal. Ketersediaan susu-susu bayi prematur ini pun cukup jarang bisa ditemui di swalayan atau minimarket umum. Susu-susu bayi prematur dijual di beberapa apotik dan ada pula yang dijual secara online di beberapa situs e-commerce ternama. Agar bisa memperoleh gambaran, berikut ini kami rangkum daftar harga beberapa merek susu formula untuk bayi prematur yang ada di pasaran.

Harga Susu Formula Untuk Bayi Prematur

susu, bayi, premature, prematur, merek, merk, formula, untuk, prenan, sufor, penambah, berat, bobot, badan, lahir, rendah, melahirkan, sgm, harga, bblr, neosure, gambar, murah, berapa, jual, beli, dimana

Susu bayi prematur (nmbreaktrough.org)

Merek Susu FormulaHarga
Susu formula SGM BBLR Presinutri kemasan isi 200 gram untuk bayi prematur usia 0-6 bulanRp42.000 
Susu formula SGM BBLR Presinutri kemasan isi 400 gram untuk bayi prematur usia 0-6 bulanRp72.000 
SGM Gain 74 susu formula khusus untuk bayi dengan perhatian khusus (berat badan kurang & prematur) usia 0-12 bulan kemasan isi 400 gramRp65.000 
Susu formula Nestle Lactogen Premature (dahulu Pre-Nan) kemasan isi 400 gramRp75.000 
Susu formula Nutribaby Royal Premature untuk bayi prematur dan bayi lahir berat badan rendah kemasan isi 400 gramRp110.000
Susu formula Abbott Similac Neosure untuk bayi prematur kemasan isi 370 grRp145.000
Enfamil A+ Step Up Care Susu Formula Bayi Prematur kemasan isi 400 gRp206.000 

Daftar harga susu bayi prematur di atas diambil dari berbagai sumber yang ada di internet. Harga aktual susu bayi prematur di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda tergantung promo yang ditawarkan. Perlu diketahui, memilih susu formula untuk anak, terutama bayi prematur dan berat badan lahir rendah (BBLR) tidak bisa sembarangan. Pasalnya tidak semua produk sufor cocok dikonsumsi oleh buah hati Anda.

Dan perlu diingat pula bahwa susu yang baik untuk anak bukanlah sekadar susu yang mahal atau susu yang terkenal saja, tetapi susu yang tidak menimbulkan reaksi alergi pada bayi Anda. Jika ingin mendapatkan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi prematur, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak sebelum Anda memutuskan ingin memberikan produk susu formula merk tertentu.

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Update Harga Susu Lactamil (Semua Varian dan Kemasan)
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Berbagai Merek Susu Formula untuk Bayi Prematur"